Cara Mengatasi Kartu SIM (Simcard) Tidak Terbaca di HP


DandanPonsel - Bagaimana Cara Memperbaiki Kartu SIM (Simcard) Tidak Terbaca di HP? Apakah kamu salah satu yang mengalami hal ini? tiba-tiba kartu Sim tidak terbaca saat sedang digunakan. Atau smartphone sedang dalam saku ketika dikeluarkan ada keterangan "Undetected SIM", “Sim card not inserted”  atau "SIM initialization failure"? Nah jika hal semacam ini mengenai SimCard tidak terdeteksi atau tidak terbaca di ponsel atau Tablet anda maka ada beberapa yang perlu dilakukan pengecekan. Bisa jadi tidak terjadi kerusakan dan hanya kotor saja atau bsia juga terjadi kerusakan di salah satu komponen baik dari hp atau dari kartu sim nya.

Hp yang tidak membaca kartu SIM diakibatkan konektor yang tidak bisa medeteksi adanya SIM tersebut. Nah bisa jadi kerusakan akibat chip yang ada pada kartu SIM memang sudah rusak atau konektor pada tempat simCard di hp kotor sehingga terhalang dalam pembacaan. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan untuk mengatasi kartu sim yang tidak terdeteksi.

Lalu apa yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca? beberapa faktor yang dapat merusak kartu SIm atau komponen pembaca di hp akibat gonta ganti kartu SIM, ini bsia menyebabkan lecet pada Chip di Kartu SIM dan juga pada konektor di HP. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi HP yang tidak mendeteksi kartu SIM atau Kartu sim yang tidak terbaca, baik di HP, Smartphone atau di Tablet :

Cara Mengatasi Kartu SIM (Simcard) Tidak Terbaca

kartu sim tidak terbaca



1. Periksa Konektor pada Tempat Kartu

Hal pertama yang dilakukan adalah mengecek konektor dengan cara membersihkan. Gosok pelan-pelan ujung-ujung konektor dan periksa apakah masih normal secara visual, artinya tidak ada yang bengkok atau aus. Periksa sambil dibersihkan secara perlahan agar kotoran atau kerak yang menempel dapat hilang. Untuk membersihkan bisa menggunakan larutan minyak kayu putih yang diteteskan pada ujung cotton bud. Beberapa tipe ponsel memang ada yang sulit dijangkau, bisa teteskan dan masukkan kapas dan gosok perlahan. 


2. Periksa Kartu SIM

Lalukan pembersihan seperti diatas pada chip kartu SIM. Biasanya kartu SIM yang sudah terlalu lama akan muncul titik-titik bekas konektor, bersihkan pada bagian tersebut, bisa jadi hanya kerak yang menempel dan menutup koneksi ke Ponsel. Setelah itu pasang kembali.


3. Tukar Kartu dan Ponsel

Jika hal diatas masih tetap belum bisa mengatasi kartu sim tidak terbaca, bisa dengan memasukkan kartu SIM lain ke dalam ponsel. Jika terbaca artinya kartu SIM anda yang rusak. Atau lakukan sebaliknya, masukkan kartu SIM anda ke HP atau Tablet lain, jika terbaca berarti konektor pada hp anda yang rusak, jika sama tidak terbaca berarti perlu ganti kartu SIM. Solusinya datang ke Galeri(indosat) atau Grapari(telkomsel) sesuai provider anda dan minta kartu baru. Jangan lupa membawa KTP, akan diganti dengan kartu baru namun dengan nomor yang sama.


4. Ganti Konektor

Nah jika yang anda lakukan diatas ternyata konektornya yang rusak, artinya SIM tidak bermasalah, maka permasalahannya ada pada konektor. Anda bisa lakukan pembersihan ulang siapa tahu memang belum bersih. Jika dibersihkan masih belum mau, berati konektornya yang harus diganti. Berbeda tipe ponsel maka berbeda pula komponennya. Ada beberapa smartphone yang bisa menggunakan konektor ponsel lain. Untuk masalah inis aya sarankan berkonsultasi dengan teknisi ponsel.

Lihat Juga Cara Mengatasi Layar LCD tablet Blank Putih

Demikian mengenai langkah mengatasi HP atau tablet yang tidak membaca kartu SIM. Dalam mengatasi Kartu SIM yang tidak terbaca di ponsel memang perlu dilakukan secara hati-hati karena jika anda membersihkannya terlalu kencang bisa menyebabkan konektor bengkok. Jika ada kekurangan mohon koreksinya. Salam.



Diberdayakan oleh Blogger.