Cara Mudah Kalibrasi Manual Baterai Android Tanpa Root


Tips Smartphone - Bagaimana cara kalibrasi baterai android secara manual? Kalian yang sering menggunakan smartphone sebaiknya hati-hati dalam menangani masalah baterai. Biasanya kalian sering menggunakan smartphone kalian tanpa melihat daya baterai tinggal berapa, atau memainkan smartphone saat dicharge. Padahal hal tersebut sangat berisiko pada kebocoran baterai atau baterai yang menggelembung. Hal itu mengakibatkan baterai terasa lebih cepat habis. Pasti menyusahkan bukan? Tapi tenang, di artikel kali ini saya akan share tentang Cara melakukan Kalibrasi Baterai tanpa Root.

Cara Kalibrasi Baterai tanpa Root yang dimaksud disini adalah bsia dilakukan secara manual baik menggunakan android yang belum diroot atau yang sudah diroot. Kalibrasi baterai adalah mengembalikan data baterai yang ditampilkan sesuai dengan kapasitas asli. Pernah mengalami baterai dengan persentase masih banyak namun tiba-tiba habis? selain memang dari baterai yang sudah turun kinerjanya, hal ini juga bisa diakibatkan data yang ditampilkan tidak sesuai dengan kapasitas aslinya sehingga harus dilakukan kalibrasi atau bisa dibilang statistik baterai tidak sesuai.

Baterai Android mati padahal statistik masih banyak, ini adalah salah satu alsan mengapa kita harus melakukan kalibrasi. Meski da beberapa kemungkinan, ada baiknya ktia melakukan kalibrasi dahulu untuk mengetahui kenormalan dari baterai smartphone android kita. Lalu bagaimana cara kalibrasi baterai android? Untuk melakukan kalibrasi bisa dilakukan secara manual tanpa menggunakan aplikasi bahkan tanpa root. Untuk lebih jelasnya berikut cara kalibrasi Baterai android tanpa aplikasi.

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root


Sebelum melakukan kalibrasi tentunya kita juga harus mendeteksi bahwa baterai cepat habis yang terjadi di android kita adalah normal atau tidak, seperti misalnya update firmware sehingga kapasitas baterai cepat habis, atau koneksi internet yang terus terhubung dan mengirim data misalnya update ototmatis, nah hal-hal demikian memang penggunaan daya lebih besar dari posisi standby sehingga merupakan hal wajar jika cepat habis. Namun jika baterai anda menunjukan persentase yang banyak tetapi cepat habis perlu lakukan kalibrasi.

Bagi and asebagai pemilik tentunya bsia mengidentifikasinya, apakah yang menyebabkan kinerja baterai menurun. Apakah itu memang data statistik saja dan perlu kalibrasi , atau memang baterai memang sudah menunjukkan tanda-tanda bermasalah. Bagi smartphone yang memiliki jenis baterai non-removable atau dapat dilepas, cobalah dahulu matikan smartphone, lepaskan penutup dan periksa baterai. Periksa secara fisik, tonjolan atau kebocoran. Truh di tempat yang datar, jika terkesan menggelembung berarti memang kinerja baterai yang bermasalah. Tetapi jika secara fisik masih baik, cobalah lakukan kalibrasi.

Berikut Cara melakukan kalibrasi tanpa Root, diantaranya :
  • Lakukan pengecasan android kamu pada kondisi menyala hingga benar-benar penuh (100%) sampai indikatro menunjukkan tanda penuh
  • Setelah dicas penuh, matikan smartphone androidnya
  • Colokkan kembali ke charger. Jika benar-benar penuh biasanya akan muncul status penuh atau lampu Led menyala hijau. 
  • Setelah itu gunakan hingga bnear-benar habis kembali, seperti misalnya lakukan game online, streaming, dll penggunaan daya yang banyak agar cepat habis. Habiskan sampai baterai habis dan smartphone mati
  • Selanjutnya charger dalam keadaan mati sampai baterai penuh kembali. Jangan nyalakan sebelum indikatro menunjukkan penuh 100%
  • Nah, sesudah penuh, nyalakan kemblai smartphone dan proses kalibrasi sudah selesai.

Jika anda mengalami masalah lain mengenai baterai anda dapat membaca :
- Cara Mengatasi HP Android Dicas tidak Masuk
- Mengatsi Baterai Cepat Panas di Android
- Mengatasi HP Baterai tidak mau 100%
- Memperbaiki Baterai Tanam Kembung

Kalibrasi secara manual ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk dilakukan berulang atau dalam rentang waktu yang singkat mengingat ada langkah menggunakan smartphone sampai baterai habis dan mati. Melakukan kalibrasi secara manual ini dilakukan jika memang dibutuhkan saja karena hal ini bisa mempengaruhi kinerja dari baterai.


Demikian cara kalibrasi baterai android secara manual tanpa root yang bisa anda coba untuk mencocokkan antara data statistik dengan isi daya sesungguhnya agar data dan realita sesuai. Semoga cara kalibrasi ini membantu bagi yang memiliki smartphone yang sering mati mendadak padahal baterai masih penuh. Salam.

Cara Mudah Kalibrasi Manual Baterai Android Tanpa Root Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dewi Hajar Ananda
Diberdayakan oleh Blogger.