Jumat, 20 Agustus 2021

Cara Ampuh Mengatasi Muncul Google terus Terhenti di HP Android


Mengatasi Android - Apa anda yang saat ini mengalami Muncul Google Terus Terhenti? Masalah ini sering sekali muncul akhir-akhir ini, dan ternyata juga sedang ramai diperbincangkan di media social. Dan entah kenapa belum lama ini menemui hal ini terjadi pada HP android saya, selalu ada notifikasi muncul didepan layar android atau biasa disebut pop-up yaitu keluar  tulisan “Google terus berhenti”  atau dalam Bahasa Inggris   “Google keep stoping.” Sekarang ini Muncul pertanyaan kenapa hal ini terus terjadi dan saya rasa ini hampir terjadi ke semua pengguna android tentunya. Sebenarnya mengatasi  masalah hp keluar tulisan “Google terus berhenti”  juga bisa dilakukan di Android anda dengan cara yang cukup gampang. Jika ini terjadi di HP android anda, anda tidak perlu panik untuk langsung mengganti HP anda.


Mengatasi Google terus terhenti, mungkin sering kali kita berfikir apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Kenapa dia terus Muncul di layar kita? Dan itu sangat mengganggu aktifitas kita menggunakan fungsi android lainnya, misalkan membuka sosmed dia muncul, bermain game dia muncul, melihat video diapun Muncul, jadi saya rasa ini sangat meresahkan sekali bukan? Karena hampir setiap hitungan detik dia tidak berhenti Muncul dilayar android anda. Lagi-lagi pasti anda mencari penyebab apa yang kemungkinan terjadi di android anda. Kemungkinan terbesar ialah Android kita terkena yang namanya force close di beberapa aplikasi misal Google search ini.


Munculnya Google keep stoping atau Berhenti dalam waktu tiba – tiba seperti itu bisa saja disebabkan oleh kinerja sistem operasi yang tidak lagi qualified dan memang kemungkinan besar membutuhkan spesifikasi lebih tinggi, yang mana artinya spesifikasi perangkat anda tidak sama sekali bisa mendukung untuk menjalankan aplikasi tersebut. Dan jika sesuatu seperti ini terus dipaksa untuk melakukan sesuatu beban berat, maka ada beberapa, Sebagian, atau bahkan hampir semua aplikasi akan mengalami yang namanya crash dan yang terjadi adalah sering terhenti dengan sendirinya.

 

Cara Ampuh Mengatasi Muncul Google terus Terhenti di HP Android

Cara Mengatasi Muncul Google terus Terhenti di HP Android


Sekarang saya akan membagikan cara mudah apa yang sudah saya lakukan untuk mengatasi “google keep stopping” menurut riset yang sudah saya lakukan.

Yuk simak Langkah-langkahnya ya..

1.    Menghapus Data/ Clear Data
Penghapusan ini dirancang untuk membersihkan file sampah yang terdapat dalam aplikasi pencarian Google, dan kurang lebih digunakan sebagai alat untuk mengurangi beban pada ruang memori (penyimpanan internal dan eksternal).


Jika menurut Anda penyimpanan internal Anda penuh, Anda perlu mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Jika Anda menemukannya, lanjutkan ke langkah berikutnya untuk menghapus data untuk aplikasi Google ini. Cara nya sangat-sangat mudah dan  simpel yaitu:

  • Masuk Ke Menu Setting
  • Buka Aplikasi Terinstal/ Semua
  • Lalu Pilih Google Penelusuran
  • Terakhir Pilih Opsi Clear Data/ Hapus Data.


Coba lakukan ini atau buka aplikasi setelah proses pembersihan ini dan lihat apakah masih Muncul tulisan “google terus berhenti” atau malah sudah berfungsi normal seperti semula.



2.    Update OS Android
Memperbarui sistem operasi pada smartphone adalah sesuatu yang perlu dilakukan ketika pengembang sistem operasi melakukan pembaruan sistem, tetapi tidak berlaku untuk ponsel yang memiliki ROM kustom, karena jika Anda memperbarui melalui perangkat pembaruan sistem dalam konfigurasi menu, apa yang terjadi adalah tampilan bootloop atau hardbrick.
Untuk Android yang masih fresh atau bisa dibilang bahwa sama sekali belum terkena sentuhan-sentuhan yang namanya sistem rooting, maka jauh lebih baiknya anda segera melakukan update OS untuk segera mendapatkan dan menikmati fitur terbaru supaya masalah force close ini akan segara tertangani dengan mudah.


Caranya cukup mudah yaitu:

  • Buka menu Setting
  • Buka menu Tentang Ponsel
  • Lalu buka menu Pembaruan Sistem
  • Tunggu hingga proses pembaruan selesai


Satu hal yang sangat perlu diperhatikan adalah  selama proses ini berlangsung jangan sesekali anda mencoba untuk  keluar dari menu itu karena jika anda ternyata mencoba untuk keluar hal yang akan terjadi adalah kerusakan pada sistem OS Android anda dan kemungkinan besar akan mengalami gagal booting. Dan tentunya tidak lupa saya mengingatkan saja bahwa proses memperbaharui ini, anda harus memiliki kuota internet banyak dan daya baterai penuh juga, jadi anda wajib memastikan kedua syarat tersebut terpenuhi semua dalam keadaan aman agar proses pembaruan ini berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan sedikitpun hingga proses berakhir.



3.    Perbarui aplikasi Google
Dan tanpa disadari, terkadang masalahnya ada di aplikasi itu sendiri. Jadi, coba perbarui aplikasi Google dari Play Store. Untuk melakukannya, buka Play Store dan cari di Google >> Pembaruan aplikasi dengan logo Google.



4.    Hapus Cache Android
Cara ini saya sarankan untuk yang benar-benar ahli saja. Karena jika Anda tidak mahir dalam operasi tersebut, yang saya  khawatirkan adalah akan terjadi masalah serius selama proses kesalahan penghapusan cache ini.


Caranya adalah dengan membuka menu TWRP atau CWM di Android, biasanya melalui aplikasi atau langsung melalui tombol power + volume down untuk membukanya. Perlu diingat cara manual ini akan terasa berbeda jika menggunakan seri hp yang berbeda, saya sudah mengujinya di android xiaomi redmi 2 dan semua tipe lenovo, dan terbukti aplikasipun bekerja dengan sempurna.



5.    Hapus Data Android
Sama halnya dengan proses hapus cache namun cara ini lebih ekstrim dan bisa dibilang akan menghilangkan semua data instalan di android anda. Jadi sebelum melakukan hapus data ini saya tegaskan sekali lagi anda harus berani mengambil resiko yang akan terjadi kedepannya serta harus melakukan backup ROM sama data aplikasi ataupun berkas yang tersimpan pada memori internal anda.
Hapus data ini hampir sama dengan cara diatas, tinggal anda memilih hapus data / factory reset.
Nantinya ketika proses ini berhasil maka andorid anda akan terasa lebih prima kembali seperti bawaan pabrik pada saat awal anda membeli baru, sebab aplikasi terinstal hanya beberapa saja dan masih pengaturan pabrik. Saya sarankan sebelum melakukan ini anda harus membackup terlebih dahulu apa yang tersimpan didalam android supaya tidak ikut terhapus dalam proses ini.



Jadi , demikian Cara Mengatasi Google Terhenti yang bisa saya sampaikan mengenai cara mudah dan simple bagaimana cara memperbaiki “Google terus berhenti” atau biasa yang disebut “google keeps stoping” di android anda. Dan Perlu diketahui, menu pengaturan di sebagian HP Android mungkin berbeda-beda jadi bisa anda sesuaikan sendiri dengan Langkah- Langkah yang menurut anda lebih mudah ya.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.