Rabu, 22 Mei 2019

Cara Memperbaiki HP Mati Total Baterai Tanam (non removable)


Pernah mengalami HP mati total tetapi disarankan untuk lepas baterai? Lalu jika hp kita menggunakan baterai tanam? bagaimana cara mengatasi HP Mati Total Baterai Tanam? apa yang harus kita lakukan jika tidak bsia dilakukan restart atau reset karena sudah mati total dan tidak bisa nyala sama sekali. Bagaimana menghidupkan hp baterai tanam jika kasusnya begini? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencoba memperbaiki hp yang mati total tetapi menggunakan baterai tanam.

Cara memperbaiki hp mati total baterai tanam tidak bisa dicas pun sebenarnya masih berpotensi untuk dilakukan perbaikan sendiri dan tidak harus datang ke tukang service sebenarnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencoba memperbaiki kasus ini. Memang pada prinsipnya kemungkinan besar terjadi adalah kerusakan pada hardware, tetapi tidak menutup kemungkinan juga hanya masalah software seperti misalnya kegagalan sistem booting, atau biasanya hp mati total setelah baterai habis dan dicas tidak masuk. Sebenarnya ada beberapa kasus lain jika menggunakan baterai tanam, diantaranya :

Pada prinsipnya sama saja, baterai yang tanam atau no-removable masih berpotensi untuk diperbaiki sekalipun mati total, tentunya tergantung tingkat kerusakannya. Nah ada beberapa cara mengatasi android mati total baterai tanam.

Cara Mengatasi HP Android Mati Total Baterai Tanam

Cara Mengatasi HP Android Mati Total Baterai Tanam

Hang pada baterai non-removable baterai juga bisa disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari software yang terlalu berat kinerjanya pada ram sehingga membuat hang dan mati total, juga karena baterai yang sudah lemah dipaksakan berjalan dengan beban berat sehingga langsung habis.

Nah bagi yang mengalami HP Mati total baterai tanam, ada beberapa yang bisa dilakukan sesuai dengan masalah atau kasus yang terjadi.

Cara Menghidupkan HP baterai tanam mati total

Jadi misal kasusnya hp tidak mau dinyalakan ketika baterai sudah habis atau 0% dan setelah dicolokkan ke charger tidak masuk dan tidak mau nyala. Kemungkinan besar ada sistem yang corrupt sehingga charging tidak bekerja sempurna. Untuk mengatasinya kita bisa melakukan pancingan dengan menyediakan charger 2 Ampere. Jika bingung beli saja di toko komponen elektronik biasanya paham. Charger ini berfungsi untuk membangkitkan arus yang masuk ke dalam baterai agar ketika ada daya masuk akan langsung mengisi. Tetapi jenis charger ini tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari karena secara kapasitas tidak sesuai. Gunakan hanya untuk kondisi-kondisi semacam ini saja. Jika daya sudah mengisi hingga di atas 15% maka coba nyalakan pada tombol power. Jika sudah menyala normal, yang perlu diingat adalah jangan sampai kehabisan baterai hingga mati karena secara sistem, smartphone anda tidak bisa bekerja ketika daya benar-benar habis.

HP tidak mau nyala Mati total baterai tanam setelah baterai habis

Jika cara pertama menghidupkan tidak ada hasilnya alias masalah masih tetap ada, cobalah untuk melakukan pengecekan jalur baterai dan melakukan jumper. Jangan lupa sebelumnya, sediakan alat-alat, antara lain:
  • Obeng HP kecil (+)
  • Solder
  • Kabel kecil 2 warna
  • power supply
Caranya buka casing hp android kamu hingga terlihat baterai tanam dan socketnya. Buka menggunakan obeng yang sudah disiapkan tadi. Jika hp masih masuk masa garansi, tidak disarankan melakukan ini. Jika masih masuk masa garansi ada baiknya datang ke service center HP terdekat yang bisa anda lakukan klaim garansi dan layanan service. Karena cara ini akan merusak segel garansi. Jika sudah tidak garansi, tidak ada salahnya mencoba memahami jalur dari baterai.

Setelah casing terbuka, copot baterai melalui socketnya dengan mencongkel perlahan menggunakan ujung obeng sampai kabel fleksibelnya terlihat. Copot kabel fleksibel dengan hati-hati dan cek koneksinya menggunakan multi tester. Cek kondisi hambatannya untuk mengetahui kabel masih bagus atau ada yang putus koneksinya. Setelah itu cek socket konektor yang menghubungkan charger dengan baterai. Pastikan tidak ada konektor yang patah atau hilang, Jika ada yang hilang maka kemungkinan besar pengisian tidak masuk. Hal ini bsia dilihat secara fisik, atau lakukan pencahayaan dengan senter karena unitnya sangat kecil.

Lakukan pengecekan juga pada ujung konektor yang menghubungkan pada body mesin hp. Jika ada yang putus maka lakukan penyolderan sesuai jalur sebelumnya. Ada beberapa jenis baterai tanam, ada yang menggunakan kabel fleksibel yang bisa dilepas, ada yang kabelnya langsung tersolder di body mesin sehingga tidak bisa dilepas sama sekali. Cara mengatasinya jika menemukan yang model ini, ada baiknya lakukan pengecekan kasat mata apakah ada bekas kabel terjepit atau putus. yang paling sering terjadi adalah putus koneksinya karena kabel terjepit. Jika perlu diganti maka gantilah dengan menggunakan solder dan kabel yang sudah disiapkan tadi. Lakukan pengecekan hambatannya menggunakan multi tester, jika jarum bergerak penuh artinya kondisi jalur koneksi tidak bermasalah. Atau jika menggunakan multi tester digital, ketika dicek hambatan seharusnya angka yang muncul 000 yang berarti jalur masih baik atau bagus.

Setelah baterai menyala, agar tidak terjadi masalah yang berulang ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tersebut terulang :
  • jangan sampai hp mati karena habis baterai total. Lakukan pengisian atau charging ketika indikator baterai sudah di bawah 10%
  • Lakukan kalibrasi baterai sehingga kondisi isi dari daya perangkat baterai yang ada didalamnya sesuai dengan display tampilan presentase, karena beberapa kasus hanya masalah ini saja, dimana jika di display menunjukkan angka kapasitas baterai masih tinggal 20% pada kenyataannya sebenarnya daya baterai sesungguhnya kurang dari 20% tersebut sehingga ketika indikator menunjukkan angka 5% artinya baterai sudah kosong sebenarnya.
  • Jangan mengecas di sembarang tempat seperti komputer, laptop, yang hanya dicolokkan kabel data saja. Juga jangan terlalu sering mengecas baterai di mobil atau menggunakan powerbank karena belum tentu kapasitas output dari charger tersebut bsia lebih rendah atau lebih tinggi dari yang disarankan untuk baterai, hal ini juga akan mempengaruhi kinerja baterai.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp mati total baterai tanam. Pada umumnya saat ini hampir semua smartphone sudah menggunakan baterai tanam sehingga cara-cara simpel seperti lepas baterai dan lain sejenisnya sudah tidak bisa lagi menjadi andalan karena secara system ada beberapa sistem yang mengharuskan update, dan juga berhenti. Semoga apa yang dipaparkan bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar atau pertanyaan, dan juga jangan sungkan berbagi masalah jika ada cara yang lebih baik dan lebih efektif, karena akan kita tambahkan agar bisa bermanfaat bagi pembaca lain, salam.

Cara Memperbaiki HP Mati Total Baterai Tanam (non removable) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dewi Hajar Ananda
Diberdayakan oleh Blogger.