Keyboard di Xiaomi Tidak Muncul? Ini Cara Mengembalikannya


 Mengatasi Xiaomi - Apakah disini adakah pengguna Xiaomi yang mengalami tiba-tiba keyboard hilang dan tidak muncul saat mau mengetik? Keyboard Xiaomi tidak muncul mungkin pernah dialami beberapa pengguna Xiaomi terutama untuk pengguna Redmi. Kondisi seperti ini bukan hal yang perlu dikhawatirkan karena tidak ada masalah serius. Biasanya hanya karena perubahan atau update dari software sehingga ada perubahan pada penerapan setelan atau ijin akses saja.


Keyboard Xiaomi tidak muncul perlu dilakukan pengecekan setelan atau pembaharuan software. Biasanya hanya dua masalah ini. Tetapi jika ada masalah lain, kemungkinan theme yang anda gunakan menjadikan tampilannya berubah dan setelan pop-up dari Keyboard juga berubah. Ketika kita ingin menggunakan pada kondisi tertentu seperti ingin menulis pesan di Whatsapp mungkin kaget karena tidak muncul secara otomatis yang biasanya langsung nongol ketika kita klik kolom pesan. 


Cara mengembalikan Keyboard Xiaomi hilang cukup mudah. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa ini hanya perubahan setelan atau pembaharuan baik dilakukan oleh pengguna tanpa sengaja, atau memang secara software dari MI ada perubahan interface. Untuk lebih jelasnya ada bisa melakukan beberapa cara yang akan kita paparkan secara deskriptif.


Cara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula

ara Mengembalikan Keyboard Xiaomi Seperti Semula

Untuk mengembalikan papan ketik hp Xiaomi yang nggak muncul, hal pertama yang kita lakukan adalah mengecek pengaturannya, karena bisa jadi pengaturan berubah karena pengaruh aplikasi yang baru-baru ini kita install. Tanpa sengaja aplikasi yang baru kita install meminta ijin perubahan status keyboard bar sehingga menjadi hilang atau tidak muncul otomatis. 

 

Cek Setelan

Untuk melakukan pengecekan caranya:

  • Masuk ke menu Setelan atau Pengaturan.
  • Pada menu setelan, pilih di menu bagian bawah cari "Setelan tambahan"
  • Setelah itu pilih "Bahasa & masukan"
  • Klik pada menu "Keyboard Saat Ini"
  • Pastikan pilihannya pada menu keyboard bawaan Xiaomi yaitu Facemoji Keyboard for Xiaomi atau Default

Jika tidak di pilihan itu anda bisa memilih, namun jika sudah di pilihan itu, kita akan melakukan pengecekan dengan cara selanjutnya  Biasanya Xiaomi defaultnya menggunakan aplikasi Google Keyboard dan Facemoji Keyboard or Xiaomi untuk setelan bawaan dari Keyboardnya

 

Hapus Cache Keyboard

Cara kedua untuk mengembalikan Keyboard Xiaomi yaitu dengan hapus cache, karena bisa jadi kemungkinan karena cache terlalu besar pada menu keyboard. Cara menghapusnya:

  • Buka menu File Manager, dan pilih Manager Aplikasi 
  • Cari Google Keyboard atau Facemoji For Xiaomi
  • Setelah itu klik dan akan masuk ke dalam info aplikasinya, klik tombol Penggunaan Penyimpanan
  • Setelah itu klik tombol Hapus Cache


Update Aplikasi

Jika kedua cara diatas masih belum bisa muncul dengan normal Keyboardnya, cobalah untuk melakukan update perangkat. Caranya :

  • Buka menu setelan
  • Setelah itu pilih Pembaharuan Aplikasi Sistem
  • Cek Pembaharuan Sistem, jika ada yang perlu diperbaharui, klik dan usahakan koneksi lancar sehingga lebih cepat prosesnya dan tunggu hingga selesai
  • Setelah selesai restart ponsel dan coba keyboardnya apakah sudah normal kembali.


Nah dengan tiga cara mengembalikan Keyboard Xiaomi tidak muncul di atas sepertinya sudah mampu mengatasi masalah yang sedang anda alami. Jika memang dari tiga cara ini belum bisa dan tidak ada hasil, kemungkinan smartphone anda sudah melalui proses Root sehingga kesulitan untuk menangani masalah ini. Cara ini sudah dicoba di beberapa type  Xiaomi Redmi, MI, dan type Xiaomi Note yang saat ini ada.


Demikian mengenai cara mengembalikan keyboard Xiaomi yang bisa anda coba. Jangan lupa berkomentar jika anda sudah mencobanya agar bisa menjadi pencerah bagi pembaca setelah anda. Salam.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.