Cara Mengatasi Fitur NFC Error Tidak Berfungsi di Samsung


Tips Samsung - HP Sudah ada Fitur NFC? Saat ini, semua smartphone memiliki teknologi NFC. Meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya, ponsel Anda menggunakan NFC. Namun, tidak perlu khawatir; NFC menggunakan sangat sedikit baterai dan daya pemrosesan sambil menyediakan sejumlah fitur yang meningkatkan kinerja perangkat Anda. Anda dapat menyederhanakan hidup Anda dengan banyak aplikasi NFC, termasuk aplikasi pembayaran peer-to-peer dan transfer data.

Adakalanya mungkin bisa saja NFC error atau tidak berfungsi. Tapi, terkadang berhenti berfungsi di perangkat Android. Ya, baru-baru ini, setelah pembaruan tambalan Android 13 yang baru, banyak pengguna mulai melaporkan bahwa mereka tidak dapat menggunakannya karena NFC tidak berfungsi di ponsel pintar Android mereka. Meskipun dalam panduan ini kami telah menyebutkan beberapa perbaikan dasar yang berpotensi untuk mengatasi kesalahan semacam ini, masih ada kemungkinan bahwa ini adalah sesuatu yang lebih parah dari yang Anda pikirkan.

 

Apa itu Fitur NFC di HP Android?

Dengan menggunakan NFC, pengguna dapat dengan mudah berbagi data antara perangkat seluler, tablet, laptop, dan perangkat lain yang mendukung NFC. Pada hari-hari awal identifikasi frekuensi radio, itu dikenal sebagai identifikasi frekuensi radio (RFID). Anda dapat melewati pintu tol dalam perjalanan pagi Anda dengan kartu pemindaian keamanan RFID. Saat menggunakan Apple Pay atau Samsung Pay, ponsel Anda harus dipegang di dekat pembaca nirsentuh dalam jarak sekitar 4 inci, karena NFC mirip dengan RFID. Salah satu alasan NFC menjadi alternatif populer untuk kartu kredit adalah radiusnya yang kecil, yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai fitur keamanan utama.

Paling gampang, anda bisa mengecek saldo kartu E-Toll seperti Flash atau Mandiri melalui NFC dengan menempelkan kartu ke smartphone. Namun bagaimana bila hp kita memiliki fitur NFC tapi ketika dicoba tidak bisa berfungsi atau selalu error tidak terbaca.


Cara Mengatasi Fitur NFC Tidak Berfungsi di Samsung

Cara Mengatasi Fitur NFC Tidak Berfungsi di Samsung

Cara Terbaik Untuk Memperbaiki NFC Tidak Berfungsi di Ponsel Android. Di sini, di panduan ini, kami akan membagikan beberapa metode terbaik yang dapat digunakan untuk memperbaiki NFC yang tidak berfungsi pada masalah ponsel Android dengan mudah. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah ini, pastikan untuk membaca panduan ini hingga selesai dan periksa apakah perbaikan ini berhasil untuk Anda.


Cara 1: Nyalakan Ulang Perangkat Anda

Adalah umum untuk me-reboot ponsel Anda untuk menyelesaikan berbagai macam masalah, baik yang sederhana maupun yang kompleks. Anda akan melihat menu daya dengan menahan tombol daya di ponsel Anda. Setelah Anda memilih Restart, Anda harus me-restart komputer Anda. Saat Anda mencoba menggunakan NFC lagi, tunggu hingga ponsel Anda mati dan memulai ulang.
 

Cara 2: Aktifkan NFC. 

Apakah Anda memeriksa apakah NFC diaktifkan pada perangkat Anda atau tidak? Nah, seringkali jika Anda tidak melanjutkan penggunaan NFC di smartphone android Anda, maka secara otomatis akan mematikannya. Jadi, Anda harus memastikan bahwa itu dihidupkan. Namun, sangat mudah untuk memeriksanya; cukup geser ke bawah dari atas layar dan periksa apakah itu diaktifkan atau dinonaktifkan.


Cara 3: Nonaktifkan Aplikasi Bloatware

Anda mungkin tidak memerlukan aplikasi bawaan di ponsel Anda, baik itu dari Samsung, Google, atau OnePlus. Bergantung pada pabrikan atau operator ponsel Anda, Google, atau bahkan kesepakatan lisensi dari Amazon atau Microsoft, bloatware dapat berasal dari berbagai sumber. Akibatnya, aplikasi ini menempati ruang dan sumber daya di ponsel Anda, banyak di antaranya tidak akan pernah Anda gunakan.

Perangkat seluler bukan satu-satunya perangkat dengan bloatware; sumber daya komputasi mereka yang terbatas membuat mereka paling rentan. Bahkan sebelum memasuki toko aplikasi Samsung, beberapa aplikasi mungkin sudah diinstal sebelumnya di perangkat Samsung, termasuk dari Amazon, Facebook, Google, dan Microsoft.

Jika Anda memiliki bagasi tambahan ini di ponsel Anda, mungkin berfungsi dengan baik selama beberapa bulan, tetapi ponsel Anda akan kehabisan ruang setelah beberapa tahun. Tekan lama pada ikon aplikasi untuk mengaktifkan opsi penonaktifan untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dari latar belakang ponsel Anda.

 

Cara 4: Lepaskan Penutup Belakang

Ada kemungkinan casing tebal dan metalik dapat mengganggu fungsi NFC. Menggunakan NFC, Anda hanya dapat menjauhkan diri dari perangkat sejauh 4 cm. Jika casing tebal melindungi ponsel Anda, Anda mungkin tidak dapat menempelkannya pada terminal yang mendukung NFC saat jarak memisahkan modul NFC-nya. Selain itu, casing logam dapat mengganggu pengoperasian koil NFC. Jika kasing Anda memiliki komponen logam atau magnet apa pun, sebaiknya lepaskan sebelum menggunakan NFC karena NFC tidak dapat berfungsi melewatinya.

 

Cara 5: Gunakan dengan Benar

Anda akan menemukan modul NFC di bagian belakang ponsel Anda di area kecil. Biasanya terdapat modul kamera di bagian atas ponsel atau di dekat bagian tengah ponsel, tergantung ponsel apa yang Anda miliki. Pastikan Anda mengetuk ponsel di tempat modul NFC berada saat Anda mengetuk perangkat untuk membayar atau terhubung melalui NFC. Cukup ketuk bagian telepon yang berbeda pada tag NFC atau mesin POS hingga sinyal diterima jika Anda tidak yakin dengan posisi yang benar.

Selain itu, modul NFC di ponsel Anda harus ditempelkan pada tag atau terminal pembayaran yang memiliki modul NFC. Dimungkinkan untuk mengidentifikasi area NFC di setiap terminal pembayaran atau mesin POS dengan mencari ikon Wi-Fi. Ini akan berfungsi jika ponsel Anda diletakkan tepat di tempat yang dibutuhkan.

 


Cara 6: Hapus Cache Layanan NFC

Apakah Anda memiliki masalah dengan aplikasi atau operasi Android? Pembersihan cache adalah opsi terbaik untuk Anda. Layanan NFC ponsel Android Anda mungkin perlu di-cache. Periksa apakah ini menyelesaikan masalah.

Di Android, Anda dapat menghapus cache untuk layanan NFC dengan mengikuti langkah berikut:

  •      Di perangkat Anda, buka aplikasi Pengaturan .
  •      Buka tab Aplikasi .
  •      Klik Lihat semua aplikasi.
  •      Setelah itu, di pojok kanan atas, klik tiga titik.
  •      Pilih Tampilkan sistem.
  •      Temukan dan pilih Layanan NFC.
  •      Sekarang, ketuk Penyimpanan dan cache.
  •      Klik tombol yang sesuai untuk menghapus cache.

Anda dapat menggunakan NFC lagi setelah ponsel dihidupkan ulang. Anda dapat mencoba solusi ini jika, pada perangkat Anda, NFC tidak berfungsi.
 

Cara 7: Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Sudahkah Anda mencoba solusi ini tetapi tidak ada yang berhasil? Ini mungkin anugrah keselamatan Anda jika Anda mengatur ulang pengaturan jaringan. Pengaturan jaringan pada perangkat Anda diatur ulang ke pengaturan default pabrik saat Anda mengatur ulang pengaturan jaringan. Ini berlaku untuk Wi-Fi, Bluetooth, data seluler, dan NFC juga. NFC kemudian akan berfungsi dengan baik jika ada pengaturan yang mencegahnya. Anda bisa melakukannya dengan cara ini.

  •      Di ponsel Android Anda, buka aplikasi Pengaturan .
  •      Ketuk opsi Sistem ketika Anda menemukannya.
  •      Sekarang, buka Opsi Reset.
  •      Ketuk 'Setel Ulang Wi-Fi, Seluler, dan Bluetooth.'
  •      Pada langkah terakhir, pilih Reset Setelan.

Pengaturan jaringan ponsel Anda akan diatur ulang sebagai hasilnya. Anda akan kehilangan semua jaringan Wi-Fi, perangkat Bluetooth, dan preferensi data seluler saat mengatur ulang pengaturan jaringan. Menghubungkan ke perangkat Anda harus dilakukan secara manual sekali lagi.

Nah itulah cara mengatasi NFC yang tidak berfungsi di Samsung smartphone Android mereka. Kami harap panduan ini membantu Anda. Sementara itu, jika Anda memiliki keraguan atau pertanyaan, beri komentar di bawah dan beri tahu kami.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.