Kamis, 09 April 2020

Androidmu Lemot? 6 Cara Cepat Bikin Android Tidak Lemot


Android Lemot - Apakah kamu sudah mulai merasakan android kamu lemot? Pada dasarnya semua perangkat komputasi seperti gadget, laptop, smartphone dan lain sebagainya akan mengalami pelambatan seiring penggunaan. Jika system bekerja dengan baik, mereka cenderung terus bekerja. Komputer, laptop, ponsel, tablet dll memperlambat dengan penggunaan karena mereka mengumpulkan data dan sampah. Mereka juga melambat karena ketika ada terlalu banyak aplikasi, yang akan Anda miliki pada smartphone maka sumber kinerja pada RAM dan penyimpanan internal menjadi berkurang ruang kosongnya sehingga menyebabkan proses menjadi berbeda dari sebelumnya. Maka jangan heran bila smartphone android anda setelah satu tahun kinerjanya berbeda dengan pertama anda menggunakannya.

Mengapa android lemot dan bagaimana cara mempercepat android lemot sebenarnya cukup mudah dengan beberapa cara dan langkah yang simpel. Ketika anda mengalami kinerja yang lemot, apa yang harus anda lakukan? Tampaknya butuh waktu lebih lama untuk merespons, seolah-olah kinerjanya telah menurun. Apakah sudah waktunya untuk mengubahnya? Mungkin ya dan tidak, itu semua tergantung pada empat alasan yang harus kita periksa sebelum mengambil langkah. Kita akan memberikan 6 cara yang bisa anda coba untuk membuat smartphone android tidak lemot

Cara Mempercepat Kinerja Android yang Sudah Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Android yang Sudah Lemot


Cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat

Ini adalah alasan mengapa enam bulan setelah Anda membeli telepon baru Anda yang mengkilap, Anda mulai merasa sudah sangat lambat. Ketika telepon baru, itu sangat cepat. Tapi sekarang Anda mulai merasakan kelambatan, mulai melihat aplikasi memuat dengan lambat. Apa solusinya?

Penyebab lain yang menambah yang sebelumnya adalah ruang. Sudah waktunya untuk membersihkan riwayat browser - tugas yang seharusnya rutin setiap bulan misalnya -, periksa cache, lihat apakah ada aplikasi yang perlu atau dapat dihapus, dan tinjau ratusan foto dan video untuk menyalinnya ke PC atau kartu microSD. Karena apa pun yang membebaskan ruang dan membersihkan 'sampah' akan bagus untuk kinerja dari smartphone..

Kami memberi tahu Anda 6 perbaikan cepat yang akan membuat ponsel Anda cepat lagi, hampir secepat ketika Anda membelinya :

Gunakan Aplikasi Launched Bawaan
Beberapa orang sering menggunakan aplikasi Launched pihak ketiga yang mungkin bisa membahayakan dan juga lebih berat untuk kinerja smartphone android kita. Aplikasi launcher adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengubah tampilan menu di android. Mungkin banyak yang menyebut skin. Perhatikan jika ingin menggunakan aplikasi launched untuk anda, perhatikan berapa ukuran dari total aplikasi tersebut jangan sampai membuat berat dari kinerja RAM di smartphone anda.

Copot aplikasi Security pihak ketiga 
Ada beberapa yang bisa jadi alternatif untuk mencopot aplikasi, diantaranya aplikasi keamanan yang diinstal sendiri, aplikasi antivirus, dan lain sebagainya karena pada dasarnya dari android bawaan sudah memiliki sistem security yang baik.

Rutin Bersihkan Cache Aplikasi
Jangan mengandalkan aplikasi pembersih. Ada baiknya bersihkan secara manual dengan cara:
  • Masuk ke pengaturan kemudian pilih manager aplikasi
  • kemudian klik aplikasi yang sering anda gunakan
  • Setelah itu klik Bersihkan Cache
 Hal ini lebih efektif daripada mengandalkan aplikasi pengoptimalan atau aplikasi pembersih pihak ketiga yang kadang malah membuat kinerja smartphone semakin berat.

Matikan Aplikasi Tidak Digunakan
Beberapa smartphone khususnya yang tidak di Root, biasanya ada aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus. Lakukan nonaktifkan aplikasi di masing-masing aplikasi seperti google plus, aplikasi google hangout, dll. Masuk ke pengaturan seperti tadi, kemudian klik aplikasinya dan nonaktifkan. Ini akan membantu kinerja RAM menjadi lebih ringan.

Rutin hapus Database Whatsapp
Nah ini yang sering tidak diketahui orang bahwa Whatsapp sangat besar penggunaan memori dan RAM nya. Lakukan pembersihan beberapa data whatsapp yang tidak diperlukan. Caranya :
  • Masuk ke File Manager
  • Klik folder Whatsapp
  • Pilih Database
  • Hapus back-up data yang telah lewat, sisakan msgstore.db.crypt12 dan 2 backup tanggal terakhir sehingga disitu tinggal 3 file saja
  • Jika anda memiliki banyak grup, cek folder media, anda bisa menghapus stiker yang tersimpan dan juga media seperti gambar dan video yang tidak penting

Nah, jika anda pengguna aplikasi Mesengger lain seperti Telegram, juga bisa anda lakukan penghapusan media melalui folder file manager di folder sesuai nama aplikasinya.

Lakukan Pembaruan untuk Sistem Operasi
Android dan iOS diperbarui setiap tahun, sehingga dari 12 hingga 12 bulan ada versi baru dari sistem operasi yang lebih kompleks, terkini, dan dengan fungsi-fungsi baru yang dirancang untuk memanfaatkan ponsel terbaru di pasaran. Jika Anda memiliki model dengan beberapa atau tiga tahun di pasaran, Anda dapat mempertimbangkan untuk tidak menerima pembaruan dan tetap menggunakan OS lama. Bahkan jika pembaruan keamanan tidak keluar untuk versi Android Anda, Anda selalu dapat gunakan versi 'custom'. Jika ponsel berusia + 3 tahun, sarannya adalah Anda perlu ganti smartphone.

Demikian beberapa cara agar android tidak lemot yang bisa anda coba untuk meningkatkan kinerja android yang lemot. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar jika ada yang kurang tepat sehingga bisa bermanfaat bagi pembaca selanjutnya. Salam.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.