Cara Menambah Kapasitas RAM Android dengan SD Card


Dandan ponsel - Bagaimana Cara Menambah kapasitas RAM di HP Android? Banyak yang bertanya mengenai hal ini karena banyaknya keluhan mengenai memori hp android yang kecil atau memori HP penuh. Selain anda bisa menggunakan Langkah pada Cara Mengatasi Android Muncul Memori Penuh, kini kita bisa menambah kapasitas RAM. jadi jika kita memiliki RAM di HP Android yang kecil bisa diperbesar hanya dengan mengunduh aplikasi. Cara ini juga tidak perlu dilakukan jadi hp anda tidak perlu diroot untuk menambah RAM dengan Kartu SD ini.

Menambah ram android dengan sd card tanpa root atau dengan sudah diroot cukup mudah. Hanya dengan sebuah aplikasi maka kapasitas RAM di HP sudah menjadi lebih besar dan mampu meningkatkan kinerja ponsel yang tadinya lemot bisa menjadi kencang. Virtual memory Android tidak perlu dibuat terlalu besar karena pada dasarnya seluruh proses yang berjalan tetap bertumpu pada RAM internal. Umumnya, virtual memory 256MB sudah cukup untuk membantu multi tasking system. Virtual memory 1GB tidak akan berpengaruh sama sekali terhadap kinerja Android karena kita tidak membutuhkan space sebanyak itu. Lalu bagaimana cara memperbesar kapasitas RAM? berikut ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Cara Menambah RAM di Android dengan Memori Eksternal SD Card

Cara Menambah RAM di Android dengan Memori Eksternal SD Card
Nah, cara menambah kapasitas ram android dengan memori eksternal ini kita perlu menggunakan bantuan pihak ketiga atau aplikasi tambahan yang bisa kita unduh melalui playstore, caranya:
  •  Langkah pertama,  pastikan bahwa memori eksternal(Micro SD, atau SD Card) dengan kelas 10. Karena nantinya RAM akan menumpang beberapa space memori pada SD Card tersebut sehingga SD card digunakan sebagai RAM. Dengan Kelas 10 ini harapannya kartu memori memiliki kualitas yang terbaik agar tidak mudah error atau rusak.
  • Langkah kedua, kita harus mengunduh aplikasi SD Booster. SD Booster ini berfungsi untuk menambah RAM sehingga meningkatkan kinerja ponsel. Anda bisa mengunduh pada Google Play Store dengan ketikkan SD Booster pada pencarian
  • Langkah ketiga, setelah selesai mengunduh, langsung install atau pasang di ponsel android anda.
  • Jika sudah selesai, langkah keempat, buka aplikasi SD Booster tersebut yang sudah terpasang di ponsel anda. Lalu di bagian Cache Size, isi nilai cache yang diinginkan (Rekomendasi saya : 1024 kb atau 2048 kb). Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai cache yang digunakan untuk saat ini. Pada bagian Check Set On Boot, berfungsi agar nilai cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat Anda mengalami restart ulang.

Setelah selesai, silakan anda buka beberapa aplikasi untuk mengetes keberhasilan penambahan RAM, jika ada perubahan secara performa, berati anda berhasil menambah RAM di Android. Nah anda tidak boleh mencopot kartu memori dalam keadaan ponsel menyala karena bsia merusak sistem atau ada file android yang corrupt, atau untuk lebih aman jangan pernah mencopot kartu Memori jika memang tidak terpaksa karena ketika sudah tercopot apalagi dalam keadaan ponsel hidup maka space dari RAM yang ada di kartu memori otomatis hilang dan ketika memasukkan kembali kartu memori anda harus add space ulang dengan cara di atas agar memori card bisa menjadi RAM lagi.

Update terbaru, saat ini sudah ada cara yang lebih mudah. Bagi anda yang ingin cara yang lebih praktis, silahkan unduh aplikasi RAM Manager melalui playstore. Tersedia untuk versi FREE dan PRO. RAM punya memiliki kemampuan yang lebih baik dan lebih rpaktis dibanding dengan aplikasi-aplikasi penambah RAM lainnya. Tampilannya pun lebih mudah karena terdapat beraneka macam pilihan (preset) seperti Balance, Hard multitasking, hingga Hard gaming yang mana tiap preset tersebut memberikan efek yang berbeda-beda dan cocok dipakai di segala kebutuhan.


Cara Menambah RAM Android tanpa Root

Cara menggunakannya:
  • Unduh RAM Manager Pro yang gratis atau berbayar seharga USD 3.98 di Playstore.
  • Setelah itu Instal aplikasi RAM Manager Pro hingga proses pemasangan selesai
  • Jika sudah, buka aplikasinya. Jika ada permintaan Superuser pilih Allow.
  • Centang Set On Boot, selanjutnya pilih Swap File, maksimal 256 MB virtual RAM yang bisa ditambahkan.
    Setelah itu tunggu prosesnya hingga selesai. Biasanya sekitar 5 menit kurang.
  • Jika sudah selesai, cek pada file manager pada folder SDCard/rammanager. Bila ada file dengan nama "swapfile" maka proses penambahan RAM berhasil

Jika anda sudah memiliki Kartu memori yang sudah dipartisi atau bekas dipartisi dan ingin mengembalikan partisinya, maka perlu melakukan upartition, caranya anda bisa mempelajarinya di Cara Mengembalikan Kartu Memori Card yang Dipartisi

Untuk Cara Menambah RAM di HP Android ini bisa anda coba pada smartphone dengan merk apapun yang memiliki sistem operasi android seperti Xiaomi, samsung, oppo, experia, advan, atau hp lainnya. Semoga Langkah membuat RAm dari memori eksternal ini bisa membantu anda bagi yang memiliki masalah RAM kecil sehingga anda bisa meningkatkan performa dan kinerja smartphone anda menjadi lebih baik. Salam. 

Cara Menambah Kapasitas RAM Android dengan SD Card Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.