IC EMMC di HP Android Rusak? Ini Tandanya dan Cara Memperbaikinya


Bagaimana cara mengatasi EMMC yang rusak? mungkin kita pernah mengalami atau mendengar bahwa penggantian EMMC atau IC EMMC pada sebuah hp android atau smartphone cukup mahal. Mengapa? Apa EMMC dan bisakah diperbaiki atau harus diganti dengan yang baru? EMMC (Embedded Multi-Media Controller) adalah suatu media penyimpanan yang memiliki kecepatan tinggi dan sebagai modul controller, dimana media penyimpanan dan controller terdapat dalam satu chip sekaligus.

Kisaran biaya ganti IC EMMC HP Android pun cukup mahal, terlebih untuk ukuran smartphone yang sudah lama, dengan harga pasaran hp nya yang sudah turun tetapi penggantian EMMC mungkin separuh dari harga jual hp android tersebut. Mengapa EMMC bisa rusak? selain memang umur pakai ada beberapa yang dapat menyebabkan EMMC cepat rusak, diantaranya :
  • Salah dalam menginstall ROM
  • Gagal melakukan ROOT
  • Adanya malware atau Virus didalamnya
  • IC Emmc sudah soak

Nah, jadi secara umum, kerusakan EMMC terdapat 2 jenis yaitu :
  • IC eMMC rusak Hardware : harus ganti EMMC baru
  • IC eMMC Corrupt :  JTAG  atau Flashing langsung ke IC eMMC tanpa perlu ganti EMMC baru

Tetapi untuk mendeteksi bahwa kerusakan sebuah ponsel berasal dari EMMC atau bukan sebenarnya cukup mudah, berikut beberapa ciri-ciri jika EMMC rusak, antara lain:
  • Setiap kali Upgrade selalu Failed/Gagal
  • Sering Muncul pesan Sayangnya Aplikasi terhenti
  • Muncul error dengan kode BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069)
  • Bahkan hingga dilakukan Factory Reset juga gagal
  • Freuensi dari munculnya masalah Hang semakin parah
  • Jika sudah parah, HP mati total

Cara Mengatasi IC EMMC di HP Android yang Rusak

mengatasi emmc rusak tanpa ganti


Apakah IC EMMC masih bisa diperbaiki tanpa perlu ganti? pada dasarnya kerusakan EMMC memiliki tingkat kerusakan yang berbeda. beberapa kasus kerusakan masih bsia tertolong dan diperbaiki tanpa perlu ganti EMMC baru. Jika anda mengalami masalah EMMC, sebelum memutuskan untuk mengganti baru ada baiknya coba untuk memperbaikinya dahulu.

 Aplikasi untuk Tes Kerusakan eMMC android

Saat ini ada sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetes kondisi IC eMMC melalui hp anda sendiri. Anda bisa mengunduh aplikasi bernama eMMC Brickbug Check melalui playstore kemudian pasang. Tetapi penggunaan aplikasi ini hanya bisa untuk hp yang sudah dilakukan Root karena memerlukan akses izin ke dalam sistem. Cara penggunaannya:
  • Setelah mengunduh dan memasang, buka aplikasi eMMC Brickbug Check
  • Pertama membuka akan dimitna izin akses, pilih super user
  • Selanjutnya akan muncul informasi tipe EMMC anda, berarti tanda bahwa EMMC sudah terdeteksi oleh aplikasi
  • Kemudian pilih menu Check Memory
  • Tunggu beberapa saat hingga hasilnya tertampil.

Cara Memperbaiki EMMC HP Android

Sebelum mengganti IC EMMC baru yang cukup mahal, tidak ada salahnya mencoba dulu beberapa upaya untuk memperbaikinya siapa tahu masih bisa, caranya:
  1. Matikan smartphone dan buka semua casing hingga EMMC terlihat
  2. Lakukan pengecekan secara fisik EMMC dengan memeriksa titik pin ou
  3. Bila terdapat titik pin out, lakukan JTAG untuk untuk menghapus dan mengisi ulang OS, tidak punya titik pin out langsung lakukan DIRECT emmc.
  4. Untuk melakukan DIRECT ata JTAG, nanti akan kita ulas sekilas mengenai cara JTAG
  5. Bila masih belum berhasil, cobalah untuk memanasi IC EMMC pada bagian permukaannya menggunakan pemanas
  6. Kemudian bila memang cara memanasi EMMC belum bisa memperbaikinya jalan satu-satunya adalah mengganti EMMC baru karena memang IC EMMC sudah mati total.
  7. Penggantian EMMC bisa dengan blower dan lepas kemudian pasang dengan IC EMMC baru.


Jika anda ingin melakukan perbaikan layakna teknisi handphone, anda bisa menggunakan beberapa alat, antara lain :
  • RIFF BOX : Riff Box adalah alat yang membantu untuk mengisi, menghapus, dan mempartisi Blok memory yang ada pada Nand Flash IC eMMC
  • UFIBOX : UFIBOX Flaher hampir sama dengan RiffBox, tetapi tool ini untuk biasanya untuk memperbaiki EMMC yang langsung di flashing dan digunakan untuk EMMC yang tidak memiliki titik pin out.
  • Easy JTAG : Selain untuk memperbaiki EMMC, alat ini juga bisa untuk mengirim komunikas dengan board melalui koneksi JTAG.  

JTAG adalah "unlock bootloader", yaitu proses IC EMMC untuk diisi sistem kembali agar bisa dilakukan flash ulang.  Metode JTAG hanya bisa dilakukan oleh teknisi handphone atau yang memang mengetahui jalur smartphone, tidak bisa dilakukan sembarangan karena memerlukan pengetahuan dan alat yang khusus. Cara ini adalah cara memperbaiki EMMC yang masih bisa digunakan, tidak mengganti EMMC baru sehingga jika anda melakukan cara ini, ada kemungkinan EMMC akan rusak lagi dan lama waktunya bergantung pada kondisi EMMC sendiri.

Anda juga bisa membaca Cara Extract File RAR dan ZIP di Android

Harga IC EMMC HP Android

Pada umumnya, Harga IC eMMC sebenarnya tidak mahal berkisar 70.000 – 250.000 namun pengerjaan untuk penggantian eMMC tersebut memakan waktu, beresiko besar serta alat repair yang mahal. terlebih IC eMMC di pasang secara permanen sehingga dalam penggantian eMMC ini memerlukan ketelitian. Hal ini biasanya yang menjadi biaya mahal ketika penggantian EMMC pada teknisi hp. Biasanya penggantain EMMC termasuk jasa penggantian berkisar antara 100.000 hingga 500.000 tergantung tipe dan merk ponsel masing-masing.

Demikian cara repair ic emmc rusak tanpa ganti dan mengetahui tanda-tanda HP android rusak IC EMMC. Semoga paparan ini bisa membantu anda dalam menangani masalah EMMC yang sering dialami sebagian pengguna smartphone saat ini. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.