Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil


Dandan Ponsel - Bagaimana Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil? Seperti yang kita tahu bahwa kini hampir semua jaringan di indonesia sudah beralih ke 4G LTE. Hal ini bukan berarti tanpa masalah. Justru kini banyak yan mengeluhkan mengenai jarinagn 4G yang sering hilang atau 4G tidak stabil. Setelah sebelumnya sudah pernah kita bahas mengenai cara mengatasi sinyal yang hilang atau Mengatasi hp tidak ada sinyal, kali ini ada teman yang bertanya bagaimana kalau untuk sinyal 4G? Pada dasarnya sama saja. Sinyal 4G yang sering hilang pada android banyak dialami oleh beberapa orang, dan pada umumnya saat data sedang digunakan.

Cara membuat jaringan 4g stabil itu dipengaruhi beebrapa faktor. Selain dari jaringannya sendiri yang memang secara sinyal lemah, bisa terjadi akibat dari smartphone anda sendiri yang bermasalah, mulai dari salah penyetingan atau memang ada masalah pada penerimaan sinyal khusunya untuk data internet.  Luangkan sejenak waktu untuk menelusurinya. Berikut langkah-langkah Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil.

Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil


Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil



Langkah pertama kita harus mengetahui kenapa sinyal 4Gbisa hilang dengan cara mencari jaringan operator. Bisa jadi sinyal 4G tidak didapatkan karena memang dari provider kartu yang anda gunakan sedang tidak tersedia pada daerah anda sekarang. Jika hanya tertangkap 3G saja memang bisa jadi di daerah tersebut hanya ada jaringan 3G saja. Bila seperti itu adanya mungkin solusinya anda perlu berpindah lokasi. Atau bila masih belum juga mendapatkan hasil, mungkin anda harus pergi ke pusat kota. Dijamin sinyal android anda full.

Atau jika belum selesai masalahnya mungkin anda bisa mencoba beberapa cara di Cara Mengatasi HP Tidak Ada Layanan

Cara agar sinyal stabil 4g


Nah, asal sudah ada sinyal 4G tertangkap namun tidak stabil kita bisa menguncinya dengan beberapa cara, antara lain :
1. Set LTE Only  Jika pada smartphone anda sudah ada layanan LTE only, anda bisa langsung melakukan kunci sinyal 4G dengan cara mengaktifkan layanan jaringan LTE Only pada pengaturan >> Jaringan >> pilih 4G only
2. Set LTE Manual Jika smartphone anda tidak ada pilihan tersebut, anda bisa melakukan penguncian sinyal 4G di hp android anda secara manual dengan masuk ke system, caranya :
  • Buka papan telepon panggilan dan ketikkan kode *#*#4636#*#* seperti anda menelpon biasa kemudian klik dial
  • Jika berhasil akan muncul pilihan informasi SIM yang akan dilihat, pilih SIM yang kita aktifkan internetnya
  • Setelah mengeklik Informasi Telepon, akan muncul halaman informasi telepon dari SIM yang kita pilih
  • Selanjutnya  pilih pada "Jaringan yang disukai" klik dan pilih "LTE Only"
cara menstabilkan sinyal 4g
  • Maka sinyal 4G sudah terkunci

3. Unroot Android Jika masalah ini muncul setelah anda root hp anda, kemungkinan besar Root tidak berhasil sempurna sehingga menimbulkan masalah pada penangkapan sinyal. Hal ini berpengaruh pada jaringan yang diterima menjadi tidak stabil. Lakukan Unroot dengan menggunakan File Explorer untuk mengembalikan performa smartphone anda seperti semula.

4. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal Saat ini sudah banyak pilihan aplikasi penguat sinyal baik 3G maupun untuk 4G LTE. Ada beberapa rekomendasi aplikasi penguat sinyal.

Aplikasi penguat sinyal android paling ampuh

 Dari banyaknya aplikasi penguat sinyal yang banyak bertebaran di PlayStore, kami merekomendasikan 4 aplikasi penguat sinyal yang sering digunakan dan cukup membantu dalam hal mencari sinyal 4G stabil, antara lain :
  • Connection Stabilizer Booster : Aplikasi yang memiliki kemampuan untuk membuat konektivitas data menjadi lebih stabil, menjadi reconnector, dan juga booster untuk sinyal 2G, 3G, 4G, maupun Wi-Fi. Didalamnya terdapat beberapa fitur pendukung seperti keep alive, reconnect, dan juga force connect. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar.
  • Network Signal Speed Booster : Aplikasi Penguat Sinyal ini samapi saat ini masih menjadi yang paling laris berdasarkan jumlah unduhannya. Reviewnya pun cukup memuaskan. Jenis aplikasi ini gratis namun didalamnya terdapat iklan.
  • Signal Guard Pro : Aplikasi penguat sinyal ini juga cukup populer. Dengan embel-emebl Pro, aplikasi ini berbayar sekitar 70 ribuan dengan fitur yang cukup memuaskan. Selain menawarkan penguncian jaringan dan penguncian tower sinyal, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan untuk manajemen Wi-Fi.
  • Network Booster Free : Aplikasi lain yang unggul dalam memberikan dorongan sinyal ponsel Anda adalah Network Booster Free. Aplikasi ini pada dasarnya meningkatkan sinyal ponsel Anda dengan memperbarui koneksi ponsel terhadap tower dan memberikan penerimaan sinyal jaringan lebih baik. Aplikasi ini sepenuhnya gratis dan terdapat iklan didalamnya.


Nah, Cara Mengatasi Jaringan 4G yang Tidak Stabil ini bisa anda terapkan ketika memang anda pada kondisi yang biasanya ada sinyal 4G tetapi kali ini ada gangguan. Jika memang bukan dari providernya maka cara-cara diatas bsia digunakan, tetapi jika ada gangguan dari pihak penyedia layanan, mau tidak mau kita harus menunggu sampai gangguan itu selesai. Atau bisa complain ke call centernya. Salam.


Diberdayakan oleh Blogger.