6 Cara Terbaik untuk Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Android Anda


Jika ponsel Anda sering diakses oleh anggota keluarga, teman, atau saudara, yang terbaik adalah memastikan informasi dan konten sensitif Anda terlindungi, sehingga Anda mungkin perlu menyembunyikan beberapa aplikasi. Apakah bisa menyembunyikan aplikasi di android? Ada aplikasi Android tertentu yang ingin dirahasiakan oleh pengguna dan tidak ingin diketahui siapa pun. Mungkin Anda memiliki game yang membuat Anda kecanduan atau aplikasi perekam panggilan yang belum siap Anda bagikan kepada dunia. Apa pun alasannya, ada beberapa cara berbeda untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan peluncur pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi dari layar beranda atau laci aplikasi atau laci aplikasi tersembunyi untuk menjaga keamanan dan keamanan aplikasi Anda. Anda bahkan dapat menggunakan penyembunyi aplikasi untuk menyamarkan aplikasi Anda dan membuatnya tidak terlihat oleh orang lain.

Anda mungkin memiliki sejumlah alasan mengapa Anda ingin mempelajari cara menyembunyikan aplikasi di perangkat Android. Baik itu untuk menjauhkan aplikasi kerja dari jangkauan si kecil atau aplikasi sensitif agar tidak terlihat oleh mata-mata. Mungkin Anda hanya ingin menyembunyikan aplikasi kencan di ponsel Anda. Mengetahui cara menyembunyikan aplikasi sangat penting untuk menjaga privasi Anda.

Apa yang sebenarnya terjadi saat Anda menyembunyikan aplikasi di Android? Tidak ada yang akan dapat menemukannya jika mereka menggulir telepon. Ini tidak berarti tidak ada cara lain untuk menemukannya. Riwayat pemasangan aplikasi Play Store Anda akan menampilkan aplikasi mana yang telah Anda unduh. Folder data aplikasi juga akan tetap ada di perangkat.

 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

menyembunyikan aplikasi di hp android

Aplikasi tersembunyi juga tidak akan muncul di hasil pencarian peluncur. Bahkan jika seseorang mencoba mencari aplikasi secara langsung, mereka tidak akan dapat menemukannya. Mereka perlu menggali daftar aplikasi yang terinstal di menu Pengaturan atau menelusuri penyimpanan internal untuk menemukan folder data. Saat itu, Anda mungkin akan tahu apa yang mereka lakukan dan mengambil ponsel Anda.

Menyembunyikan aplikasi berbeda dengan menonaktifkannya. Perangkat Anda mungkin dilengkapi dengan bloatware bawaan dan aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus. Setelah dinonaktifkan, aplikasi ini tidak dapat lagi menggunakan sumber daya sistem dan memperlambat ponsel Anda. Namun, Anda mungkin hanya ingin menyembunyikan aplikasi sambil tetap dapat menggunakannya, sehingga tidak muncul di peluncur

Beberapa smartphone hadir dengan fitur ini di UI khusus mereka, tetapi untuk beberapa pengguna, peluncur pihak ketiga atau aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi cukup berguna. Di sini kami memberi tahu semua cara. Baca terus!


1. Menggunakan Fitur Bawaan

Perusahaan ponsel pintar seperti Samsung, OnePlus, dan Xiaomi menawarkan fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi menggunakan peluncur khusus mereka. Sebagian besar perangkat Android dapat menyembunyikan aplikasi dari pengaturan layar utama. Pengaturan ini tersedia langsung di ponsel dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga. Berikut cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Samsung dan Xiaomi:

  • Buka pengaturan perangkat Android.
  • Gulir ke bawah dan klik pada layar Utama.
  • Pilih Home Screen
  • Cari dan klik pada Hide Apps
  • Pergi untuk menyembunyikan aplikasi
  • Sekarang klik sebanyak mungkin aplikasi yang ingin Anda sembunyikan, dan aplikasi tersembunyi tidak akan muncul di menu layar beranda.
Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika UI ponsel Anda tidak menawarkan fitur untuk menyembunyikan aplikasi, Anda dapat menggunakan peluncur aplikasi pihak ketiga. Salah satu peluncur tersebut adalah Nova Launcher Prime yang menawarkan kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi dari layar beranda serta laci aplikasi.

  • Unduh dan instal Nova Launcher dan tekan lama layar beranda dan ketuk ikon 'Pengaturan' untuk membuka pengaturan peluncur.
  • Sekarang ketuk 'Laci Aplikasi' dan gulir ke bawah ke opsi 'Sembunyikan aplikasi' dan ketuk di atasnya.
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari layar beranda.


Aplikasi tersebut akan disembunyikan dari layar utama Anda dan tidak akan muncul sampai Anda memperlihatkannya. Anda dapat menyembunyikan aplikasi tersebut melalui opsi di menu yang sama.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

3. Ubah Nama dan Ikon Aplikasi

Anda juga dapat mengubah nama dan ikon aplikasi untuk menyamarkannya. Peluncur Nova juga memungkinkan Anda mengubah nama dan ikon aplikasi selain dari fitur Sembunyikan aplikasi. Anda dapat menggunakannya untuk menyembunyikan aplikasi yang Anda inginkan dari orang lain. Untuk mengubah ikon dan nama aplikasi:

  • Ketuk dan tahan ikon aplikasi di laci dan pilih tombol Edit (ikon pensil) dari menu.
  • Sekarang, tambahkan nama baru, ubah ikonnya, dan hanya itu.


Anda dapat menggunakan fitur ini meskipun Anda tidak memiliki Aplikasi apapun yang berfungsi untuk menyembunyikan. Selain itu, ini juga menyelamatkan Anda dari kerumitan menyembunyikan aplikasi dan kemudian membuka Pengaturan untuk menyembunyikannya untuk menggunakannya. Beberapa UI khusus seperti peluncur OnePlus juga menawarkan fitur ini. 

 

4. Buat Banyak Profil Pengguna

Pengguna Android juga dapat membuat beberapa profil pengguna di satu perangkat. Jadi, ketika seseorang ingin menggunakan ponsel Anda, Anda dapat menambahkan profil baru untuk mereka atau mengaktifkan Mode Tamu dan semua aplikasi Anda akan disembunyikan dari mereka dalam mode itu.

Untuk mengaktifkan Mode Tamu di Android:

  • Buka Pengaturan dan buka Pengguna & Akun.
  • Sekarang pilih Pengguna dan ketuk Tamu.
  • Mode tamu menjadikan ponsel Anda seperti versi pabrik dengan menyembunyikan semua aplikasi yang telah Anda instal serta data Anda termasuk gambar, video.


Anda dapat kembali ke profil pengguna utama Anda dari menu pengaturan cepat dan memerlukan kata sandi layar kunci untuk alasan yang jelas. Anda juga dapat membuat profil pengguna baru dengan mengetuk opsi 'Tambah pengguna', jika seseorang akan menggunakan ponsel Anda untuk waktu yang lama.


5. Tambahkan Aplikasi di Folder

Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi dengan menambahkannya ke folder dan mengganti nama folder. Sama seperti metode di atas di mana Anda mengganti nama aplikasi, Anda juga dapat mengganti nama folder sedemikian rupa sehingga tidak ada yang mengetuknya.

Metode ini akan menyembunyikan aplikasi dari laci aplikasi serta layar beranda di mana pun Anda membuat folder. Sebagian besar peluncur menawarkan Anda untuk menambahkan folder di layar beranda, tetapi hanya beberapa yang menyediakannya di laci aplikasi.


6. Gunakan Penyembunyi Aplikasi


Terlepas dari metode yang disebutkan di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Anda. App Hider adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan ini. Begini caranya:

  • Unduh dan instal App Hider di ponsel Anda.
  • Sekarang impor aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Setelah itu, luncurkan aplikasi lagi untuk memeriksa apakah triknya berfungsi lalu hapus instalannya.

App Hider berfungsi seperti fitur ruang ganda karena juga membuat salinan aplikasi tersebut di dalam brankasnya. Jadi, Anda dapat menghapus instalan aplikasi utama dari layar beranda atau laci aplikasi. Kami mencoba aplikasi ini dan berfungsi dengan baik untuk beberapa aplikasi sementara beberapa aplikasi macet. Jadi Anda juga bisa mencoba.

Ini adalah beberapa cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Android Anda tanpa menonaktifkannya. Kami berharap dengan menggunakan metode ini Anda dapat menyembunyikan aplikasi. Untuk tips dan trik lainnya, jangan lupa ikuti melalui akun google anda.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.