Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai OPPO Cepat Panas dan Boros


Pernah mengalami Baterai cepat panas? Bagi pengguna Oppo kadang mengalami Baterai OPPO Cepat Panas dan Boros. Sebenarnya itu merupakan hal yang wajar di hampir semua produk smartphone khususnya android yang saat ini banyak aplikasi berjalan di belakang layar. Nah bagaimana meminimalis atau cara mengatasi baterai oppo cepat panas?

Penyebab Baterai Oppo boros dan Panas biasanya diakibatkan beberapa hal. Selain penggunaan wajar, ada juga yang disebabkan karena memangbaterai sudah tidak normal dan perlu diganti. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penyebab baterai cepat panas dan mengatasinya :

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai OPPO Cepat Panas dan Boros



Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi hp oppo baterai panas dan boros, antara lain :

1.  Internet Aktif
Salah satu penyebab baterai boros namun dalam kondisi normal adalah internet aktif sehingga membuat faktor pemakaian daya lebih banyak. Salah satu penyebab dari panas berlebih adalah adanya pengaturan default dari beberapa aplikasi yang ada di Oppo adalah aktif seperti notifikasi, dan bahkan pembaharuan beberapa aplikasi yang terpasang.

Cara mengatasinya: Jika tidak digunakan, non-aktifkan koneksi internet atau jika memang perlu internet aktif, matikan notifikasi beberapa aplikasi yang kurang penting. Untuk mematikannya masuk ke pengaturan>>aplikasi, dan klik masing-masing aplikasi kemudian hapus centang pada notifikasi.

2. Pengaruh Sinyal
Sinyal yang sulit juga membuat pemakaian baterai lebih boros. Koneksi dari sinyal yang tidak stabil akan membuat smartphone terus berusaha mencari sinyal sehingga menyebabkan kinerja yang berat dan menghasilkan panas berlebih pada smartphone khusunya baterai.

Cara mengatasinya: Agar pencarian sinyal otomatis terhenti, buka pengaturan dan klik menujaringan, kemudianpilih manual untuk pencarian manual, setelah pencarian selesai, klik salah satu provider yang digunakan lalu lock sehingga sinyal tidak terus melakukan pencarian.  Atau jika memang tidak digunakan, ubah menjadi mode pesawat atau airplane mode.

3. Kecerahan Layar
Salah satu yang menyebabkan hp panas adalah layar. Dengan kecerahan layar yang terang membuat layar cepat panas dan pemakaian baterai boros.

Cara mengatasinya: Kecerahan layar juga pengaruh sehingga agar tidak terjadi pemakaian baterai berlebih, atur kecerahan layar menjadi paling rendah sesuai kebutuhan. Buka pengatran dan pilih menu tampilan.

4. GPS dan Wi-fi
Terkadang kita lupa bahwa Wi-fi masih aktif. Ketika kita berada di wilayah yang tertaut jaringan wi-fi biasanya smartphone kita akan melakukan kerja pencarian koneksi. Hal ini juga membuat kinerja ponsel lebih daripada biasanya. Kinerja ini juga berpengaruh pada pemakian daya yang menyebabkan baterai panas dan boros. Palagi ketika GPS aktif, beberapa aplikasi memaksa menggunakan GPS sehingga secara tidak langsung banyak aplikasi yang berjalan.

Cara mengatasinya: Segera matikan wi-fi jika tidak digunakan dan non-aktifkan GPS jika tidak diperlukan.


Baterai Oppo Boros dengan Penggunaan tidak normal :


5. Sering menggunakan ponsel ketika sedang dicas
Saat smartphone dicas, jangan menggunakan smarphone anda, apalagi menggunakan aplikasi yang bersifat online seperti aplikasi sosial media, dll. Hal ini selain membuat baterai panas juga menyebabkan life time baterai cepat rusak. Bahkan yang lebih parah dapat menyebabkan ledakan.

Cara mengatasinya: usahakan jangan menggunakan smartphone saat mengecas, dan jika memungkinkan matikan smartphone saat dimatikan.

6. Tutup Multitasking
Tanpa sadar terkadang kita membuka banyak aplikasi namun belum tertutup. banyaknya multi tasking akan membuat kinerja ram lebih berat. Kinerja Ram juga membuat pemakaian baterai lebih banyak.

Cara mengatasinya: Sering melakukan check aplikasi yang terbuka, tutup aplikasi. Atau gunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan aplikasi dan cache yang menumpuk.

7. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan
Ada aplikasi yang sudah atau jarang digunakan? Uninstall saja karena hanya akan memberatkan kinerja smartphone dan berpengaruh pada penggunaan daya. Aplikasi yang terpasang dan berjalan di balik layar membuat baterai oppo boros dan panas.

Cara mengatasinya: Pilih aplikasi yang tidak perlu atau jarang digunakan, dan lebih baik hapus saja agar kinerja smartphone lebih ringan.

Dengan Cara Mengatasi Baterai OPPO Cepat Panas dan Boros di atas merupakan cara yang bsia digunakan untuk smartphone yang masih dalam kondisi normal. Jika smartphone anda kondisi tidak normal, ada beberapa kemungkinan jika terjadi masalah ini, diantaranya:
  • Baterai rusak
  • Malware atau virus
  • Socket charging error
  • Charger bermasalah
Jika baterai anda bermasalah, anda bisa mencoba melakukan kalibrasi, cek di cara melakukan kalibrasi baterai.

Jika anda mengalami masalah lain mengenai baterai anda dapat membaca :
- Cara Mengatasi HP Android Dicas tidak Masuk
- Mengatsi Baterai Cepat Panas di Android
- Mengatasi HP Baterai tidak mau 100%
- Memperbaiki Baterai Tanam Kembung

Untuk mengatasi hal ini, perlu perlakuan lebih lanjut seperti penggantian part atau program ulang. Demikian cara mengatasi hp android cepat panas. Salam.


Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai OPPO Cepat Panas dan Boros Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dewi Hajar Ananda
Diberdayakan oleh Blogger.