Cara Membuat Game Android dengan Unity 3D tanpa Coding


Membuat Game Android - Bisakah kita yang tidak tahu coding bisa membuat game untuk dipasarkan di Playstore? dan bagaimana cara membuat game android dengan Unity? Seiring perkembangannya, sistem operasi android semakin berkembang pesat terlebih untuk developer pengembang aplikasi android baik game maupun aplikasi pendukung dalam pengoperasian smartphone android. Playstore yang merupakan tempat paling populer bagi kalangan pengembang aplikasi untuk memasarkan aplikasinya mulai dari yang gratis maupun yang berbayar. Dengan kemudahan membeli lapak bagi siapapun di android (akun google developer-red) membuat para personal mandiri mulai membuat aplikasi dan game untuk dipasarkan di Playstore.

Cara membuat aplikasi di playstore kini juga dipermudah dengan munculnya Android Studio yang bisa terhubung langsung dengan akun Admob. Nah untuk pemula yang ingin mencoba belajar membuat aplikasi atau membuat game android, jika sebelumnya populer membuat game android dengan eclipse, kini anda bisa mencoba yang lebih simpel lagi yaitu menggunakan Unity 3D khusus untuk membuat game. Jika ingin membuat aplikasi (build apk) anda bisa menggunakan Android Studio yang terbaru. namun kali ini kita akan bahas dulu mengenai Unity 3D bagi pemula atau langkah dasar.

Cara membuat game android dengan unity 3D cukup mudah karena didalamnya sudah disediakan beberapa template yang sudah siap digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa langkahnya :

Cara membuat game android dengan unity 3D

Nah, tutorial ini bisa digunakan bagi pemula yang ingin membuat game android tanpa script atau tanpa harus tahu coding. UNITY adalah sebuah game developing software yang digunakan untuk membuat game dengan tampilan 3 Dimensi. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kita akan menggunakan template ata packaged yang ada di dalam Unity. Yuk mulai membuat Game android.


 1. Jika anda belum menginstall Unity, anda bisa menginstallnya dahulu di komputer anda. Siapkan beberapa aplikasi, diantaranya :
  • Unity Game Engine (Free) : https://unity3d.com
  • Android SDK: https://goo.gl/fcKQbF

Untuk cara menginstall masing-masing software di atas, anda bisa searching sudah banyak website yang membahasnya. Jika anda sudah nmenginstall ketiganya, lanjut ke langkah selanjutnya

2. Buka Unity3D seperti umumnya membuka aplikasi biasa
3. Setelah aplikasi Unity terbuka, klik New Project. Ubah nama "Project name" dengan nama yang diinginkan.
4. Selanjutnya pilih 3D untuk jenis game kemudian Klik "Create Project"



5. Setelah muncul tampilan media kerja unity, biasanya hal pertama untuk membuat game kita mulai dari membuat visual tekstur tanah. Klik game Project di menu atas dan pilih 3D object
6. Setelah muncul kotak putih(Object Terrain), ubah ukuran Terrain pada Tab Inspector, pada Terrain Settings seperti gambar Gear, dibagian "Resolution" Ubah (Terrain Width : 300 | Terrain Length : 300.
7. Setelah itu klik pada Raise/Lower Terrain pilih "Brushes" Raise/Lower Terrain berdungsi untuk membuat Terrain menjadi timbul secara tidak rata. Brush Size adalah Ukuran Brush dan Opacity adalah Ketebalan Brush.


8. Untuk hasil lebih nyata, bisa menambahkan brush sesuai dengan kebutuhan.
9. setelah itu klik pada "Smoot Height" dan sesuaikan, lalu arsirlah Terrainsecara keseluruhan. Smoot Height berguna untuk untuk meratakan Brush yang tidak beraturan.
10 . Pada Paint Texture > Textures klik "Edit Textures" pilih Add Texture dan akan muncul "Add Terrain Texture"
11. Sebelumnya siapkan texture atau pattren untuk bentuk dan warna tanah yang diinginkan.  masukkan atau drag ke "Tab Project" di Assets ke "Add Terrain Texture", lalu sesuaikan kemudian klik Apply.

12. Selanjutnya pada menu "Hierarchy" pilihlah Directional Light dan atur kecerahan dan warna di menu Inspector di bagian light. Masih di "Tab Hierarchy", pilih Terrain, kemudian pada Tab Inspector pilihlah "Pain Texture" klik Edit Textures > Add Texture, lalu drag gambar ke Bar "Add Terrain Texture" lalu klik Add.

13. Untuk membuat gambar,  Pilih gambar Textures pada Terrain dan arsir bagian Terrain sesuai keinginan kamu, ini berguna sebagai jalan nantinya.


14. Untuk mencoba Terrain yang telah kita buat, mari kita tambahkan Karakter sebagai Playernya.
    - di Menu Bar pilih Assets > Inport Package > Characters. maka akan tampil Bar "Importing Package" lalu klik Import.
15. di Tab Project > Assets > Standard Assets > Characters > ThirdPersonController > Prefabs > ThirdPersonController  tarik ke atas terrain


16. Selanjutnya ubah Position di Tab Inspector.
17. Pada Main Camera, pindahkan ke dekat Object ThirdPersonController, sesuai dengan tampilan kamera yang kamu lihan di pojok kanan bawah.
18. Coba karakter yang kamu buat dengan mengeklik icon player.
19. Jangan lupa simpan Scene Game kamu dengan cara : Pada Menu Bar File > Save Scene as, lalu beri nama dan klik Save.





Nah, untuk karakter lain dan pergerakan pernaiman hingga level permainan, anda bisa mengeksplorasi sendiri sesuai dengan jam terbang menggunakan Unity 3D. atau jika anda ingin melakukan modifikasi game yang sudah populer, anda bisa mengunduh asset packaging yang bisa diunduh gratis di assetstore.unity.com.

Demikian Cara Membuat Game Android dengan Unity 3D tanpa Coding yang bisa dicoba sebagai pembelajaran bagi pemula. Cara membuat game android ini bisa anda coba untuk mengekspresikan bentuk-bentuk karakter untuk game anda. Salam.

Cara Membuat Game Android dengan Unity 3D tanpa Coding Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dewi Hajar Ananda
Diberdayakan oleh Blogger.