Cara Mengatasi Layar Touchscreen yang Tidak Bisa Disentuh


Dandan Ponsel - Kemarin ada yang mengeluhkan mengenai Bagaimana Cara Mengatasi Layar sentuh tidak bisa disentuh? maksudnya apa ini? saya awalnya bingung yang dimaksud dengan layar sentuh tidak bisa disentuh itu bagaimana? dan ternyata yang dimaksud adalah ketika LCD atau locuhscreen disentuh tidak merespon alias diam saja.

Mengatasi layar tidak bisa disentuh itu bagaimana? nah tentunya kita bakal bingung jika ditanya hal demikian karena haruslah kita tahu penyebabnya apa dan mengapa terjadi hal itu. Jangan buru-buru menganggpa LCD rusak atau LCD sudah perlu diganti karena tentunya untuk mengganti LCD harganya cukup mahal dan belum tentu masalah selesai jika kita salah menganalisa penyebabnya. Penyebab Layar sentuh tidak merespon atau tidak bsia disentuh banyak faktor sebenarnya, mulai dari hany amemang kotor, atau kalibrasi berubah, atau memang ada sambungan yang putus. Jika ada sambungan putus biasanya sebelumnya terjadi hal-hal seperti smartphone terkena benturan keras atau terjatuh. Jika tidak terjadi apa-apa kemungkinan besar paling hanya kotor saja. Untuk lebih jelasnya kita coba mengupas untuk mengatasi masalah layar sentuh ini dengan beberapa cara :

Cara Mengatasi Layar Sentuh (LCD) Tidak Bisa Disentuh

ara Mengatasi Layar Sentuh (LCD) Tidak Bisa Disentuh

 Untuk mengatasi layar tidak bisa merespon disentuh ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain :

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android Tidak Respon

1. Lakukan Kalibrasi
Hal yang pertama kali dilakukan adalah pengecekan fisik. Jika secara fisik dan dilihat kasat mata tidak ada retak, pecah, atau bintik hitam, berarti kemungkinan hanya perlu kalibrasi ulang.

Cara melakukan kalibrasi layar sentuh(Calibration) :
  • Buka menu pengaturan dan pilih Display settings
  • Setelah masuk, pilih yang ada menu calibiration (setiap merk hp berbeda-beda, intinya ada menu calibiration)
  • Klik pilihan kalibrasi tersebut, selanjutnya layar Anda akan mengalami blank putih. Jangan khawatir karena ini bagian dari proses kalibrasi.
  • Kemudian "klik salah satu layar untuk mengatur kalibrasi".
  • Klik tepat pada di titik kalibrasi yang muncul, disitu akan tampil petunjuk untuk menyentuh layarnya dan silahkan kau ikuti petunjuk tersebut hingga proses selesai
  • Setelah itu restart ponsel anda.

2. Buka dan bersihkan
Jika anda yakin bahwa layar tidak retak dan tidak bermasalah, kemungkinan hanya kotor. Buka casing smartphone anda dan buka baut dengan obeng kecil(obeng hp) kemudian angkat bagian layarnya atau LCD nya. Buka socketnya dan bersihkan dengan contact cleaner. Pastikan juga tidak ada socket yang putus atau bermasalah. Setelah itu bersihkan bagian depan LCD dengan menggunakan tissue lembut. Jika sudah, pasang kembali LCD dan tutup casing. Nyalakan smartphone anda dan cek apakah masalah layar tdiak merespon sudah hilang atau belum.

3. Factory reset
Ini adalah cara yang memang merugikan karena kita akan kehilangan data dan aplikasi yang sudah terinstall di dalam smartphone. Tapi jika dua cara diatas masih belum menyelsaikan msalah ini, ada baiknya lakukan factory reset agar layar kembali normal. Jika anda ingin melakukan hal ini, pindahkan data anda mulai dari kontak, foto, video, dan semua file penting ke dalam micro SD atau penyimpanan eksternal. Karena semua data yang ada di penyimpanan eksternal akan hilang seperti hp baru.

Cara melakukan reset :
  • Buka pengaturan atau setting dan pilih Backup&restore atau Cadangkan dan Reset. Kemudian paling bawah terdapat pilihan Factory Reset atau pengatura pabrik. Selanjutnya klik dan tunggu hingga proses selesai

Nah, jika cara ketiga masih belum bisa menyelsaikan permasalahn di smartphone anda, maka kemungkinan besar anda harus ganti LCD karena bisa jadi ada jalur yang putus dari dalam socket LCD menuju ke layar sehingga perintah sentuh tidak tersampaikan pada sistem.

Anda juga bisa membaca permasalahan layar sentuh lainnya seperti :

Demikian mengenai cara mengatasi layar sentuh tdiak bisa disentuh yang bisa anda lakukan sendiri untuk memeperbaiki ponsel anda dengan mudah. jangan buru-buru mendatangi tukang service karena dengan kita mencoba cara sendiri, kita juga akan lebih mengenal perangkat milik kita. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.