Selasa, 21 September 2021

Ampuh! Gini Cara Atasi Layar HP yang Sering Berkedip dan Muncul Garis


Klinik Ponsel - Masalah kinerja Layar HP android, jika di telaah kembali memang jarang mengalami kerusakan, entah itu berkedip ataupun bergaris. Dan meskipun masalah LCD Android Bergaris dan Berkedip muncul di HP android anda, itu karena sudah bisa dipastikan anda sudah menggunakan android tersebut dalam pemakaian yang memang bisa dibilang cukup lama, maka wajar jika masalah itu Muncul. 


Layar Touchscreen sering berkedip jika kita melakukan riset, ada beberapa macam kerusakan yang bisa terjadi di layar HP Anda. Misalnya, layar bergerak sendiri, berubah warna (biasanya layar akan berubah warna menjadi kuning), bergaris-garis, berkedip-kedip ataukah sampai samasekali tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dan semua itu terjadi bukan tanpa sebab, pasti banyak factor pemicu yang kita tidak pernah sempat kita menyadarinya. Seringkali tanpa sadar didalam tas atau saku kita, HP Android ini mengalami tekanan dilayar tengahnya, itupun bisa menjadi factor pemicu yang dalam jangka panjang bisa menyebabkan layar HP ini bermasalah.

 

Sebetulnya pembahasan mengenai layar sudah banyak kita jelaskan, seperti :


Pada artikel saya kali ini, saya akan membagikan tips-tips yang sudah saya lakukan untuk mengatasi masalah pada layar HP, dan kali ini spesifikasinya adalah masalah layar HP berkedip dan bergaris.
Dan untuk masalah ini, bisa saja Muncul di semua Merk HP. Mulai dari merek yang hype sampai yang biasa saja. Dari yang harga selangit, sampai harga standart. Mulai dari Samsung, Xiaomi, ASUS, OPPO, Lenovo, dan merk-merk HP lainya yang belakangan ini banyak sekali bermunculan di pasaran.
Jadi anda tak perlu risau dan panik, tak perlu pula terburu-buru untuk membawa HP anda ke service centernya. Karena sebenarnya bisa kita lakukan perbaikan sendiri tanpa perlu perbaikan serius atau penggantian perangkat. Tetapi Kembali pada tingkat kerusakan pada HP android anda, karena sebenarnya ada banyak sekali tingkatan kerusakan tergantung penyebab kenapa hp tersebut mengalami kerusakan ini. Mari kita simak perlahan dan bersama2 mengenai cara yang bisa anda coba sendiri dirumah.

Cara Mengatasi Layar Berkedip dan Muncul Garis

Cara Mengatasi Layar Berkedip dan Muncul Garis

CARA MENGATASI TOUCHSCREEN BERKEDIP

Yang terkadang menjadi pertanyaan dalam benak anda adalah apa penyebab layar HP berkedip, sedangkan anda merasa HP ini sebelumnya sehat-sehat saja, tidak pernah jatuh ataupun tidak pernah masuk ke dalam air. Terlepas dari masalah itu, biasanya penyebab masalah ini bisa saja berhubungan dengan komponen, lebih spesifiknya adalah bagian LCD nya yang memang sedikit rawan. Entah itu terjadi pada layar LCD nya ataukah pada socketnya, kitapun harus mencari tau dulu, karena ini menentukan, bagaimana nanti kita kan memperbaiki masalah ini.


Dan setelah sedikit banyak kita membahas penyebab munculnya masalah layar berkedip pada layar android, tentunya kita sudah bisa mengetahui cara perbaikan apa yang tepat yang bisa kita lakukan segera agar layar HP berkedip segera kembali normal dan tentunya kita harus mencari cara bagaimana  mencegah hal itu terjadi lagi. Karena tidak bisa dipungkiri hal ini cukup mengganggu aktifitas kita sehari-hari dalam menggunakan HP tersebut.


Dan Langkah apakah yang paling awal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki masalah pada layar HP anda ini, berikut akan saya bedah satu persatu.  

 

Non-Aktif Adaptif Layar Otomatis

Seperti diketahui, Sekarang ini beberapa ponsel menggunakan setingan otomatis adaptif, sehingga layar bisa redup dan terang secara otomatis mengikuti tingkat kecerahan ruangan sekitar, tanpa harus repot terus mengatur kecerahan layar secara manual. Namun, penggunaan ini secara intens terus menerus akan membuat fungsi sensor fotometrik bisa menjadi error. 


Ciri-ciri awal yang bisa kita tandai adalah denagan berubahnya layar gelap sendiri atau terang sendiri secara tiba-tiba tanpa kita menyentuh pengaturan layar. Kemudian tidak menutup kemungkinan layar mulai berkedip dan bergaris. Dan yang terakhir ditandai dengan layar terus menjadi berkedip tanpa henti, tanpa jeda dan sangat menggangu. Agar semua itu tidak berlanjut, matikan fungsi kecerahan otomatis, hal ini akan membantu mengurangi efek berkedip pada layar hp anda.   

 

Hapus atau Uninstall Aplikasi Booster

Saat ini aplikasi Booster sudah sangat menjamur, diketahui karena kerja dari aplikasi ini bisa untuk mempercepat kinerja ponsel, dengan cara mebebaskan RAM. Tetapi perlu di ingat juga bahwasanya jika kinerja nya termasuk membersihkan file system, justru akan memberikan efek yang buruk, misalnya memperberat kinerja ponsel anda. Oleh karenanya, silahkan uninstall aplikasi booster dan lakukan restart smartphone untuk mendapatkan hasil layar yang tidak lagi berkedip.

 

Stop pemakaian Smartphone saat kondisi panas

Atau juga biasa disebut overheating, dan tidak bisa dipungkiri, itulah salah satu factor utama kerusakan pada android anda, dan didalamnya adalah masalah hp android berkedip ini. Jika anda sudah merasakan panas pada ponsel yang anda gunakan, itu dikarenakan kemungkinan sudah terlalu lama aplikasi berat bekerja seperti bermain game misalnya. 


Maka dari itu segera berhenti memakai hp anda, karena jika sering diabaikan dan tidak segera dihentikan penggunaan saat overheating ini, maka akan terus menerus memperparah kerusakan yang terjadi pada layar smartphone kesayangan anda ini.



CARA MENGATASI TOUCHSCREEN BERGARIS

Sedangkan untuk mengatasi layar HP yang bergaris, anda bisa melakukan hal berikut:

 

Setting opsi Pengembang

Opsi Pengembang (developer) adalah pengaturan lanjutan dari setelan HP Android dengan cara yang lebih lengkap dan lebih mendalam. Untuk mengaktifkan berikut Langkah-langkah yang harus diperhatikan

  • Buka setelan HP
  • Masuk ke Tentang Ponsel
  • Cari Nomor Bentukan, lalu klik sebanyak 5 kali atau 7 kali biasanya sampai Muncul pop-up “ anda telah menjadi pengembang”


Kemudian selanjutnya anda bisa lakukan seperti dibawah

  • Buka setelan, lalu masuk ke Opsi Pengembang
  • Geser kebawah untuk mencari kolom Randering
  •  Centang opsi Nonaktifkan Overlay HW


 

Menggunakan Aplikasi LCD Fixer

Pada android, terdapat beberapa aplikasi yang dikembangkan untuk menjadi salah satu cara mengatasi layar bergaris atau masalah lainnya. Misalnya seperti Dead Pixels Test and Fix.
Hal ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang mempunyai HP dengan layar bergaris.
Berikut langkahnya:

  • Install aplikasi Dead Pixels Test and Fix
  • Buka aplikasinya seperti biasa.
  • Ketuk check Dead Pixels dan Fix Dead Pixels
  • Untuk memulai memperbaiki.
  • Jika anda sudah melakukannya tinggal menunggu saja maka hasilnya akan segera terlihat.


Beberapa cara diatas untuk mengatasi masalah layar Android berkedip ataupun bergaris ini bisa anda lakukan sendiri dirumah tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih. Namun untuk penggantian hardware anda wajib berkonsultasi dengan ahlinya yang sudah profesional dan biasa mengganti. Dan tentunya anda harus mempersiapkan budget untuk ini.


Demikian paparan mengenai cara mengatasi layar HP Android yang berkedip ataupun bergaris yang tentunya bisa anda coba lakukan sendiri. Terimakasih kunjungannya semoga bisa memberikan solusi keresahan terhadap masalah yang sedang anda alami pada android kesayangan anda.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.