Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Ada Suaranya


Tips Xiaomi -Apakah anda sedang bingung punya HP Xiaomi yang tiba-tiba suaranya hilang? padahal sebelumnya tidak terjadi apa-apa. Tidak terjatuh atau terkena benturan. Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Ada Suaranya? Speaker audio yang tiba-tiba tidak ada suara karena ada sebab sebelumnya misalnya jatuh tentu berbeda masalah dengan yang hilang tiba-tiba tanpa ada masalah atau kejadian abnormal sebelumnya. Biasanya jika tidak ada masalah apa-apa dan mati, kemungkinan ada kesalahan sistem atau kerusakan pada software saja, namun jika sebelumnya jatuh, kemungkinan besar ada hardware yang rusak atau putuh.

Cara mengatasi HP Xiaomi tidak ada suara pada speaker atau speaker mati hp xiaomi bisa kita coba lakukan perbaikan dahulu sebelum kita bawa ke tukang service jika memang suar tiba-tiba hilang tanpa ada gangguan sebelumnya. Jika sebelum kejadian, pernah mengisntall aplikasi atau mengotak-atik pengaturan, bisa dipastikan masalahnya bersumber pada itu. Namun ada juga masalah lain seperti system yang tidak bekerja karena kinerja yang terlalu berat, atau adanya malware yang menyebabkan software dari sound menjadi tidak bekerja.

Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Ada Suaranya

Cara Memperbaiki HP Xiaomi yang Tidak Ada Suaranya

Sebelum kita memperbaiki speaker mati di Xiaomi, ada baiknya kita bagi masalah ini menjadi 2 masalah yaitu karena terjatuh dan karena tiba-tiba. Karena untuk penanganannya pun berbeda.

Mengatasi Xiaomi Tidak Ada Suara Tiba-tiba

Untuk memperbaiki xiaomi yang tidak ada suara speaker tiba-tiba, kemungkinan besar hanya masalah software karena tidak terjatuh sebelumnya atau terkena benturan benda keras. Biasanya ini hanya masalah system yang corrupt atau tidak sempurna berjalan. Ada beberapa yang bisa dilakukan, diantaranya :
  • Cek pengaturan Volume, karena bisa jadi setelah menginstall aplikasi, ada aplikasi yang meminta ijin akses ke pengaturan volume sehingga menjadi tereset.
  • Reboot, jika sebelumnya pernah memasang aplikasi tertentu kemudian volume menjadi mati atau tidak ada suara, cobalah melakukan restart atau reboot dari android anda
  • Clear Cache, banyaknya sampah yang menumpuk yang menyebabkan memori penuh bisa membuat kinerja system melemah karena ruang gerak yang kurang. Ada baiknya coba clear cache untuk beberapa aplikasi yang sering digunakan.
  • Resystem atau Update Versi, jika kemungkinan system operasi androidnya bermasalah, cobalah untuk resystem dengan versi android yang sesuai atau dengan versi android yang lebih tinggi sesuai dengan kompatible dari smartphone yang digunakan.
 

Mengatasi Xiaomi Speaker Mati

Untuk yang ini jika sebelumnyaterjadi sesuatu seperti misalnya terjatuh atau kebentur atau terjadi sesuatu sehingga mempengaruhi hardware. Ada beberapa hal yang harus dilakukan pengecekan kondisi dari speaker. Ada kemungkinan hanya socket kendor, atau socket lepas, atau memang rusak dari hardware speaker itu sendiri misalnya patah atau putus sambungannya. Untuk itu lakukan pengecekan, caranya:
  • Buka casing Xiaomi bagian belakang dengan melepas menggunakan pengungkit
  • Setelah terlihat speakernya di bagian belakang atas, buka unit atasnya menggunakan obeng kecil(obeng HP) hingga terlihat speakernya.
Mengatasi Xiaomi Speaker Mati
  • Setelah itu cukit bagian speakernya dan lihat secara fisik apakah ada yang lepas, atau putus. Jika ada yang lepas dan masih bisa dipasang kemungkinan itu masalahnya.
  • Jika tidak ada yang bermasalah secara fisik, gunakan multitester untuk mengukur hambatannya. Jika menunjukkan angka 0 maka sambungan baik, tapi jika hambatannya tidak lagi 0 maka speaker perlu diganti
  • Untuk penggantian speaker jika ada belum berpengalaman memasang, ada baiknya dibawa ke tukang service

Setidaknya, ketika anda ke tukang service, kerusakan pada smartphone android anda sudah anda ketahui sehingga lebih mudah dalam penanganan dan bisa menaksir biaya perbaikan.

Biaya ganti speaker HP Xiaomi

Jika hp anda masih garansi ada baiknya diklaim ke service center Xiaomi terdekat di kota anda untuk melakukan kalim garansi dengan membawa dokumen dan kartu garansinya. Tapi biasanya penanganan di service center untuk urusan penggantian biasanya waktunya lama, sehingga jika anda butuh smartphone anda dalam jangka waktu yang cepat lebih baik ke tukang service biasa atau jika memang sudah tidak garansi lebih baik diganti di tempat service hp biasa.

Untuk kisaran biaya penggantian speaker Xiaomi berkisar antara 150 ribu hingga 300 ribu tergantung jasa pasang dan bergantung pada type HP Xiaomi anda. Untuk harga 150ribuan biasanya menggunakan speaker bekas atau kanibal dari hp xiaomi lain, atau memang ada part KW yang dimilikinya karena penggantian untuk part asli sebenarnya sekitar 250ribuan sehingga dengan jasa pasang akan berkisar 300ribuan.

Demikian mengatasi xiaomi mendadak tidak ada suaranya atau speaker mati secara tiba-tiba yang bisa anda lakukan sebelum memutuskan bahwa harus ganti speaker. Jika ada cara lain yang lebih efektif, jangan sungkan untuk melayangkan via komentar agar bisa kami masukkan dalam daftar list sehingga bisa bermanfaat juga buat yang lain. Jangan lupa bookmark situs ini jika memang bermanfaat bagi anda dan bisa menjadi referensi yang terpercaya untuk anda. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.