Cara Mengatasi Muncul Error "com.android.phone" Telah Berhenti


DandanPonsel - Beberapa waktu terakhir ada teman yang mengalami permasalahan mengenai ponsel androidnya, yaitu HP Android selalu muncul pesan "Unfortunately the process com.android.phone has stopped" . Jika pengaturan bahasa indonesia tulisannya begini; "Sayangnya proses com.android.phone telah berhenti". Memang hal ini ternyata membuat kesal. Setiap membuka ponsel selalu muncul. Ditutup akan muncul terus menerus. Jika hal ini terjadi sama halnya seperti tidak bisa menggunakan smartphone anda. Masalah ini biasanya terjadi pada ponsel android seperti Samsung. Lenovo, Asus, HP Oppo, dan juga Xiaomi. Lalu bagaimana cara mengatasi proses com.android.phone telah berhenti? Nah, kita akan membahas kali ini mengenai hal ini.

Munculnya "Sayangnya proses com.android.phone telah berhenti" secara sistem diakibatkan oleh salah satu file android yang corrupt atau error. Biasanya terjadi ketika kita menghapus file atau aplikasi bawaan. Namun tidak selalu begitu. Kinerja smartphone yang terlalu berat juga dapat menyebabkan munculnya masalah ini. Mengatasi "Unfortunately the process com.android.phone has stopped" juga perlu mengetahui penyebab dan beberapa kemungkinan yang terjadi. Berikut beberapa cara mengatasi android Error com.android.phone Telah Berhenti

 Cara Mengatasi Error "com.android.phone" Telah Berhenti 

Sayangnya proses com.android.phone telah berhenti

Jika anda merupakan salah satu pengguna android yang mengalami masalah ini, anda tidak perlu panik. Anda bisa mencoba cara dibawah ini. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki Hp yang muncul messages "Sayangnya proses com.android.phone telah berhenti"

1. Ubah Bahasa
Jika muncul com.android.phone akibat file yang error saja, ini karena adanya ketidaksinkronan dengan sistem. Lakukan langkah dengan Mengubah bahasa. Jika tadiknay dari bahasa inggirs, ubah ke bahasa indonesia, beitu juga sebaliknya. Setelah itu restart ponsel. Setelah menyala, perhatikan apakah masalah tersebut sudah hilang atau belum. Jika belum, coba cara selanjutnya.

2. Hapus Cache Phone
Jika masalah ini muncul akibat terlalu berat kinerja ponsel, lakukan langkah pembersihan dengan Clear Cache pada aplikasi poncel. Masuk ke Aplikasi dan cari aplikasi 'Phone' kemudian klik tombol Hapus Cache untuk membersihkannya.

3. Restore Data
Nah, jika masalah ini akibat file com.android.phone corrupt atau rusak atau munkin terhapus tanpa sengaja, lakukan restore. beberapa tipe dan merk ponsel android memiliki fitur Back up & Restore. Buka menu dan pilih "Cadangan dan Pulihan" atau "Backup And Restore". Biasanya didalam aplikasi tersebut terdapat tanggal terakhir yang tersimpan. Pilih tanggal dimana sebelum terjadi masalah ini kemudian klik restore. Hal ini untuk mengembalikan kondisi dimana sebelum terjadi masalah error ini.

4. Pembaharuan Sistem
Bila masih belum berhasil, masuk ke menu Setting atau Pengaturan, kemudian pilih "About Phone" atau "tentang". Setelah itu klik tombol "Pembaharuan Sistem". Langkah ini membutuhkan adanya koneksi internet. Jadi ada baiknya menggunakan Wifi atau Hotspot agar lebih mudah dan lancar. Atau anda bisa menggunakan koneksi kartu yang jaringannya bagus karena pembaharuan ini memerlukan waktu sekitar 2 menit.

5. Reset Factory
Ini cara yang sebenarnya paling dibenci, karena kita harus melakukan pembersihan kembali ponsel kita seperti baru. Sehingga aplikasi yang telah terinstall semuanya akan hilang. Jika cara-cara diatas belum juga bisa menyelesaikan masalah, lakukan Reset factory atau "Kembali ke Pengaturan Awal". Caranya masuk ke menu Setting atau Pengaturan kemudian klik pilihan "Lainnya" atau "Other" kemudian klik Reset Factory"

6. Flash Ulang
Jika 5 cara diatas benar-benar tidak bisa menyelesaikan masalah Error "com.android.phone" telah berhenti, mau tidak mau harus melakukan Flash Ulang. Direkomendasikan dalam melakukan Flashing harus dilakukan oleh yang berpengalaman, anda bisa datang ke tukang service terdekat untuk penanganan masalah ini.

Jika muncul masalah lain seperti Playstore yang berhenti, anda bisa membaca pada postingan Mengatasi Playstore Service Has Stopped

Demikian Cara Mengatasi Error Android Muncul "com.android.phone" telah berhenti. Semoga langkah-langkah di atas salah satunya dapat membantu anda mengatasi masalah  "com.android.phone" yang selalu muncul di ponsel android anda. Perawatan dan penggunaan yang benar dapat mencegah terjadinya masalah pada perangkat gadget kita sehingga dapat memperpanjang umur pakaid ari hp kita. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.