Cara Mengembalikan MicroSD HP Android yang Pernah Dipartisi


Sebagian orang sering bingung bagaimana Mengembalikan SD Card Android yang Sudah Dipartisi. Karena terkadang Micro SD atau Memory Card yang sudah dipartisi ingin dikembalikan dengan beberapa alasan seperti misalnya sudah berganti HP yang memory iinternal lebih besar, atau Memory Card/Micro SD ingin dipakai di HP lain. Lalu, gimana Mengembalikan Memory Card/Micro SD yang Sudah Dipartisi?

Cara mengembalikan sd card yang sudah di partisi sebenarnya bisa dilakukan. Tetapi memang harus menggunakan bantuan pihak ketiga atau software lain yang sebelumnya kita harus mempersiapkannya.  Partisi adalah salah satu cara untuk membagi memori menjadi beberapa bagian. Manfaat dari mempartisi Memory Card/Micro SD adalah untuk aplikasi yang diinstall pada smartphone android tidak bisa dipindahkan ke SD Card agar internal memory tidak penuh. Biasanya digunakan bagi HP/Smartphone dengan memory internal terbatas, atau bagi yang maniak game dengan banyak install aplikasi game. Dengan melakukan partisi pada memori eksternal diharapkan kinerja smartphone akan lebih baik. Namun kadang hal ini bisa berakibat sebaliknya jika tidak sesuai harapan.

Anda bisa membacanya pada Cara Memperbesar Kapasitas RAM

Melakukan partisi SD Card bukan tanpa resiko. Jika kita salah melakukannya tentunya hal ini bisa merugikan bagi memori tersebut maupun bagi smartphone. Bagi yang sudah melakukan partisi pada memori eksternal atau SD Card dan ingin mengembalikan lagi agar smartphone kembali normal, anda bisa melakukan cara yang nanti akan kita coba bagikan. Untuk lebih jelasnya berikut cara mengembalikan kapasitas micro sd seperti semula


Cara Mengembalikan SD Card yang Sudah di Partisi

Cara Mengembalikan SD Card yang Sudah di Partisi


Ketika tempat instalasi aplikasi memakan Memory Card/Micro SD,  maka memori internal membantu dalam meningkatkan kinerja HP supaya tidak lebih berat. Itulah salah satu tujuan melakukan partisi SD Card. Tetapi hal ini tentu akan membagi isi dari SD Card tersebut sehingga ketika kita ingin menjadikan Micro SD tersebut ke kapasitas normal maka harus dilakukan perubahan juga. Kali ini kita akan bahas mengenai pengembalian kapasitas memori SD Card atau lebih dikenal dengan memori eksternal. Nah, kali ini kami akan memberikan tutorial Cara Mengembalikan MicroSD/ Memory Card Android yang Dipartisi.
  • Unduh aplikasi untuk mengembalikan SD Card anda. Aplikasi yang digunakan sama dengan cara anda mempartisi (disarankan menggunakan software MiniTool Partition Wizard)
  • Jangan lupa Back-up dahulu semua data yang ada di dalam Memory Card karena proses ini bsia menyebabkan data yang tersimpan pada SD Card akan hilang.
  • Copot Memory SD Card dari ponsel dan kemudian sambungkan SD Card ke PC/Laptop dengan menggunakan card Reader
  • Buka software MiniTool Partition Wizard, pilih SD Card yang akan dikembalikan partisinya kemudian beri nama Disk 2.
  • Lihat ada berapa jumlah ruang partisi, biasanya jika SD Card sudah pernah dipartisi maka didalamnya akan terdapat dua partisi
  • Klik kanan pada salah satu partisi, klik delete, lakukan pada kedua partisi. Klik kanan partisi yang satunya lagi, kemudian klik delete.
  • Jika semua sudah berhasil di delete maka anda sudah berhasil mengembalikan partisi. Dan Memory Card sudah kembali seperti baru.
Jika anda mengalami permasalahan memori penuh, anda bisa membaca cara mengatasi Muncul Memori Penuh di  Android

Demikian cara mengembalikan sd card yang sudah di partisi . Cara ini juga dapat digunakan untuk mengatur ulang ukuran partisi SD Card. Caranya mudah, tinggal klik Create kemudian atur ulang ukuran sesuai dengan kebutuhan anda. Penggunaan smartphone yang wajar sesuai pedoman pengguna dapat mengurangi resiko kerusakan akibat penggunaan. Semoga cara ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin mengembalikan kapasitas Micro SD nya seperti semula. Salam.

Cara Mengembalikan MicroSD HP Android yang Pernah Dipartisi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.