Cara Mengatasi Layar Sentuh LCD Kurang Sensitif TouchScreen Android


Mengatasi Layar Sentuh - Di website ini sebelumnya banyak kita bahas mengenai permasalahan seputar layar sentuh. Namun ternyata permasalahan cara mengatasi touchscreen kurang sensitif belum kami paparkan. Akhirnya yang tadinya kita sudah tidak membahas masalah layar lagi karena sudah banyak dibahas di website ini maka kita akan bahas kembali mengenai layar tapi kali ini mengenai layar sentuh kurang sensitif. 

 

Layar sentuh kurang sensitif biasanya diakibatkan oleh beberapa hal dan faktor yang mempengaruhi munculnya masalah ini. Mulai dari faktor hardware atau software pengaturan, mulai dari internal atau akibat faktor eksternal. Untuk mendeteksi masalah apa yang menjadi penyebabnya biasanya kita harus tahu dulu sebelum masalah ini muncul apakah ada perlakuan yang dilakukan seperti install aplikasi baru atau bisa jadi terjatuh atau terbentur benda keras.


Touchscreen adalah salah satu bagian paling sensitif pada smartphone apalagi yang saat ini lebih populer dan full screen sehingga segala operasional menggunakan layar sentuh, Bagaimana jika ada gangguan dalam layar sentuh memang tentunya sangat mengganggu, salah satunya jika kurang sensitif. Yuk coba atasi sendiri siapa tahu bisa membantu mengurangi atau bahkan menyelesaikan masalah ini.

Cara Mengatasi TouchScreen Kurang Sensitif di HP Android

Cara Mengatasi TouchScreen Kurang Sensitif di HP Android

Jika kamu mengalami masalah layar tiba-tiba tidak sensitif dan bingung bagaimana mengembalikan seperti sebelumnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengecek apakah memang hanya setingan atau hardware, antara lain :


Setingan Transisi Animasi

Sebelum memutuskan bahwa layar sentuh atau LCD yang error mungkin coba cek pengaturan pada opsi pengembang, caranya :

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  • Setelah itu pilih pada Tentang Perangkat / About Phone 
  • Pada menu Tentang Perangkat, Ketuk 7 kali pada opsi Nomor Bentukan hingga muncul pemberitahuan Opsi Pengembang Telah Aktif.
  • Selanjutnya mundur ke awal tampilan menu Pengaturan, lalu cari Opsi Pengembang (Developer Options).
  • Cari pilihan Windows Animation Scale, Transition Animation Scale, Animator Duration Scale.
  • Turunkan nilainya ke 5x untuk mempercepat respon dari sensitifitas setiap setuhan untuk aplikasi


Rekalibrasi

Cara kedua, coba untuk melakukan kalibrasi layar sentuh untuk memastikan bahwa setingannya sudah sesuai. Cara kalibrasi masing-masing brand ada cara tersendiri. Bisa juga dengan mengunduh aplikasi kalibrasi layar yang ada di android seperti Touchscreen Calibration, LCD Tester, SwiftKey Keyboard, dan lain sebagainya. Tetapi untuk default-nya tanpa aplikasi sebenarnya bawaan hp sudah ada, caranya :

  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih pada display settings.
  • Atur ulanglah kalibrasi pada opsi ini. Untuk penyeteingan lebih mudah, jangan gunakan fitur Auto Rotation.

Atau bisa dengan menggunakan kode fitur test kalibrasi layar, caranya :

  • *#0*#
  • *#*#2664#*#*
  • #*#64663#*#

Rangkaian kode diatas akan masuk pada menu fitur tes kalibrasi layar. Berlaku untuk HP Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan beberapa ponsel lainya yang bisa anda coba sendiri.


Ganti Screen Glass atau Lepas

Mungkin sepele, tapi hal kecil ini mengganggu. Ketika Tempered Glass atau Anti Gores sudah lama, maka stiker atau perekatnya akan mengalami perubahan rekat sehingga menyebabkan sensitifitas sentuhan tangan tidak langsung ke layar, dan ini biasanya ciri-cirinya beberapa area di layar dan tidak semua. Ada baiknya cobalah ganti anti gores atau lepas dahulu dan coba. Jika tanpa anti gores bisa lebih sensitif maka masalahnya ada pada anti gores sehingga sudah saatnya ganti yang baru dan pemasangannya harus rapi.


Loading Berat

Salah satu respon kurang sensitif adalah loading dari smartphone yang berat. Jadi layar sebenarnya sensitif dan normal namun karena loading dari setiap kerja sistem menjadi berat maka responnya akan terlambat atau delay. Coba untuk membersihkan data sisa atau cache dan sampah yang menumpuk selama anda menggunakan smartphone. Lebih efektif jika menggunakan aplikasi Cleaner seperti Clean Master. Anda bisa mengunduh pada Google Play Store


Pointer Speed

Analisa selanjutnya, bisa jadi sensitifitas normal tapi pointer atau titik responnya tidak tepat sehingga yang disentuh mana yang tersentuh mana, jadi kesannya kita sudah klik tapi gak respon padahal karena kurang tepat. Coba setting ulang Pointer Speed, dengan cara :

  • Matikan HP, dan kemudian nyalakan lagi dan langsung masuk ke pengaturan
  • Pilih opsi Bahasa dan Masukan 
  • Selanjutnya cari menu Pointer Speed.
  • Ikuti petunjuk dan ketuk opsi tersebut Kemudian geser slider poin hingga mentok atau penuh.
  • Setelah itu coba sensitif touchscreen apakah sudah cepat atau masih lambat.

 

LCD Lifetime

Ini yang tidak kita inginkan, yaitu LCD rusak. Rusak dalam kasus ini adalah umur pakai, sehingga secara fisik masih bagus namun secara kinerja menurun sehingga responsibility dari sentuhan sudah berbeda. Jika masalah ini terjadi karena memang LCD sudah lifetime mau tidak mau ya ganti dengan LCD baru. Untuk cara penggantiannya masing-masing smartphone berbeda. Namun sebelum bongkar ada baiknya mencari informasi masalah harga LCD dari smartphone merk dan tipe yang sesuai dengan smartphone kamu. Kisaran harga dari LCD berbeda-beda baik yang KW atau ORi, juga yang Baru atau Second. Untuk penggantian saja sebenarnya mudah, cukup dengan membuka casing, dan menggantinya karena sudah ada kabel fleksible dan socket yang cukup dilepas dari LCD lama dan dipasangkan pada LCD baru, kemudian LCD ditempatkan pada mesin HP sesuai sebelumnya kemudian tutup casing dan nyalakan. Tetapi disarankan bagi yang memang sudah pernah melakukan karena kabel dari layar sangat riskan putus sambungannya meskipun secara kasat mata tidak putus. 

layar sentuh kurang sensitif

 

System Corrupt

Satu tambahan lagi, jika mengalami layar sentuh tidak sensitif tapi dibarengi dengan beberapa kesalahan-kesalahan lain errornya seperti jam yang kadang gak tampil, atau wallpapers yang diganti tiba-tiba berubah sendiri ke wallpapers sebelumnya, hal ini ada kemungkinan sistem dari OS android nya sendiri bermasalah. Coba lakukan update system dahulu jika memang saat ini anda masih belum melakukan pembaharuan sistem. Bisa cek pada :

  • Masuk ke menu pengaturan dan cari Tentang Ponsel
  • Setelahj itu pilih Informasi Perangkat Lunak 
  • Jika masih ada keterangan untuk Update artinya belum menggunakan versi terbaru
  • Klik dan ikuti petunjuk pengunduhan untuk update system


Dari 7 poin di atas cara mengatasi layar sentuh kurang sensitif, diharapkan satu diantaranya bisa membantu anda menyelesaikan masalah ini. Jangan lupa untuk memberikan komentar jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan, mengoreksi, dan juga ingin memberikan masukan agar bermanfaat bagi pembaca lain setelah anda. Salam.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.