Rabu, 08 Mei 2019

Cara Mengatasi HP Android Ngehang Mentok di Logo (stuck)


Tips Android - Apakah anda salah satu yang pernah mengalami hp Android mentok di Logo dan stuck atau Bootloop dan tidak bisa menyala? beberapa tipe atau merk ponsel ada yang sering mengalami penyakit tersebut. HP yang masih kategori baru tetapi sudah mengalami kerusakan seperti yang dimaksud tadi, biasanya ada faktor yang mempengaruhi munculnya masalah tersebut. baik dari segi pemakaian kita yang tidak terkontrol dalam mengoperasikan aplikasi atau karena beberapa faktor lain di luar kendali kita.

HP Android hanya mentok di logo mulai dari Samsung, Xiaomi, Lenovo, Asus, atau bahkan Oppo terjadi akibat kinerja dari smartphone kita yang tidak ideal. Dan masalah ini tentunya ada pemicunya. Untuk mengatasi atau memperbaiki hp yang ngehang dan mentog di muncul logo saja harus kita ketahui penyebabnya karena setiap kasus masalah, ada beberapa penyebab yang berbeda mulai dari software yang meliputi data yang terlalu berat, atau dari hardware yang memang sudah tidak kuat lagi melakukan loading di awal. Untuk lebih mudah, kita akan membahasnya mulai dari faktro penyebab yang kemudian disertai dengan cara memperbaiki atau mengatasinya sesuai dengan penyebab yang ditimbulkan karena beda hp akan beda faktro meski muncul masalahnya sama.

Cara mengatasi hp Android (Samsung, Oppo, Xiaomi) Mentok Logo

Cara Mengatasi HP Android Ngehang Mentok di Logo

Jenis-jenis Bootloop

Pada dasarnya hp ngehang mentok di logo bisa dibilang Bootloop. Untuk Bootloop sebenarnya jenisnya berbeda-beda tergantung berat dan ringan kerusakannya, misalnya :
  • Light Bootloop atau kerusakan ringan, ini biasanya masih bisa ditangani tanpa perlu penggantian hardware atau bisa jadi hanya perlu reset factory saja. tanda-tanda dari light bootloop biasanya muncul layar hitam yang biasanya diakibatkan oleh kinerja smartphone yang terlalu berlebihan seperti penggunaan game atau aplikasi yang memang cukup berat dan tidak selaras dengan spek ponsel.
  • Medium Bootloop atau kerusakan sedang yang biasanya perlu dilakukan recovery system namun tidak harus penggantian hardware. Munculnya kerusakan ini bukan tanpa sebab melainkan biasanya kita sebelumnya melakukan sesuatu terhadap smartphone kita misalnya melakukan flashing atau root yang ternyata hasilnya tidak sempurna.
  • Hard Bootloop atau kerusakan berat yang paling sering terjadi karena adanya penggantian stock ROM yang berujung pada proses booting yang tidak normal dalam smartphone.
 

Mengatasi HP Android Bootloop

Nah, bagaimana cara mengatasi HP yang Bootloop kategori mentok di logo? ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sendiri sebelum memutuskan untuk ke tukang service, diantaranya:

Restart Android Kamu
Sepele, tetapi kadang dilupakan oleh beberapa orang. Dengan melakukan restart maka sistem yang sedang bekerja akan kembali dari awal. Untuk melakukan restart, selain mematikan smartphone jangan lupa untuk mencabut baterai dan SD Card atau memory SD. Jika smartphone anda menggunakan baetrai tanam atau non-removable periksa tombol reset yang biasanya sebesar lubang jarum. Ini berfungsi untuk mereset baterai.

Bersihkan Cache System
Salah satu kendala adanya kinerja yang berat biasanya karena banyaknya sampah dari sistem yang menumpuk akibat penggunaan yang berlangsung lama. Kadang kita tidak sempat membersihkan atau belum tahu cara membersihkannya. Untuk membersihkan system sebenarnya masing-masing tipe dan merk smartphone berbeda-beda. Tetapi pada umumnya seperti ini:
  • Pertama, Tekan tombol Power Off/On + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik hingga mati dan nyala kembali kemudian muncul tampilan logo ponsel pada layar.
    Saat logo muncul, segera lepaskan kedua tombol yang ditekan, maka akan masuk ke menu Recovery Mode.
  • Oh ya jika anda tidak bisa menekan touchscreen, untuk memilih atau menggeser pilihan menggunakan tombol volume up/down untuk naik ke atas dan kebawah. Untuk memilih menggunakan tombol power.
    Pada menu tersebut, pilih “Advanced”, selanjutnya pilih “Wipe-Dalvik Cache”.
    Setelah itu pilih “Mounts & Storage” dan pilih opsi “Wipe /Cache”.
  • Kemudian tunggu hingga proses pembersihan selesai.

Bersihkan Cache Partition
Selain system, kita juga bisa membersihkan wipe cache partition yang biasanya memiliki tumpukan memory sampah yang cukup banyak. Namun jika cara kedua sudah kembali normal tidak perlu melakukan ini. Cara ini dilakukan jika kategori bootloop sedang atau medium. Cara melakukan wipe cache partition adalah:
  • Masuk ke menu Recovery Mode seperti cara kedua
    Setelah itu Pilih “Wipe Cache Partition". Jika muncul pesan konfirmasi, pilih “Yes”.
    Tunggu hingga proses selesai kemudian nyalakan ponsel anda.

Reset Factory
Ini adalah cara yang paling menjadi andalan ketika smartphone kita bermasalah pada software atau system. Dengan mengembalikan ke pengaturan awal atau Reset Factory diharapkan performa smartphone kembali seperti baru. Cara melakukan reset factory adalah:
  • masuk ke menu Recovery Mode seperti cara sebelumnya
  • Setelah muncul menu-menu, gunakan tombol volume untuk memilih “Backup & Restore”, lalu pilih “Backup”.
  • Setelah masuk, pilih menu “Wipe Data/ Factory Reset”. Jika muncul pesan notifikasi, pilih “Yes”.
  • Selanjutnya tunggu hingga proses selesai.

Flashing Firmware
Setelah melakukan reset factory ternyata belum mampu mengatasi masalah ini, kemungkinan besar ada file atau sistem operasi yang cacat atau corrupt. Jalan satu-satunya adalah menginstall kembali firmware atau sistem yang digunakan sebelumnya. Lakukan flashing sesuai dengan firmware yang digunakan oleh smartphone milik anda dan tipe yang sama karena setiap firmware biasanya akan berbeda walaupun ada beberapa yang sama. Jika tidak tahu cara flashing atau install firmware anda bisa percayakan pada teman yang sudah pernah melakukannya.

Selain masalah hp mentok di logo, kadang ada penyakit lain seperti hp yang sering restart sendiri dan kondisi yang cukup panas karena digunakan game, Anda bisa mencoba membaca cara mengatasi hp yang restart sendiri di Cara Mengatasi HP restart Bootloop sendiri.

Demikian cara mengatasi android mentok di logo baik samsung, oppo, xiaomi, vivo, maupun merk lainnya. Semoga apa yang dipaparkan di atas salah satunya dapat membantu anda memperbaiki hp yang mati dan hang di bagian awal start atau hanya muncul logo saja. Salam



Cara Mengatasi HP Android Ngehang Mentok di Logo (stuck) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Revie Hapsari
Diberdayakan oleh Blogger.