Minggu, 15 Mei 2022

Cara Mudah Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air Suara Kresek-kresek


Mengatasi Speaker HP - Pernahkah kalian mengalami masalah speaker HP yang kemasukan air? Entah penyebabnya karena kehujanan, masuk kedalam bak mandi atau wastafel secara tidak sengaja, ketumpahan air minum, ketumpahan kuah sayur dan lain sebagainya, banyak sekali hal-hal yang mungkin terjadi. Komponen speaker yang mengalami kemasukan air, biasanya akan menghasilkan kualitas suara yang menjadi buruk, seperti kresek-kresek atau bahkan tidak mengeluarkan suara sama sekali.


Speaker HP yang kemasukan air, secara langsung maupun tidak langsung akan menimbulkan masalah error pada HP. Entah akan menyerang layar, menyerang komponen mesin atau juga menyerang speaker.
Pada kesempatan kali ini, secara spesifik kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi speaker yang kemasukan air. Speaker yang kemasukan air, pasti akan mengalami gangguan fungsi misalnya:

  • Mengeluarkan suara yang kecil
  • Suara menjadi tidak jelas
  • Suara menjadi pecah
  • Suara menjadi cempreng
  • Munculnya suara berisik atau kresek-kresek
  • Atau bahkan bisa juga speaker tidak bersuara sama sekali.


Jika hal tersebut diatas terjadi pada ponsel kamu sudah pasti kamu akan mengalami kesusahan, karena terganggunya aktifitas menggunakan HP, misalkan pada saat bertelepon suara menjadi tidak jelas atau kresek-kresek, maka hal itu sudah pasti sangat mengganggu kenyamanan kamu. Seperti kita ketahui, komponen speaker adalah komponen yang sangat sensitive, makanya jika Speaker kemasukan air maka akan memperngaruhi semua aktifitas menggunakan ponsel. 

 

Cara Mengatasi Speaker HP Android Kemasukan Air

Cara Mengatasi Speaker HP Android Kemasukan Air

Komponen speaker sendiri adalah komponen yang bisa dilakukan penggantian apabila mengalami kerusakan, tanpa harus mengganti dengan ponsel baru. Tapi saya sarankan kamu mencoba dulu cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ini, dengan kata lain jangan terburu-buru membawanya ke service center untuk melakukan penggantian komponen apalagi terburu-buru membeli HP baru. Bila memang cara yang saya bagikan dibawah akan membantu, tidak ada salahnya dicoba dulu.


Cara-cara yang bisa anda lakukan:


1. Periksa Pengaturan Volume HP
Untuk melakukan pengecekan ini, pastikan apakah benar-benar kurang jelas atau kurang keras? Karena terkadang masalahnya bukan dari air yang masuk, melainkan pengaturan volume itu sendiri. Maka cara berikut bisa kamu lakukan:

  • Pertama silahkan menuju menu Settings
  • Lalu buka menu Suara
  • Lalu atur Volume dengan menaikkan menjadi maximal
  • Lalu lakukan pengecekan  suara ini dengan memutar music di aplikasi music yang kamu miliki.
  • Pastikan lagi suaranya sudah kembali ataukah masih sama.

 

2. Menggunakan Kode untuk Test Speaker
Jika dengan melakukan cara pertama tapi tetap tidak berhasil, kamu bisa menggunakan kode dibawah untuk melakukan test Speaker, apakah benar rusak atau ternyata masih baik-baik saja. Untuk setiap merk HP memiliki kode yang berbeda-beda, jika yang saya tuliskan dibawah tidak sesuai dengan merk HP kamu, kamu bisa cari di google, kode yang sesuai dengan merk HP kamu. Step-stepnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Dial di HP
  • Silahkan ketik kode disesuaikan dengan merk HP kamu
    • kode HP Samsung *#0*#
    • kode HP Oppo *#800#
    • kode HP Vivo *#558#
    • kode HP Realme *#*#4636#*#*
    • kode HP Asus *#*#2664#*#*
    • kode HP Xiomi *#*#64663#*#*
  • Kemudian akan muncul halaman pengetesan Hardware
  • Kemudian cek Speaker dihalaman tersebut.
  • Metode ini diketahui cukup akurat, maka jika sudah menggunakan metode ini tetapi speaker HP tetap tidak berbunyi, berarti speaker benar-benar mengalami kerusakan.

 

3.  Speaker HP perlu dilakukan Pembersihan
Terkait dengan HP yang kemasukan air, biasanya masih tertinggal sisa-sisa embun di dalam Speaker. Maka perlu dilakukan pembersihan. Caranya dengan menggunakan jarum atau sejenisnya. Kamu bisa membersihkan perlahan bagian luar speaker dengan tujuan menghilangkan suara kresek-kresek, menurut pengalaman hal ini bisa sedikit membantu. Karena tiap tipe HP berbeda letak speakernya. Jika memang speaker terletak dibelakang HP maka perlu melakukan pembukaan casing bagian belakang HP terlebih dahulu. Untuk caranyapun kamu bisa mencari tutorialnya di Youtube disesuaikan dengan tipe dan merk HP kamu, dengan keyword bagaimana membuka casing belakang HP.
 

4. Keringkan dengan Menggunakan Hairdryer
Seperti kita ketahui, hairdryer mengeluarkan angin panas, dan ini bisa membantu untuk mengeringkan embun yag menempel pada speaker. Langkah penggunaan hairdryer:

  • Silahkan kamu nyalakan hairdryer
  • Arahkan ke Speaker  yang diduga kemasukan air
  • Beri jeda sedikit, misalnya 10 detik dipanaskan dan 5 detik didingingkan
  • Jangan lupa untuk mengatur suhu hairdyer ke mode paling rendah dengan tujuan agar suhu HP tidak terlalu tinggi ketika dikeringkan.

Cara ini biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki tipe HP baterai removable. Sehingga bisa melepas casing HP dan baterai juga untuk memaximalkan pengeringan bagian speaker yang terkena air tersebut.


5. Keringkan dengan Kipas Angin

Tidak semua orang memiliki hairdyer, maka mengeringkan dengan kipas angin adalah pilihan lain untuk dicoba. Caranyapun hampir sama. Arahkan kipas angin ke dalam speaker yang terkena air, tunggu sampai 3-5 jam baru dinyalakan dan cek kembali apakah masalah speaker sudah teratasi ataukah masih belum mengeluarkan suara yang normal.

6. Keringkan dengan Menggunakan Beras
Beras adalah media yang bisa digunakan untuk mengeringkan HP yang kemasukan air. Karena menurut riset, beras memiliki sifat menyerap air yang baik, sehingga bagian komponen yang lembab bisa dikeringkan termasuk speaker tersebut. Tidak sedikit pengguna yang menggunakan cara ini untuk mengeringkan HP yang habis terkena hujan. Langkahnya juga mudah sekali:

  • Siapkan beras secukupnya (diperkirakan HP kamu bisa tenggelam dalam semangkok beras tersebut.
  • Lepaskam casing dan baterainya (jika memang HP tipe removable baterai)
  • Kemudian kubur semua bagian HP kedalam beras tersebut dan tunggu semalaman atau lebih, maximal 2 sampai 3 hari
  • Setelah itu kamu bisa coba nyalakan kembali HP kamu dan cek lagi speakernya, apakah sudah bisa teratasi.

 

7. Service HP
Jika sudah mencoba cara-cara diatas dan ternyata masalah speaker HP belum juga teratasi juga maka ini adalah cara terakhir yang bisa kamu ambil segera. Yaitu dengan membawa HP kamu ke Service Center atau ke tempat service HP unuk melakukan penggantian komponen speaker. Karena sudah pasti speaker anda mengalami kerusakan. Karena penggantian ini terhitung tidaklah mudah, jika anda belum pernah mencoba mengganti speaker sebelumnya maka harus ditangani oleh orang yang ahli dalam bidang tersebut. Menurut riset pasar, kamu harus mempersiapkan budget 100rb hingga 300rb untuk penggantian komponen speaker tersebut  tergantung dari type dan merk HP kamu. Jika memang masih memiliki garansi biasanya akan mendapatkan keringanan biaya atau mungkin malah gratis. Tetapi memang membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Demikian diatas adalah beberapa rekomendasi yang bisa saya berikan mengenai bagaimana mengatasi speaker yang rusak karena kemasukan air. Diharapkan salah satu cara tersebut dapat membantu kamu tanpa harus melakukan penggantian komponen pada HP kesayangan kamu. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Terimakasih…

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.