Cara Mengatasi Layar Kunci iPhone Lemot Delay setelah Update iOS 17


Apakah layar kunci iPhone Anda mati perlahan saat Anda menekan Tombol Samping? Ya, kamu tidak sendirian! Layar kunci iPhone yang lama matinya, atau tidak langsung repsonsive adalah masalah umum pada iPhone dengan ID Wajah. Ini menyebabkan penundaan yang nyata antara menekan Tombol Samping dan iPhone Anda mati, membuat pengguna iPhone menunggu lebih lama. Anehnya, banyak iPhone tidak menyadari situasi seperti ini adalah sebuah masalah dan menganggap tidak ada masalah apapun. Namun sebagian yang lain mencoba mencari solusi untuk mengatasinya karena merasa hal ini tidak wajar dan tidak normal. 

Masalah Layar Kunci iPhone Lama Respon

Di bawah ini sepuluh cara praktis untuk mengatasi layar kunci iPhone Delay di iOS 17. Namun sebelum itu, mari kita lihat alasan penundaan layar kunci di iPhone.
 

Masalah Layar Kunci iPhone Lama Respon

Mengapa ada delay saat mengunci, ada beberapa kemungkinan, antara lain:

  • Tombol Daya rusak.
  • Casing mengganggu tombol power iPhone.
  • Versi iOS kedaluwarsa.
  • Pengaturan iPhone yang tidak diinginkan mencakup Pintasan Aksesibilitas, Akses Terpandu, dan Apple Wallet.

Dari beberapa kemungkinan, maka ada beberapa solusi yang bisa dicoba untuk menyelesaikan masalah ini, berikut beberapa caranya:

 

Solusi #1 Matikan Akses Terpandu (Guided Access) 

Akses terpandu (Guided Access) adalah fitur yang memungkinkan Anda fokus pada suatu tugas dengan membatasi sementara iPhone Anda ke satu aplikasi dan selanjutnya memungkinkan Anda mengontrol fitur mana yang tersedia. Namun, untuk mengaktifkan Akses Terpandu, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol daya tiga kali, dan oleh karena itu, hal ini dapat menyebabkan penundaan layar kunci. Untuk mematikannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Aplikasi Setelan di iPhone Anda.
  • Geser ke bawah dan ketuk Aksesibilitas.
  • Di layar berikutnya, geser ke bawah ke menu Umum, lalu tap Akses Terpandu.
  • Di layar berikutnya, aktifkan tombol di samping Akses Terpandu.

 

Solusi #2. Matikan Pintasan Aksesibilitas (Shortcut)

Beberapa fitur aksesibilitas memerlukan klik tiga kali Tombol Daya untuk mengaksesnya. Jika pintasan ini diaktifkan, ini bisa menjadi penyebab penundaan saat mengunci layar di iPhone Anda. Inilah cara Anda mematikannya.

  • Akses Aplikasi Setelan di iPhone Anda.
  • Ketuk Aksesibilitas.
  • Di Menu Umum, pilih Pintasan Aksesibilitas.
  • Batalkan pilihan fitur yang dapat diaktifkan dengan mengeklik tiga kali Tombol Daya. 


Solusi #3. Nonaktifkan Apple Wallet 

Anda mendapatkan akses ke Tiket dan Kartu yang siap digunakan kapan saja saat Anda menekan dua kali Tombol Daya untuk mengakses Apple Wallet di perangkat andalan Anda. Namun, ini hanyalah alasan penundaan yang tidak diketahui saat mengunci layar di iPhone Anda. Dan itulah alasan Anda mematikan Apple Wallet.

  • Akses Aplikasi Setelan di iPhone Anda.
  • Ketuk “Wallet & Apple Pay”.
  • Pada layar berikut, matikan tombol di samping “Tombol Samping Klik Dua Kali”.

 

Solusi#4. Lepaskan Casing 

Jika Anda membungkus iPhone Anda dengan casing dan aksesori lainnya, hal ini dapat mengganggu sensor iPhone, memblokir tombol daya, dan pada akhirnya menyebabkan penundaan layar kunci iPhone. Dalam skenario ini, coba lepaskan casing dari iPhone Anda lalu periksa masalahnya.



Solusi#5. Verifikasi apakah Tombol Daya rusak

Jika tombol daya macet, Anda mungkin mendapat respons tertunda yang mengharuskan Anda mengekliknya di iPhone. Selanjutnya, jika Anda melihat kerusakan fisik pada Power Key, saatnya membawa ponsel andalan Anda ke Bengkel Apple terdekat dan meminta perbaikan.

 

Solusi#6. Restart iPhone

Memulai ulang iPhone Anda adalah salah satu cara terbaik untuk memperbaiki masalah tertentu, termasuk penundaan layar kunci iPhone. Jadi, Anda harus mencobanya di perangkat Anda.

Mulai ulang iPhone Anda dengan ID Wajah: Tekan Tombol Volume & Tombol Samping secara bersamaan hingga Anda melihat layar Matikan. Seret penggeser Matikan dan biarkan perangkat Anda mati. Tunggu selama 30 detik, lalu tekan Tombol Samping untuk menghidupkan kembali perangkat.

Mulai ulang iPhone Anda atau Restart dengan Tombol Beranda: Tekan Tombol Samping hingga Anda melihat layar Matikan. Seret penggeser Matikan dan biarkan perangkat Anda mati. Tunggu selama 30 detik, lalu tekan Tombol Samping untuk menghidupkan kembali perangkat.


Solusi#7. Force Restart/Paksa Mulai Ulang iPhone Anda 

Jika restart normal tidak berhasil, Anda harus memulai ulang iPhone secara paksa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tekan dan langsung keluarkan Tombol Volume Tinggi.
  • Tekan dan langsung keluarkan Tombol Volume Rendah.
  • Tekan dan tahan Tombol Samping.
  • Saat logo Apple muncul, keluarkan Tombol Samping.


Solusi#8. Perbarui Sistem Operasi iOS terbaru pada iPhone Anda

Jika berbagai pengguna mengeluhkan masalah saat mengunci iPhone mereka. Untuk memperbaikinya,

  • Buka Aplikasi Setelan di iPhone Anda.
  • Pilih Umum.Di layar berikutnya, ketuk Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Sekarang, biarkan iPhone Anda memeriksa pembaruan.
  • Jika tersedia, ketuk Unduh Dan Instal.

Kami harap panduan pemecahan masalah ini membantu Anda menghilangkan penundaan saat Anda mengunci layar kunci iPhone. Jika tidak, Anda harus membawa perangkat Anda ke Apple Store terdekat karena kemungkinan kerusakan fisik adalah penyebab masalahnya.

Sesuai pengalaman pribadi saya dengan iPhone 5 & versi lebih lama – tombol power bertahan hingga enam hingga tujuh tahun, namun untuk itu perlu dirawat dengan baik. Banyak pengguna di seluruh dunia mengalami masalah penundaan layar kunci di iOS 17 & versi yang lebih baru. Namun, jika Anda menghadapi masalah pada versi iOS lain, tips pemecahan masalah yang sama akan membantu Anda menghilangkannya.

biaya penggantian Tombol Power di iPhone

Berapa biaya penggantian Tombol Power di iPhone?

Perkiraan biaya penggantian Tombol Daya iPhone adalah sekitar 800 ribuan. Namun, harganya mungkin berbeda-beda tergantung model iPhone yang Anda miliki.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.