Rabu, 02 Februari 2022

Kenapa Volume HP Android Naik Turun Sendiri? Ini Cara Mengatasinya


Mengatasi HP Android - Pernah mengalami Volume suara hp naik turun sendiri? Saat ini penggunaan HP android dilansir semakin meningkat, karena pandemic ini mengharuskan semua kegiatan harus online  dari rumah menggunakan ponsel. Seiring penggunaan yang semakin sering maka masalah-masalah error yang menyerang HP Android semakin banyak pula. Masalah error inipun bermacam-macam. bagaimanapun juga, HP adalah benda elektronik yang rawan kerusakan. Entah karena karena usia HP yang sudah lama sehingga mengalami penurunan performa ataukah karena HP mungkin habis terkena benturan, terjatuh ataukah masuk ke air. Penyebabnya bermacam-macam sekali.


Cara mengatasi volume hp naik sendiri jika kamu sekarang sedang membaca artikel ini berarti kamu sedang dalam keadaan galau dan resah karena masalah error menyerang Volume HP Android kamu.
Di artikel ini, saya akan membahas tentang Volume HP yang Naik dan Turun Sendiri. Apa-apa saja yang menjadi penyebab masalah error terjadi dan juga beberapa opsi untuk mengatasi dengan solusi terbaik masalah yang menyerang Volume ini.

Penyebab Masalah Volume Naik Turun Sendiri

Volume yang naik turun sendiri bisa terjadi dikarenakan factor dari luar, tidak menutup kemungkinan juga terjadi karena system yang error. Beberapa diantaranya adalah sebagi berikut:

  • Menekan tombol terlalu sering dengan keras
  • Menekan terlalu keras dengan hanya menggunakan kuku, otomatis tidak semua bagian terpencet
  • Menggunakan headset yang tidak sesuai dengan HP kamu
  • •Memaksakan menggunakan headset yang sudah rusak
  • Terlalu sering menggunakan speaker aktif
  • Masalah yang muncul karena error system.

 

Factor-faktor diatas tersebut bisa menjadi penyebab masalah error pada volume terjadi. Apalagi mencolok kabel headset menggunakan kabel speaker terlalu sering akan memperburuk kerusakan volume HP. Tidak menutup kemungkinan, tombol volume HP kamu mengalami kekendoran karena sering ditekan terlalu keras dan bisa juga beberapa komponen bagian volume sudah karatan karena usia HP terlalu lama.

Cara Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri 

Cara Mengatasi Volume Naik Turun Sendiri

Cara dibawah ini bisa coba kamu lakukan sebelum kamu tergesa membawanya ke service center atau konter service, Karena pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
Sebenarnya cara ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kondisi volume ini sudah sangat parah, ataukah hanya karena masalah kecil dan masih bisa diatasi sendiri.
Berikut beberapa opsi  yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Volume naik turun sendiri di HP kamu:


1.  Restart HP
Cara yang pertama ini memang terlalu biasa, tetapi tidak bisa dipungkiri, Restart HP adalah cara yang cukup ampuh untuk mengatasi beberapa masalah yang sering menyerang HP android. Tidak menutup kemungkinan juga masalah error yang menyerang volume jadi naik turun sendiripun bisa diatasi dengan cara ini. Dengan melakukan restart HP maka system di HP akan memuat ulang dan masalah-masalah bug yang ada akan terbenahi dengan proses ini. Bisa saja masalah volume hp yang menyerang dikarenakan ada masalah dengan system. Jika sudah selesai melakukan Restart cek kembali HP kamu apakah sudah berhasil diatasi dengan cara ini ataukah malah masih sama saja .
 

2. Membersihkan Bagian Dalam HP Android
Jika dengan restart HP kamu belum bisa mengatasi masalah error Volume naik turun sendiri tersebut kamu bisa melangkah ke opsi kedua yaitu dengan membersihkan bagian dalam HP android kamu.
Cara ini bisa dibilang cukup rumit, jadi memerlukan keahlian khusus untuk bisa membuka casing belakang HP android kamu. Karena memang cara ini bertujuan untuk mengecek kemungkinan terjadi kendor didalam plat kuningan atau adanya kemungkinan nyangkut sehingga mengalami penurunan respon di bagian volume.
 

Langkah-langkah pembersihan bagian dalam HP adalah sebagai berikut:

  • Alat-alat yang harus kamu siapkan adalah  alcohol, cottonbud dan lap kering
  • Pastikan kondisi HP dalam keadaan sudah mati, kemudian kamu  bisa membuka casing belakangnya. Untuk membuka casing belakang ini kamu bisa mencari tutorial di YouTube atau Google, sesuaikan dengan merk dan type hp kamu.
  • Langkah selanjutnya adalah teteskan sedikit alcohol keujung cottonbud dan bersihkan secara  perlahan bagian plat kuningan di bagian volume tersebut.
  • Sambil cek kembali apakah plat kuningan tersebut bergeser ataukah sudah benar pada tempatnya.
  • Jangan lupa juga cek bagian karet tombol yang ada pada casing jikalau ada masalah juga.
  • Setelah itu kamu bisa menggunakan lap kering untuk cara terakhir agar tidak ada cairan yang tertinggal didalam sampai benar-benar kering.
  • Baru kemudian pasang kembali HP kamu dan silahkan aktifkan kembali. Setelah itu kamu bisa melihat apakah masalah error ini sudah teratasi atau belum.


3. Reset Factory HP Android
Seperti kita ketahui bersama Reset Factory HP ini akan mengembalikan HP seperti baru lagi, semuanya akan dikembalikan menjadi pengaturan pabrik. Yang artinya data dan aplikasi didalam HP android kamu akan terhapus secara otomatis dalam proses Reset factory ini. Maka sebaiknya sebelum kamu melakukan Reset Factory, kamu melakukan Back Up data dan aplikasi kedalam email kamu atau SD Card di Hp kamu atau tempat penyimpanan lainnya.
 

Langkah Reset Factory adalah sebagai berikut:

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan/ Settings
  • Scroll ke bawah klik menu Additional Setting
  • Lalu tap menu Back Up dan Reset
  • Pilih Back Up dahulu, untuk melakukan pencadangan data dan aplikasi kamu.
  • Baru selanjutnya kamu bisa tap menu Reset Factory  lalu tunggu hingga proses usai untuk melihat hasilnya.


 
4. Menggunakan Bantuan Aplikasi Tambahan
Opsi ini adalah opsi tambahan yang bisa menjadi pilihan yang bisa kamu coba lakukan. Yaitu dengan bantuan aplikasi ketiga untuk pengganti tombol volume. Aplikasi ini bernama Volume Control yang bisa kamu download di Google Play Store. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur volume sesuai dengan keinginan kamu. Aplikasi ini sudah diketahui memiliki tampilan yang mudah dan ringan sehingga tidak memperberat kinerja HP kamu.
 

Langkah yang bisa kamu ambil untuk install aplikasi ketiga tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pertama kamu bisa buka aplikasi Google Play Store
  • Cari dikolom pencarian Volume Control
  • Kemudian install aplikasi tersebut
  • Setelah selesai buka aplikasi tersebut lalu akan muncul pengaturan Volume, selanjutnya kamu bisa mengatur volume menggunakan aplikasi tersebut
  • Naik turunkan volume sesuai dengan keinginan kamu, lalu Locked supaya volume tidak naik turun sendiri lagi.

 

Jika sudah sampai pada tahap ini tetapi belum bisa mengatasi error volume yang naik turun sendiri, mau tidak mau kamu harus menyiapkan budget lebih untuk membawanya ke Service Center resmi sesuai dengan merk dan tipe HP kamu atau bisa juga membawanya ke konter service terdekat. Karena mungkin perlu penggantian beberapa komponen yang mengalami kerusakan di bagian volume supaya Volume bisa berfungsi seperti sedia kala. Demikian mengenai cara mengatasi android volume naik turun sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu mengatasi masalah Volume yang naik turun sendiri di Hp android kamu. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.