Kenapa Nada Pesan Whatsapp Tidak Bunyi? Ini Cara Mengatasinya


Pernah mengalami ada WhatsApp masuk tapi kita tidak tahu? Kenapa Nada Pesan Whatsapp Tidak Bunyi? Nah sebenarnya banyak yang bisa menyebabkan masalah nada pesan WA masuk tidak ada nada atau tidak ada pemberitahuan. Mulai dari setingan hp androidnya sendiri, setingan aplikasinya, atau bahkan setingan dari grup atau notifikasi aktif dari pihak lawan chat kita. Misalnya kita pernah melakukan mode senyap pada sebuah grup sehingga setiap ada pesan dari grup tersebut tidak ada notifikasi muncul. Tahu-tahu sudah ratusan chat terlewat dari kita.

Whatsapp tidak ada suara pesan masuk dan notifikasi whatsapp tidak bunyi bisa kita aktifkan nada pesannya dengan beberapa setingan. Tetapi jika setingan tersebut sudah benar dan ternyata belum muncul nada atau notifikasi, bisa jadi akibat spesifikasi smartphone yang terlalu berat kinerjanya sehingga sulit menampilkan notifikasi, Hal ini terjadi biasanya dibarengi dengan Pesan WA tidak masuk jika tidak dibuka. (klik untuk membaca detailnya).

Kenapa suara whatsapp tidak ada? hal ini bisa terjadi tidak hanya pada android tetapi juga bisa terjadi pada hp iPhone. Untuk yang android paling sering terjadi pada Samsung, Oppo, dan Xiaomi yang memiliki spesifikasi RAM dengan kapasitas kecil tetapi biasanya menggunakan chipset yang sudah tinggi. Bagaimana cara mengatasi nada notifikasi whatsapp tidak berbunyi. Untuk lebih jelasnya bisa lakukan pengecekan dengan beberapa tahap ini.

Cara Mengatasi Nada Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi

Cara Mengatasi Nada Notifikasi Whatsapp Tidak Bunyi


Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa penanganan ini akan membuat kita harus mengecek kembali setingan dari whatsapp kita mulai dari setingan telepon, setelan whatsapp, dan juga kenormalan dari perangkat. untuk lebih jelasnya kita bagi menjadi beberapa cara, antara lain :

Notifikasi Whatsapp tidak bunyi tapi Pesan masuk

Nah, jika masalah notifikasi tidak bunyi atau tidak ada nada tetapi balon pesan atau jumlah pesan baru yang masuk muncul berarti hanya pada setingan aplikasinya. Bisa pada aplikasi Whatsappnya, atau aplikasi pengaturan pada smartphone yang anda gunakan.

Cek Pengaturan HP Android
Masuk ke pengaturan kemudian pilih manager aplikasi, dan tap pada WhatsApp. Di bagian atas, pastikan pada Aktifkan Pemberitahuan sudah tercentang. Jika belum, maka centang pada bagian itu

Cek Setelan WhatsApp
Buka aplikasi whatsapp, kemudian klik tiga titik icon di bagian kanan atas, pilih Setelan. Setelah masuk, tap pada bagian Notifikasi. Pastikan Nada Percakapa sudah tercentang, jika belum maka centang.

Cek Profil yang Aktif dari Smartphone
Jika semua notifikasi baik WhatsApp atau yang lain ternyata tidak ada nada, kemungkinan profil ponsel anda berada pada mode senyap, atau nada notifikasi yang off. Periksa setelannya pada, Pengaturan >> Profil >> Audio Umum. Sebenarnya cara ini juga bisa dilakukan melalui jalan pintas pada taskbar atas, dengan mengeklik logo speaker karena memang cara ini cara pintas untuk mengganti profil.


Notifikasi Whatsapp tidak bunyi dan Pesan masuk kalau tidak dibuka

Seperti yang sudah disinggung diatas, ada beberapa faktor yang bsia menyebabkan hal ini terjadi, mulai dari aplikasi yang tidak update sehingga kinerja sudah berbeda. Atau bisa juga karena hardware yang secara sistem sudah mengalami kinerja yang berlebihan sehingga tidak ada pergerakan ruang ketika aplikasi diam. Hasilnya maka ketika aplikasi dibuka dan kerja, pesan baru masuk semua. Untuk solusi permasalahannya, anda bisa mencoba mengatasinya dan sudah kita ulas disini :


Jika sudah dilakukan setting, untuk nada notifikasi akan berbunyi sesuai dengan nada yang digunakan pada setinga bawaan whatsapp atau beberapa tipe ponsel akan mengikuti nada dering yang sesuai dengan pengaturan pada profil yang digunakan.

Demikian mengenai solusi dari beberapa keresahan nada wa tidak bunyi, kenapa nada pesan whatsapp tidak nyala, atau notifikasi whatsapp tidak ada suara pesan masuk, juga icon whatsapp tidak muncul di android. Cara Mengatasi Nada Pesan Whatsapp Tidak Bunyi baik di Android maupun di iphone yang pada dasarnya sama. Jangan lupa untuk memberikan sumbang saran jika ada pembaharuan atau cara yang lebih efektif lainnya sehingga bisa kami tambahkan dan bermanfaat bagi pembaca lainnya. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.