Minggu, 01 September 2019

Telpon Sering Berakhir Sendiri di Xiaomi? Ikuti Cara Mengatasinya


Tips Xiaomi - Ada teman yang mengeluhkan nelpon langsung berakhir kenapa? bagaimana cara mengatasi telepon berakhir sendiri? atau mungkin mengenai pengaturan pembatasan panggilan yang padahal tidak dilakukan pengalihan. Pada dasarnya, baik hp Xiaomi atau hp merek lain untuk pengaturan dan cara kerjanya sama. Kadang hanya beda fitur interfacenya yang menjadikan perbedaan. Dalam kasus menelpon yang berakhir kemungkinan juga hanya masalah setingan atau kemungkinan besar bukan pada Hp atau ponselnya melainkan provider yang digunakan.

Xiaomi tidak bisa telepon keluar misalnya, hal ini berarti akibat dari provider yang menemukan sinyal kurang baik. Tetapi penangkapan sinyal juga bergantung pada kesiapan dari smartphone yang digunakan bahwa masih dalam kondisi normal baik penangkapan sinyal maupun sistem dari androidnya itu sendiri. Lalu bagaimana jika ada masalah nelpon sering mati sendiri atau panggilan sering berakhir? ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk memperbaiki masalah ini.

Mengatasi HP Xiaomi panggilan Sering Berakhir Sendiri


Jika panggilan berakhir atau tidak bisa menelpon keluar, di Xiaomi ada beberapa setingan yang lumayan beda dengan ponsel lain, diantaranya setingan jaringan yang bila diseting 4G LTE only maka secara otomatis hanya jaringan internet saja, tidak bisa melakukan panggilan keluar.

Penyebab Xiaomi tidak bisa Menelpon Keluar

Sebenarnya hal ini hanya setingan saja, ada beberapa setingan yang perlu dicek atau diubah, antara lain:

1. Setingan Jaringan

Pada hp Xiaomi, jika menggunakan setingan jaringan 4G LTE Only maka artinya hanya memprioritaskan penggunaan jaringan pada jaringan 4G saja yaitu internet, sehingga menyebabkan gangguan pada panggilan keluar. Meski panggilan masuk masih bisa kita terima tetapi saat melakukan panggilan keluar maka akan menyebabkan panggilan berakhir atau tidak berhasil melakukan telpon keluar.

Solusinya: Ubah setingan jaringan dengan cara:
  • Buka menu setelan atau setting
  • Kemudian pilih "About", jika bahasa indonesia berarti pilih menu "Tentang Ponsel"
  • Setelah itu, pada menu Penyimpanan Internal, ketuk secara cepat selama 5 kali agar muncul menu baru
  • Jika berhasil akan muncul menu informasi telepon, baterai, statistik, dan juga informasi Wifi. 
  • Informasi telepon 1 untuk SIM 1 dan Informasi telepon 2 untuk pengaturan SIM 2
  • pilih salah satu, dan lihat pada Jenis jaringan atau Network Type
  • Jika disitu yang terpilih adalah LTE Only, maka ubah agar anda bisa internetan dengan jaringan 4G dan juga bisa menerima atau melakukan panggilan, silahkan pilih saja opsi LTE/GSM auto (PRL) atau TD-SCDMA, GSM/WCDMA and LTE atau yang semacamnya.

2. ROM Unoffocial

Ada beberapa hp Xiaomi di indonesia sebagian menggunakan ROM bukan resmi dari pihak Xiaomi sehingga biasanya sudah dilakukan modif dan kadang sering muncul bugs iklan. Jika hp xiaomi anda menggunakan ROM bukan asli, modifikasi dari ROM tersebut kemungkinan menyebabkan telepon keluar terganggu.

Cara Membedakan ROM Xiaomi Asli dan Palsu

Ciri-ciri yang paling terlihat jika ROM bukan asli adalah kadang muncul notifikasi yang isinya iklan saat hp sedang diam, atau bisa juga dengan melihat versi. Rom Xiaomi distributor yang bukan asli biasanya mengandung 5 block number atau lebih yang dipisahkan 4 titik seperti V1.6.0.1.0, walaupun tertera tulisan Global. Jika pada nomor versi xiaomi terdiri dari 4 blok digit yang dipisahkan 3 titik (contoh: v2.1.2.0) itu artinya Versi ROM Xiaomi anda original atau official (asli dari xiaomi). Jika bahasa yang tersedia hanya inggris dan cina maka ROMnya adalah Official cina (100 % asli) namun jika bahasa yang tersedia ada bahasa indonesia dan bahasa lainnya maka versi rom berarti Global official (100% asli)

Jika ROM tidak asli, maka mau nggak mau harus melakukan penggantian untuk memperbaiki masalah telepon keluar.


3. System Corrupt

Selain dua penyebab tersebut, kemungkinan juga pada sistem android sendiri yang bermasalah. Dalam satu kesatuan bagian sistem operasi, pengaturan telepon juga termasuk didalamnya sehingga jika ada masalah pada system, kemungkinan akan berdampak pada telepon keluar. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan resystem atau update versi android. Cobalah untuk melakukan penggantian system android meskipun dengan versi yang sama untuk memperbaiki system yang bermasalah. Dengan melakukan pembaharuan sistem diharapkan semua file yang corrupt bisa menjadi normal kembali termasuk untuk panggilan keluar.


Jika Xiaomi tidak ada suaranya, anda bisa mencoba memperbaikinya dengan beberapa langkah, simak di Cara Mengatasi Hp Xiaomi tidak ada Suara


 4. Fixed Dialing Number Aktif

Selain beberapa masalah di atas, jangan lupa juga untuk mengecek Setingan FDN. FDN atau fixed dialing number merupakan salah satu fitur yang digunakan untuk membatasi panggilan keluar. Jadi jika fitur aktif maka semua panggilan yang tidak terdaftar dalam FDN tidak bisa kita hubungi.

Untuk menonaktifkan fitur ini, caranya :
  • Masuk ke Menu kemudian Buka panggilan telepon
  • Pada titik tiga kanan atas, klik menu setelan
  • Pastikan fitur pembatasan panggilan tidak aktif

Demikian beberapa cara mengatasi telepon keluar gagal di Xiaomi atau telepon berakhir yang tanpa sebab padahal sinyal penuh. Dengan beberapa paparan di atas semoga salah satunya bisa menjadi solusi anda yang sedang menghadapi masalah telepon sering berakhir di Xiaomi. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar jika ada saran atau ada cara terbaru yang lebih efektif agar bisa kami lakukan update sehingga bisa dinikmati semua pembaca dan bermanfaat bagi orang lain. Salam.


Telpon Sering Berakhir Sendiri di Xiaomi? Ikuti Cara Mengatasinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dewi Hajar Ananda
Diberdayakan oleh Blogger.