Cara Mudah Atasi Baterai Tanam yang Kembung


Tips Android - Pernah berfikir untuk mengatasi baterai tanam yang kembung? Hampir sebagian besar smartphone Android saat ini menggunakan baterai Non-removable atau sering disebut baterai tanam. baik baterai removable maupun baterai tanam memang punya kelebihan dan kekurangan masing-msaing. Jika baterai removable ketika baterai rusak langsung bsia ganti dengan membeli yang baru, bagaimana jika baterai tanam ketika rusak? memang membeli yang baru juga bisa, tetapi masalahnya mencari spare part yang sama tidak semudah ketika kita mencari baterai copotan. dan juga untuk memasangnya tidak semua orang bsia melakukannya.

Memperbaiki Baterai Tanam Android yang melembung apakah bsia dilakukan? Pertanyaan ini sering saya dengar bagi yang mengalami masalah baterai kembung pada hp android baterai tanam. Untuk mengatasinya sebenarnya bisa saja dilakukan jika mengetahui caranya. Nah, berikut ini kita akan mencoba mengulas masalah penyebab dan mengatasi baterai tanam melembung di hp android atau smartphone lainnya.

Cara Mengatasi Baterai Tanam Melembung

Cara Mengatasi Baterai Tanam Melembung

Untuk memperbaiki baterai tanam yang kembung atau melembung mungkin sedikit berbeda dengan batri tanam bocor, drop, atau cepat habis. Sebenarnya munculnya baterai kembung adalah akibat dari perlakuan yang tidak benar seperti misalnya penggunaan yang berlebihan, sering jatuh, digunakan saat dicas/dicharger, atau yang paling sering dilakukan adalah sering bergonta ganti charger. Hal ini yang menjadi pengaruh munculnya masalah pada baterai termasuk baterai melembung ini.

Bagaimana mengatasi baterai yang kembung? berikut ini adalah langkah dan cara mengatasi baterai kembung agar mau mengempis atau bisa normal kembali, caranya :
  • Buka casing smartphone anda seperti biasa
  • Setelah terlihat baterai tanam yang kembung tersebut, tusuk perlahan pada bagian salah satu sisinya dengan menggunakan jarum yang mampu menembus cover baterai. 
  • Kemudian jika sudah benar-benar tusukannya masuk ke bagian dalam baterai, tekan area baterai yang kembung tersebut perlahan menggunakan jari
  • Tekan secara perlahan agar baterai memiliki ukuran atau dimensi yang sama seperti sebelumnya
  • Setelah benar-benar rata dan tidak menonjol atau menggelembung lagi, tutup casing dan nyalakan kembali.
Cara diatas adalah cara mengatasi baterai melembung tetapi bukan berarti baterai dalam keadaan normal, tetapi pola penggunaan yang harus kita ubah agar tidak terjadi melembung kembali. Beberapa cara agar umur baterai lebih tahan lama dan tidak mudah drop atau melembung lagi, antara lain, Selalu usahakan melakukan pengisian daya atau charger sebelum baterai habis dan smartphone sudah tak lagi kuat untuk menyala. Jangan sampai nol persen agar masalah pada baterai tidak kembali terulang.

Jika baterai sudah habis dan tidak bisa dicas, jangan biasakan mengecas menggunakan desktop atau cas kodok karena akan merusak baterai akibat tegangan yang berlebihan. Atau jika anda pernah mendengar cara mengatasinya melalui pembekuan atau dimasukkan ke dalam kulkas, hal ini tidak sepenuhnya benar karena suhu dingin yang diberikan pada baterai hanya untuk mememberikan suhu dalam baterai lebih dingin dari udara sekitar sehingga komponen yang mudah panas dan menyebabkan kerusakan lebih lambat bekerja, itu saja. Pada dasarnya tidak menyembuhkan atau memperbaiki baterai kembali semula.

Jika anda mengalami masalah lain mengenai baterai anda dapat membaca :
- Cara Mengatasi HP Android Dicas tidak Masuk
- Mengatsi Baterai Cepat Panas di Android
- Mengatasi HP Baterai tidak mau 100%

Demikian cara mengatasi baterai tanam Android melembung yang bisa kita bagi dan semoga bisa menjadi solusi bagi yang mengalami masalah baterai kembung di hp android anda. jangan lupa untuk membaca buku pedoman pengguna atau manual book yang ada agar dapat mengetahui penggunaan smartphone yang benar. Dengan mengetahui perlakuan yang benar dapat memperpanjang umur smartphone anda lebih awet. Salam.

Cara Mudah Atasi Baterai Tanam yang Kembung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dewi Hajar Ananda
Diberdayakan oleh Blogger.