ZenPower 6000, PowerBank dari ASUS dengan Desain Optimal Daya Maksimal Dimensi Minimal


DandanPonsel - Ada yang mencari rekomendasi PowerBank Bagus dan Murah? Nah kali ini kita akan ngomongin si mungil yang menurut saya cukup menjawab beberapa keluhan pengguna smartphone dengan segala kebiasaannya. Yup, PowerBank satu ini kalau boleh bilang cukup perfect lah untuk menutupi beberapa kekurangan-kekurangan dari produk-produk sejenis yang sebelumnya. Asus ZenPower 6000 Slim menjawab semuanya. Apa saja yang ditawarkan? mari kita tengok bersama lebih detail.

Powerbank Asus ZenPower Slim 6000 ini mampu menjawab keluhan PowerBank yang Berat, Gede dan susah dimasukkan saku, Powerbank yang cepat habis, Powerbank yang lama penuh, Powerbank yang desainnya monoton, atau powerbank yang mudah rusak. Beberapa keluhan di atas mampu ditepiskan oleh produk pabrikan Asus kali ini. Untuk lebih jelasnya kita akan mengulas semuanya.

Powerbank Asus ZenPower Slim 6000

Powerbank Asus cepat mengisi fast charging

Nah, Pertama kali pegang sepertinya bakal repot nih bawa Powerbank metal gini. Pasti berat. Itulah kesan pertama yang mungkin saya rasakan. Tetapi setelah mencoba 2 hari dan langsung dibawa untuk ke luar kota, ternyata Powerbank ini sangat membantu. Berbeda dengan Powerbank milik saya sebelumnya yang ukurannya besar dan susah dimasukkan kantong kemeja, juga pengisiannya lama jika sudah habis. Bersama Powerbank Asus ZenPower Slim 6000 ini tidak ada kendala masalah tersebut. Setelah saya membaca spesifikasinya, ternyata memang cukup komplit dan sangat recomended banget bagi pendamping ketika bepergian.


Membaca spesifikasinya, dengan kapasitas 6000 mAh, Powerbank ini cuma memilki berat 170 gram. Dengan sebungkus rokok isi penuh mungkin hampir sama beratnya. Terlebih dengan lapisan cover Alumunium Anodized yang tidak harus khawatir pecah atau rusak ketika terkena benturan. Oke langsung saja beberapa kelebihan dan kenapa harus pakai PowerBank ini yang membuat masalah terjawab.

Mengapa Harus Powerbank Asus ZenPower Slim 6000?

Layaknya sebuah produk biasanya adalah untuk mengatasi suatu masalah. Adanya powerbank diciptakan untuk mengatasi masalah kehabisan baterai dan menginginkan pengisian baterai secara portable, maka muncul Powerbank. Setelah penggunaan powerbank, muncul masalah lain terkait penggunaan. Apa saja?

PowerBank Kebesaran, Ribet Dibawa
Nah, salah satu masalah klasik yang sering dialami terjawab oleh adanya Powerbank Asus ZenPower Slim 6000 ini. Dengan dimensi hanya sebesar bungkus rokok, powerbank ini bsia muat di saku kemeja, bahkan di saku celana depan tanpa harus terganggu terganjal karena cukup kecil. Terlebih mengusung desain slim yang cukup tipis, tidak lebih dari 2 cm sehingga cukup nyaman di dalam saku.

PowerBank Kebanyakan Lama Ngisinya, Tapi Cepet Habisnya
Asus Powerbank ZenPower Slim 6000 ini memiliki kemampuan mengisi daya yang cukup cepat untuk baterai smartphone. Menggunakan type baterai cell Rechargeable lithium-polymer didalamnya yang mampu mengisi daya 5,1 Volt dengan daya 2,4 Ampere. Untuk recharging-nya juga secepat performanya dalam mengisi daya baterai smartphone.

Kalau PowerBank Kecil, Daya Bakal Kecil
Kata siapa? Powerbank Asus ZenPower ini meski dimensinya kecil memiliki mAh sebesar 6000 mAh. Sangat cukup untuk pengisian baterai hingga 3x charging untuk standart smartphone saat ini.

Kalau PowerBank Kecil, Mudah Rusak/Pecah Karna Dikantongin
Itulah kenapa Powerbank Asus ZenPower Slim ini menggunakan bahan alumunium anotized yang mampu melindungi cell baterai didalamnya dan mengantisipasi adanya benturan keras atau terjatuh.

Bentuk Powerbank Monoton
Ini juga merupakan salah satu keunggulan dari Asus ZenPower Slim 6000 yang memiliki desain sangat futuristik. Dibalut warna merah tua dengan kesan elegan karena berbahan alumunium, Asus ZenPower Slim 6000 terlihat sangat modern. Digenggam pun sangat ergonomis karena beratnya juga hanya 170 gram saja. Meski sangat mengedepankan desain, secara fungsional pun tidak ketinggalan. Di sisi atas body terdapat empat bagian yakni dari kiri ke kanan ada USB (output) port, micro USB (input) port, LED indicators sebagai penunjuk indikator isi daya, dan juga Power button. Di sisi bagian bawah terdapat tulisan 6000 besar yang juga sangat stylish.

Kalau PowerBank Kecil, Biasanya Cepet Rusak atau Merusak HP
Inilah bedanya dengan PowerBank Lain. Dengan Rated Capacity 5,1 V/3800 mAh(19Wh), ASUS ZenPower Slim 6000 sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang disebut ASUS PowerSafe Technology, yang diantaranya :
  • Temperature Protection, menjaga suhu baterai lithium agar tetap dalam kisaran yang aman.
  • Short circuit Protection, detektor pencegah korsleting akibat arus pendek.
  • Rest Protection, proteksi yang terdapat pada tombol power untuk mereset power bank bila bermasalah. Fitur ini jarang dimiliki power bank pada umumnya.
  • Input Over Voltage Protection, pendeteksi tegangan input yang berlebih untuk mencegah gadget rusak dari input tegangan yang tidak normal.
  • Output Over Voltage Protection, pendeteksi tegangan output yang berlebih untuk mencegah gadget rusak dari output tegangan yang tidak normal.
  • Input Reverse Direction Protection, indikator peringatan bila kabel charger terhubung ke input dan output sekaligus, demi mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.
  • Over Charge/ Over Discharge Protection, fitur ini untuk mematikan proses pengisian saat daya sudah terisi penuh.
  • Output Over Current Protection, fitur untuk menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).
  • Cell PTC Protection, fitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai.
  • Adapter Protection, perlindungan terhadap konektor atau kabel dari Asus Powersafe Technology sehingga aman selama charging.
  • JEITA protection, teknologi yang mampu memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik.

Kalau PowerBank Gitu mah Pasti Harganya Mahal
Enggak kok. PowerBank Asus ZenPower Slim kali ini cuma dibanderol di angka 200 ribuan. Apalagi jika anda membeli di beberapa marketplace yang sedang gencar promo. Biasanya akan ada voucher potongan. Jadi siap-siap aja hunting promonya.


Bisa dibilang nyaris perfect untuk ukuran powerbank yang bsia dibawa bagi para traveller atau orang-orang yang sering berlibur yang harus selalu online seperti vlogger atau blogger traveller. Ya, kalau mau dicari-cari kekurangannya sih paling pada port yang kebanyakan saat ini Powerbank yang beredar biasanya port pengisian tidak hanya satu karena saat ini semua perangkat elektronik membutuhkan charging. Jika ada 2 port USB misalnya, seharusnya kita bisa mengisi daya smartphone sekaligus kamera, atau gadget lainnya. Sayang kan powerbank fast charging secepat itu tidak dimaksimalkan penggunaanya.

Mungkin itu aja yang bisa saya rekomendasikan buat yang hari-harinya sering di luar rumah dan sedang mencari PowerBank cepat mengisi yang cocok. Semua fitur yang ditawarkan cukup menjawab permasalahan pengguna PowerBank saat ini. Jadi, tidak ada salahnya mencoba produk terbaru dari Asus ini yang juga sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru yang membuat smartphone kita tidak mudah rusak. Salam


Diberdayakan oleh Blogger.