Cara Mengatasi Tombol Home dan Back yang Error di Android


Dandan Ponsel - Pernah mengalami tombol back android error tidak berfungsi? Bagaimana cara mengatasi tombol home yang tidak berfungsi? Baru-baru ini, banyak pengguna perangkat Android mengeluh tentang tombol Home dan tombol Back tidak berfungsi. Dengan maraknya smartphone full layar sentuh atau touchscreen bukan berarti permasalahan kerusakan tombol sudah tak lagi anda. Meski sudah menggunakan layar sentuh sepenuhnya, tetapi untuk tombol home, tombol multitasking, dan tombol kembali masih mengandalkan tombol terpisah dari layar. Nah bagaimana jika salah satu tombol tersebut error? selain lebih sulit dari tombol biasa karena menyatu dengan casing, error pada tombol ini hampir sama dengan kerusakan pada layar karena sudah menggunakan sensifitas juga pada masing-masing tombolnya.

Tombol Back tidak berfungsi biasanya terjadi pada hp android Xiaomi, Samsung, Oppo, dan juga Vivo. Untuk merk lain, selain memang lebih sedikit penggunanya, beberapa merk seperti iPhone sangat jarang terjadi kerusakan pada bagian ini. Masalah yang muncul biasanya tombol back tidak berfungsi meski sudah ditekan, seperti layar sentuh yang rusak sensifitasnya, atau kadang muncul masalah tombol yang error, kembali sendiri, sulit ditekan. Jika sudah begini, jangan buru-buru dibawa ke tukang service. Kita bisa mendeteksi kerusakannya. Jika hanya kotor dan tidak ada komponen yang rusak, kita bisa memperbaikinya sendiri.

Pada umumnya tombol back dan tombol multi tasking tidak perlu dipencet, cukup disentuh seharusnya sudah bisa berfungsi. Untuk tombol home, beberapa tipe ponsel seperti Samsung memang masih berbentuk tombol biasa, namun pada Xiaomi, ketiga tombol sudah menggunakan sensifitas semua. Bagaimana memperbaiki tombol home yang tidak bisa digunakan? Untuk lebih jelasnya kita akan bahas ini.

Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Tidak Berfungsi di Android

cara mengatasi tombol back tidak berfungsi

Penyebab dan Cara mengatasi tombol Back tidak berfungsi

Sebelum kita melangkah ke bagian hardware, ada baiknya kita coba mulai dari hal-hal yang simepl dahulu, seperti :
1. Cek Aplikasi Terinstall
Jika masalah tombol error terjadi tiba-tiba dan tidak ada penyebab seperti terjatuh atau terkena benturan benda keras, ada kemungkinan dari bagian hardware. Cobalah untuk mencopot aplikasi yang diduga menjadi penyebab masalah ini. Terlebih jika sebelumnya pernah install aplikasi kemudian setelah menginstall aplikasi tersebut masalah ini muncul. Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang tidak mendukung dengan fitur yang ada dalam hp kita sehingga menyebabkan program untuk tombol menjadi tidak bekerja.

2. Unroot Smartphone
Jika masalah tombol error akibat seteah melakukan Root, maka perlu kita lakukan Unroot untuk mengembalikan fungsi dari program tombol tersebut. Ada beberapa Root atau Custom ROM yang tidak compatible dengan versi android kita dan menyebabkan tombol tidak berfungsi. Lakukan Unroot dan kembalikan ke stock ROM. Untuk melakukan Unroot bisa menggunakan aplikasi ES File Explorer atau SuperSU.

Cara Unroot android untuk mengatasi tombol error


3. Reset Factory
Masih pada penyebab tombol tidak berfungsi akibat software. Ada kemungkinan terjadi corrupt pada sistem operasi android sendiri. Untuk mengembalikan kinerja android seperti semula lakukan reset factory atau pengaturan awal. Dengan cara ini kita bisa mengembalikan sistem android seperti baru. Untuk melakukan ini jangan lupa untuk mencopot memori external dan back-up data yang ada di memori HP karena setelah reset semua data akan hilang seperti kita membeli HP baru. Cara melakukannya anda bisa mengecek pada menu pengaturan kemudian pilih "Back-up And Reset" atau sejenisnya. Anda bisa menyesuaikan sesuai dengan tipe ponsel masing-masing.

4. Gunakan Bantuan Aplikasi
Jika tiga cara di atas masih belum mengembalikan fungsi tombol, kemungkinan ada masalah pada hardware. Jika anda ingin mencoba membongkar atau mengganti perangkatnya, kemungkinan bisa memakan banyak biaya karena jalur tombol home dan back menyatu dengan badan hp. Alternatif paling mudah adalah menggunakan bantuan aplikasi virtual atau tombol bantu. Anda bisa menggunakan ASSISTIVE TOUCH FOR ANDROID, BUTTON SAVIOR, atau VIRTUAL SOFTKEYS untuk menggantikan fungsi tombol home, back, navigasi, atau tombol multi tasking dari smartphone yang anda gunakan. Anda bisa mengunduhnya di Google Playstore agar lebih aman.

Aplikasi ini juga akan bekerja maksimal jika layar sentuh anda masih normal, jika layar sentuh error  atau tidak berfungsi sebagian anda bisa mencoba solusinya di :

Catatan:
Jika tombol Home dan Back anda tidak berfungsi hanya pada saat sedang dicharger, itu bisa dibilang kondisi yang normal. Pada saat pengisian, ada beberapa fungsi yang memang secara keamanan tidak bekerja. Jadi tidak perlu khawatir jika hanya masalah ini.

Meskipun awalnya anda panik ketika menemukan masalah ini dan bingung bagaimana mengatasi tombol Back di Android dan tombol Home tidak berfungsi, setelah membaca bagian ini, saya yakin Anda akan menemukan solusi yang paling tepat untuk memperbaiki masalah ini.

Cara Mengatasi Tombol Home dan Back yang Error di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.