Cara Sederhana Membuat Aplikasi dengan Android Studio


Dandan Ponsel - Bagaimana cara membuat game sederhana di android studio? Banyak orang ingin mengetahui cara membuat aplikasi android dengan software apa atau dengan tool apa. Jika sebelumnya kita mengenal software paling populer untuk membuat aplikasi android adalah Eclipse, kini kita akan lebih banyak menemukan pembuatan menggunakan Android Studio. Semenjak akhir desember 2014, Android Studio telah resmi menggantikan Eclipse telah resmi menggantikan Eclipse sebagai official IDE untuk membuat aplikasi Android. Biasanya untuk aplikasi menggunakan android Studio dan untuk Game yang menggunakan karakter 3 Dimensi akan menggunakan Unity. Anda bisa baca di Cara Membuat Game Android dengan Unity 3D.

Membuat Game di android Studio bisa dimulai dari nol atau anda bisa membeli coding atau project yang sudah ada dan dimofikasi sedemikian rupa. Tak harus bisa coding sepenuhnya tetapi kreativitas yang dibutuhkan. Pada dasarnya kalau kita lihat fungsi dari sebuah aplikasi hampir sama, misalnya aplikasi messenger, hampir semua aplikasi mesengger memiliki fitur yang kurang lebih sama. Bisa mengirim gambar misalnya, bisa mengirim voice note, dll. Tetapi sejauh mana kita mengubah atau mengoprek (biasa disebut dengan Reskin) agar menjadi unik atau presentase keunikannya lebih dari separuh. Hal ini berpengaruh pada ketahanan aplikasi nantinya di Playstore apakah masuk dalam kategori aplikasi yang sama, memiliki hak cipta, atau benar-benar unik. Ini jika anda memang ingin menaruh hasil aplikasi nantinya di Playstore. Jika hanya untuk sekedar belajar, anda bisa mencoba memadukan beberapa project dan melihat fungsinya

Seperti yang sudah pernah dijabarkan pada halaman Cara Membuat Game di Android yang diposting sebelumnya, sebenarnya sama saja. Hanya kalau ini lebih spesifik menggunakan software yang bernama Android Studio.

 Cara Bikin Aplikasi dengan Android Studio

 Cara Bikin Aplikasi dengan Android Studio
Sebelum membuat aplikasi, kita harus menyiapkan komputer kita agar siap untuk build aplikasi. Jadi sebelumnya kita harus menginstall aplikasi pendukung, seperti :
  • Java
  • Android SDK (Standard Development Kit) Biasanya sudah satu bundle dengan Android Studio
  • JDK (Java Dev. Kit) V 1.7
  • Android Studio

Anda bisa mengunduhnya di masing-masing website resminya. Setelah itu install install java dahulu seperti biasa, kemudian install android studionya. Dan jika sudah selesai akan muncul seperti ini:
Setelah itu lanjut dengan menginstal SDK Manager. Cara menginstall SDK melalui android Studio didalamnya.
  • Buka Android Studio kemudian pilih menu Tools pada toolbarKlik pada pilihan Android dan klik "SDK Manager"
  • Pilih versi SDK yang ingin diunduh dengan mencentang checkbox dan klik Install * packages
  • Selanjutnya piluh Accept All dan klik Install
  • Tunggu sampai proses unduhan selesai dan install
Cara install SDK Android Studio

Setelah semua terinstalll, cobalah untuk membuat salah satu project. Buka aplikasi Android Studio


Cara Membuat Aplikasi dengan Android Studio

Kita mulai belajar membuat aplikasi:
  • Jika semua software yang dibutuhkan sudah terinstall, jalankan Android Studio .exe. Pada menu bar klik File > New Project. 
  • Isikan nama project, dan nama domain untuk menjadi nama package. Biasanya diawali dengan com. atau net. atau org. 
  • Lalu pilih juga lokasi penyimpanan project kemudian Next
  • Pilih SDK minimum yang akan digunakan untuk minimal versi android
  • Pilih jenis Activity. Semacam template untuk jenis aplikasi yang akan kita buat kemudian beri nama pada koloma Activity Name dan Finish
  • Kita akan masuk ke lembar kerja utama pembuatan aplikasi android
  • Untuk memulainya buka file strings.xml pada folder res/values, dan masukkan string-array yang diinginkan
membuat project di android studio

Source code yang kita pakai berada pada folder main, bukan di androidTest. Untuk mencoba menjalankan aplikasi, klik tombol panah hijau pada toolbar bagian atas Android Studio, dengan sebelumnya memilih nama module yang ingin dijalankan. Saat mengeklik klik tombol hijau tersebut, tunggu beberapa saat maka akan muncul tampilan aplikasi Android yang kita buat pada devices kita.

Nah untuk membuat aplikasi sesuai dengan keinginan anda bisa mencoba mengunduh porject gratis atau code mentah dari android studio untuk lebih cepat memahami.  Demikian Cara membuat aplikasi android dengan Android Studio. Selamat belajar dan Salam Sukses.

Cara Sederhana Membuat Aplikasi dengan Android Studio Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.