Mengatasi Layar Sentuh Macet atau Error Saat Dicas


Dandan Ponsel - Pernah mengalami Touchscreen Error atau Macet saat Dicas? Jika HP android anda termasuk yang saat dicas layar sentuh tidak bisa bergerak atau macet dan error hanya saat dicharger saja hal ini mungkin bisa dibilang tidak terlalu dipikirkan ketika kita tidak butuh menggunakan. Tetapi jika kondisinya kita butuh memakai saat dicas tentu kita ingin seperti normalnya karena secara normal HP dan layar sentuh bisa bergerak aktif bahkan ketika dicas sekalipun.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Macet ketika HP dicas sebenarnya sangat mudah jika kita sudah tahu bagaimana melakukannya. Tetapi banyak faktor juga yang mempegaruhi adanya masalah ini, tak hanya masalah dari HP sendiri tetapi bisa juga akibat charger yang memiliki kualitas buruk. Untuk itu kali ini kita akan bahas bagaimana kita bisa mengatasi masalah layar sentuh tidak bsia disentuh ketika dicas.

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Merespon Saat Dicas

cara mengatasi touchscreen tidak bisa disentuh saat dicas

Sama halnya dengan Layar sentuh tidak bisa disentuh pada kasus sebelumnya, untuk permasalahan ini akibat hanya karena pada saat dicas saja maka penanganannya pun sedikit berbeda. Berikut beberapa cara mengatasi layar sentuh yang error saat dicharge.

Memperbaiki Touchscreen Macet Waktu Dicas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini agar anda bisa tetap menggunakan smartphone ketika saat dicas meski hal ini tdiak disarankan.

1. Gunakan Charger Original
Masalah yang sering terjadi adalah karena kita mengecas menggunakan charger yang tidak original atau bukan bawaannya. Terlebih jika mengecas dengan charger abal-abal atau kualitas rendah sehingga arus yang masuk tidak stabil atau bahkan dengan voltage yang kurang dari yang dibutuhkan. Bisa juga sebaliknya, arus yang masuk lebih besar dari yang dibutuhkan. Sehingga ada baiknya anda menggunakan charger ori. Untuk mengetahuinya, cobalah meminjam charger original teman jika milik anda rusak atau hilang. Cobalah meminjam dari teman yang memiliki charger dengan merk yang sama. Jika masalah ini hilang atau layar sentuh sudah normal berarti charger milik anda sekarang yang bermasalah. Ada baiknya mengganti dan membeli dengan charger yang original.

2. Layar Kotor/Basah
Jika ada sesuatu yang menempel pada layar, maka sentuhan dari jari anda menjadi respon yang berbeda. Misalnya saja adanya tetesan air pada layar akan membuat layar sentuh  ketika dipegang akan merespon tidak sesuai dengan gerakan. Mungkin secara kasat mata jika memang air akan terlihat tetapi jika kotoran atau kerak yang menempel pada layar dan berwarna bening tentu tidak akan kelihatan. Maka dari itu cobalah anda untuk membersihkan layar dengan cairan cleaner dan usapkan menggunakan bahan lembut seperti tissue.

3. Tempered Glass atau Screen Protector Kualitas Jelek
Tempered Glass yang memiliki kualitas buruk juga mempengaruhi kinerja layar apalagi saat dicas. karena pada umumnya ketika sedang dicas dan posisi data sellular hidup maka suhu dari smartphone cenderung lebih panas dari suhu normal. Jika Tempered Glass anda kurang baik, akan membuat tempered glass menjadi penghalang dan gangguna bagi permukaan layar. Cobalah untuk mengganti pelindung layar atau tempered glass dari touchscreen anda dengan kualitas yang lebih baik.

4. System Error
Nah, jika cara-cara diatas tidak berhasil membuat layar kembali normal saat dicas, kemungkina besar ada sistem yang error seperti adanya file corrupt pada system androidnya sendiri. Cara mengatasinya dalah dengan melakukan proses reboot Android agar melakukan perbaikan system secara otomatis. Atau biasanya yang sering terjadi adalah HP yang sudah diroot sehingga rawan terjadi kerusakan pada sistem yang bekerja jika kita tidak bijak dalam penggunaannya. Dengan cara ini anda bisa memilih untuk melakukan reboot hp atau memilih untuk reset factory, caranya :
  • Tekan tombol Power bersamaan dengan tombol Home
  • Tekan Bersamaan dan tahan beberapa saat
  • Tunggu hingga smartphone mati kemudian lepas dan tunggu beberapa saat sampai muncul system
  • Jika berhasil, maka akan muncul sistem dan permintaan persetujuan masuk ke 'Safe Mode" pilih YA
  • Setelah itu kita akan dibawa masuk ke recovery mode
  • Pada menu recovery mode ada beberapa pilihan, Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. Jika masih dalam batas normal hang atau interval dari munculnya masalah ini tidak mengganggu maka anda bisa melakukan reboot saja dengan memilih menu "Reboot system Now" 
  • Jika sudah terlalu sering hang, biasanya saya akan memilih reset factory atau kembali ke pengaturan awal atau biasanya menggunakan kata "Wipe Data" agar tidak muncul masalah ini kembali. 
  • Jangan lupa kelemahan dari cara ini adalah semua data yang ada di memori HP akan hilang dan bersih seperti kita membeli smartphone baru.
  • Tunggu hingga reboot atau reset factory selesai sesuai dengan yang kita pilih tadi
  • Smartphone akan Restart dan menyala Kembali

5. Kebocoran Baterai
meski jarang terjadi, kerusakan baterai juga bisa berakibat layar sentuh menjadi error ketika sedang dicas. Proses charging pada hp yang rusak atau bocor biasanya akan mengganggu sistem lainnya khususnya pada area layar sentuh. Masalah ini biasanya jika memang akibat baterai, akan disertai dengan tanda-tanda baterai yang kadang ngedrop atau cepat habis. Cara mengatasinya cobalah ganti baterai dengan tipe yang sama. Jika masih ragu, coba pinjam baterai teman yang memiliki smartphone yang tipe dan modelnya sama. Bila masalah ini hilang maka memang baterai yang harus diganti.

Jika layar sentuh anda mengalami masalah ini bukan akiat dicas atau jarang muncul tetapi kadang layar sentuh error, anda bisa coba mengatasinya dengan cara ini Cara Mengatasi Layar Sentuh Error

Layar Sentuh Macet atau Error Saat Dicas mungkin secara sekilas bukan sebuah masalah apalagi untuk yang tidak terbiasa memegang smartphone saat sedang dicas atau bagi yang mematikan smartphone ketika sedang dicas. Nah cara di atas semoga bisa dijadikan referensi terpercaya untuk yang mengalami masalah ini. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.