Cara Memasang dan Setting Aplikasi GPS pada Android


Maraknya smartphone berbasis Android, banyak orang yang masih bingung bagaimana Cara Setting Aplikasi GPS di Android. GPS sudah mulai populer digunakan di beberapa kalangan masyarakat kota, kemudahan akses wilayah dalam berbagai informasi navigasi menuju suatu tempat menjadi alasan orang-orang untuk menggunakan GPS. GPS berfungsi sebagai pemberi informasi tentang posisi, kecepatan, dan waktu secara cepat, akurat, murah, dimana saja di bumi ini tanpa tergantung cuaca. Atau bisa dibilang sistem navigasi ataupun sistem penentuan posisi.

Memasang dan Setting Aplikasi GPS pada Android. Ketelitian dari GPS dapat mencapai beberapa mm untuk ketelitian posisinya, beberapa cm/s untuk ketelitian kecepatannya dan beberapa nanodetik untuk ketelitian waktunya. Ketelitian posisi yang diperoleh akan tergantung pada beberapa faktor yaitu metode penentuan posisi, geometri satelit, tingkat ketelitian data, dan metode pengolahan datanya. Pada setiap mobil juga sekarang hampir semuanya memiliki perangkat navigasi GPS. Lalu buat kita-kita yang belum punya GPS bagaimana? Nah, kita bisa memanfaatkan smartphone Android menjadi sebagai GPS dengan bantuan aplikasi khusus.

Cara Setting GPS di Android


Cara Memasang dan Setting Aplikasi GPS pada Android

Aplikasi GPS Android dapat dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan proses pengambilan data. Pertama adalah aplikasi GPS Android Online. Untuk dapat mengakses data navigasi pengguna memerlukan koneksi internet. Aplikasi akan mengambil data navigasi pada server tertentu melalui internet dan kemudian menampilkannya kepada pengguna.

Jenis kedua adalah aplikasi GPS Android Offline, yang mana ketika menggunakan aplikasi ini kita tidak memerlukan koneksi internet, karena semua data navigasi yang diperlukan sudah di-download dan disimpan di dalam memori smartphone Android kita. Dari penjelasan tersebut tentunya akan lebih menyenangkan menggunakan aplikasi GPS Android offline, karena dapat menghemat penggunaan bandwith internet yang mahal. Akan tetapi perlu diingat kedua sama-sama memerlukan koneksi terhadap jaringan operator melalui satelit.

Aplikasi GPS Android yang paling efektif menurut saya adalah Google Maps Navigation

Secara default, OS Android sudah menyertakan aplikasi Google Maps di dalamnya. Agar bisa menggunakan atau menjalankan Google Maps dan atau aplikasi GPS Android lainnya kita perlu mengaktifkan fitur GPS pada smartphone kita.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Setting Aplikasi GPS di Android
1. Tekan tombol "Menu"
2. Pilih "Setting" kemudian "Location"
3. Lalu pada tampilan "My Location" terdapat dua pilihan "Use Wireless Network dan "Use GPS Satellite"
4. "Use Wireless Network" akan menggunakan GPS berdasarkan jaringan Wi-Fi dan BTS. Sedangkan "Use GPS Satellite" akan menggunakan GPS berdasarkan sinyal dari satellite. Pilihan kedua akan memberikan data GPS yang lebih akurate dibandingkan yang "Use Wireless Network. Tapi ingat, ini akan membuang banyak energi alias baterai cepat habis.

Silahkan pilih mana yang menurut anda paling efektif bagi penggunaan anda. Dengan GPS, anda bisa Melacak HP yang hilang dengan GPS

Sekarang GPS di ponsel anda sudah aktif, anda bisa menjalankan Aplikasi GPS Android. Demikian Cara Memasang dan Setting Aplikasi GPS pada Android, semoga bisa bermanfaat untuk anda. Selamat Mencoba.

Diberdayakan oleh Blogger.