Mengatasi Layar iPhone Hitam(Black Screen) Tapi HP Masih Hidup


 Layar hitam kematian iPhone adalah salah satu masalah paling ditakuti yang dapat dihadapi pengguna iPhone. Jika layar iPhone black screen warna hitam dan Anda tidak dapat menyalakannya, Anda mungkin khawatir kehilangan semua data atau iPhone Anda rusak dan tidak dapat diperbaiki. Ini adalah masalah yang diketahui terjadi pada sebagian besar model iPhone. Untungnya, dalam banyak kasus, layar hitam kematian iPhone relatif mudah diperbaiki dan data Anda seharusnya aman.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa penyebab paling umum kematian layar hitam iPhone dan cara memperbaiki layar hitam iPhone.

 

Penyebab Layar iPhone Menjadi Hitam

Saat menentukan apakah layar hitam kematian disebabkan oleh kegagalan perangkat keras atau perangkat lunak. Itu juga bisa disebabkan oleh masalah yang lebih kecil. Jika ada aplikasi yang tiba-tiba mogok, itu bisa menjadi hitam atau macet.

Jika hanya perangkat keras, solusinya bisa rumit, dan pada akhirnya mungkin memerlukan perbaikan oleh ahlinya. Terkadang, masalah perangkat keras ada di tempat yang tidak dapat kita lihat dan memerlukan spesialis untuk memeriksanya. Misalnya, jika motherboard Anda rusak.

Cara Memperbaiki Layar Hitam iPhone

Mengatasi Layar iPhone Hitam

Tempat pertama untuk memeriksa kapan layar Anda benar-benar hitam adalah memastikan Anda tidak memiliki baterai yang lemah. Ini terdengar seperti perbaikan yang jelas, tetapi kadang-kadang kita lupa ketika menghadapi masalah layar hitam.

Bahkan jika Anda hanya memiliki aplikasi yang bertingkah aneh, seperti membuat layar menjadi hitam, maka ini bisa menjadi penyebabnya. Anda mungkin memiliki baterai yang terkuras, dan memiliki baterai yang lemah dapat membuat iPhone Anda bertindak tidak teratur.

Saat layar menjadi hitam atau aplikasi tidak berfungsi, coba isi daya iPhone Anda dan itu dapat membantu mengatasi segala macam masalah dengan perangkat Anda. Tetapi jika masalah terus berlanjut, saatnya mencari penyebab yang lebih besar dan cara memperbaikinya.

 

Masalah Perangkat Keras vs Perangkat Lunak

Ada banyak alasan mengapa iPhone Anda bisa memiliki layar hitam. Beberapa karena perangkat keras dan lainnya berkat perangkat lunak Anda. 

 

Masalah Perangkat Keras 

Masalah perangkat lunak seringkali dapat menyebabkan layar iPhone membeku dan menjadi hitam. Jika ini masalahnya, dan jika Anda, misalnya, menjatuhkan iPhone Anda, kami sarankan untuk pergi ke Teknisi Apple bersertifikat terdekat dan mendiagnosis masalahnya karena mungkin ada masalah dengan layar LCD dan Anda mungkin memerlukan penggantian layar. Dalam hal ini, hanya teknisi terlatih yang dapat memperbaiki masalah tersebut.



Masalah Perangkat Lunak 

Jika baru saja mengunduh aplikasi dan layar iPhone Anda menjadi hitam, atau Anda memiliki aplikasi bermasalah yang membutuhkan waktu terlalu lama untuk memulai dan membeku sebelum layar Anda menjadi hitam dan ponsel Anda macet dengan layar hitam.

Pastikan ponsel Anda memiliki versi iOS terbaru, sering kali memiliki iPhone yang kedaluwarsa dapat menyebabkannya macet.

 

Faktor-Faktor Yang Dapat Menunjukkan Kerusakan Perangkat Lunak Atau Masalah Perangkat Lunak

Jika layar Anda menjadi hitam secara acak setelah mengunduh aplikasi. Untuk ini, kami menyarankan restart paksa. 

 

Cara Memaksa Restart iPhone, Karena Layar Hitam

Jika iPhone Anda bertingkah dan Anda tidak tahu mengapa terkadang hal terbaik untuk dilakukan adalah memulai dari awal. Itu berarti melakukan restart paksa, yang berbeda dari restart standar karena melakukan hard reset perangkat Anda dan hanya menyisakan pengaturan pabrik. Restart paksa tidak akan menghapus data Anda, tetapi mungkin memperbaiki apa pun yang menyebabkan iPhone Anda bertindak sejak awal.

Berikut cara memaksa me-restart iPhone Anda:

  • Tekan dan tahan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan, tahan seperti ini selama beberapa detik.
  • Tetap tahan kedua tombol hingga Anda melihat layar biru atau layar merah, lalu logo Apple muncul.
  • Lepaskan tombol dan tunggu iPhone Anda selesai memulai ulang.
  • Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat mencoba reset pabrik, yang akan menghapus semua data Anda dan memulai dari awal.
  • Tetapi sebelum Anda melakukan ini, pastikan semua data iPhone Anda telah dicadangkan.
  • Reset pabrik akan menghapus SEMUANYA di ponsel dan tidak akan ada cara untuk memulihkan data yang hilang kecuali Anda telah mencadangkan iPhone Anda.

 

Cara Memaksa Restart iPhone Karena Layar Hitam

Cara Mencadangkan Data Anda Sebelum Melakukan Hard Reset / Factory Reset

Cara yang lebih mudah untuk mencadangkan data Anda adalah dengan menggunakan Apple iCloud. Semua foto, video, dan informasi penting lainnya dapat disimpan ke iCloud. Anda juga dapat menyambungkan iPhone ke PC dengan kabel USB dan mentransfer info penting.

Jika Anda perlu mengatur ulang pabrik iPhone Anda karena alasan apa pun, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Ini akan menghapus semua data dari ponsel Anda, jadi pastikan untuk mencadangkan semua file penting terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  • Ketuk Umum, lalu gulir ke bawah dan ketuk Atur Ulang.
  • Ketuk Hapus Semua Konten dan Pengaturan.
  • Masukkan kode sandi iPhone Anda, lalu ketuk Hapus iPhone.
  • Ketuk Hapus iPhone lagi untuk mengonfirmasi.

iPhone Anda sekarang akan mulai menghapus semua data dan pengaturan. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit, jadi bersabarlah. Setelah selesai, iPhone Anda akan diatur ulang ke mode pabriknya.

 

Menempatkan iPhone pada Mode DFU

Ini harus selalu dianggap sebagai pilihan terakhir. Pemulihan DFU adalah jenis pemulihan sistem terdalam yang dapat Anda lakukan dengan iPhone. Tetapi jika Anda terus melihat layar hitam kematian, Anda mungkin merasa layak untuk dicoba.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan:

Salah satu hal terpenting yang harus dipastikan adalah perangkat tidak mengalami kerusakan fisik misalnya kerusakan akibat cairan. Jika itu terjadi, pemulihan mode DFU dapat menyebabkan perangkat yang tidak berguna. Atau yang tidak berfungsi sama sekali dan mungkin tidak akan pernah berfungsi lagi.
Dalam beberapa kasus, hard reset jenis ini bisa menjadi penyelamat hidup, tetapi jika Anda tidak yakin melakukan jenis reset ini atau takut kehilangan data, mungkin lebih baik pergi ke toko iPhone.

Mengapa Layar iPhone Anda Menjadi Hitam

Langkah-langkah Untuk Menggunakan Mode DFU

Untuk perbaikan ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati:

  •      Gunakan komputer Anda untuk memperbaiki masalah, yang telah diinstal iTunes
  •      Tutup semua aplikasi yang berjalan di komputer
  •      Hubungkan telepon Anda ke komputer Anda dengan kabel USB Anda
  •      Biarkan ponsel tetap terhubung ke komputer dan tahan tombol samping selama 3 detik
  •      Kemudian sambil menahan tombol samping, tekan juga tombol volume turun selama 10 detik
  •      Jika logo Apple muncul karena Anda menahan tombol terlalu lama, mulai dari awal
  •      Jika tidak, lanjutkan dengan melepas tombol samping
  •      Terus tekan tombol volume turun selama 5 detik lagi
  •      Jika layar masih hitam total maka Anda berhasil, ponsel sekarang dalam mode DFU
  •      Jika layar "Plug Into iPhone" muncul, Anda harus memulai dari awal
  •      Komputer Anda akan memberi tahu Anda bahwa iTunes telah mendeteksi telepon Anda
  •      Ikuti petunjuk di layar komputer untuk menyelesaikan proses.

 

Bisakah Masalah Black Screen atau Layar Hitam di iPhone Diperbaiki?

Jika menurut Anda iPhone Anda mungkin memiliki layar Hitam kematian yang terkenal, kami sarankan untuk mencari bantuan teknisi apel terverifikasi di toko apple. Agak sulit untuk mengesampingkan masalah lain dan mungkin bukan layar hitam kematian melainkan masalah perangkat keras.
 

Masalah Dengan Aplikasi 

Masalah lain untuk perangkat Anda mungkin karena Anda mengunduh aplikasi yang salah. Jika layar langsung menjadi hitam setelah membuka aplikasi yang sama, sebaiknya perbarui atau hapus aplikasi tersebut dari iPhone Anda. Ini dapat memperbaiki masalah.
 

Alasan Lain Mengapa Layar iPhone Anda Menjadi Hitam 

Salah satu aplikasi terbaru Anda bisa macet, ini akan membekukan iPhone Anda dan menyebabkan gangguan.

  • Masalah perangkat lunak
  • Terlalu panas, ponsel Anda harus berada pada suhu normal / suhu ruangan agar dapat berjalan dengan lancar. Jika Anda lupa ponsel Anda di dasbor mobil Anda di bawah sinar matahari, maka ada alasan bagus untuk meyakini bahwa ponsel Anda menjadi terlalu panas.
  • Memiliki aplikasi lama yang sudah lama tidak diperbarui. Selalu pastikan bahwa Anda menginstal versi terbaru dari aplikasi Anda.
  • Mungkin ada masalah dengan motherboard yang menyebabkan layar ponsel menjadi hitam, seperti koneksi yang salah.
  • Jika Anda telah mencoba melakukan jailbreak, firmware dapat menyebabkan layar iPhone menjadi hitam.


Masalah layar hitam dapat disebabkan oleh sejumlah masalah perangkat lunak atau perangkat keras dan tidak ada satu pun cara untuk memperbaiki layar hitam iPhone tanpa mengetahui penyebab sebenarnya. Anda dapat memulihkan iPhone Anda di dalam aplikasi iTunes setelah iPhone dalam mode aman. Dengan cara itu, Anda mencegah kehilangan data.

 

Cara Memasukkan iPhone Anda ke Mode Pemulihan

Jika Anda tidak dapat memperbarui atau memulihkan iPhone, Anda mungkin perlu mengaturnya ke mode pemulihan. Ini akan menghapus konten iPhone Anda dan Anda tidak akan dapat memulihkan menggunakan cadangan dari iCloud atau iTunes.

Menempatkan iPhone Anda ke layar mode pemulihan itu sederhana dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini dan Anda akan berada dalam mode pemulihan dalam waktu singkat.

  • Putuskan sambungan iPhone Anda dari komputer Anda.
  • Tekan dan tahan tombol power dan Home secara bersamaan.
  • Tetap tahan kedua tombol hingga logo Apple muncul.
  • Setelah logo Apple muncul, lepaskan kedua tombol, dan iPhone Anda akan masuk ke mode pemulihan dan Anda dapat memulai proses pemulihan.
  • Pilihan akan muncul di layar recovery mode, klik Restore.


Demikian cara mengatasi layar iphone hitam LCD mati hp nyala yang bisa anda coba untuk menyelesaikan masalah yang anda hadapi saat ini. Jangan ragu untuk menuliskan komentar jika ada pertanyaan ataupun cara yang baru dalam menangani masalah iPhone

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.