Cara Mengatasi LCD Layar Sentuh Android Muncul Garis Pelangi


Mungkin anda salah satu orang yang mencari cara Mengatasi layar sentuh Muncul Garis Pelangi. Apakah anda mengalami? Pada smartphone atau tablet anda misalnya, layar tertutup satu sisi oleh garis-garis berwarna-warni. Secara pengoperasian masih normal dan masih bsia disentuh, tetapi gambar tidak tampil atau terhalang garis pelangi tersebut. Padahal sebelumnya tidak terjadi apa-apa. tidak terjatuh juga tidak terbentur benda keras. Biasanya ini terjadi ketika kita kehabisan baterai, kemudian kita charger dan saat kita nyalakan barulah muncul garis pelangi di layar.

Penyebab dan Mengatasi Layar berwarna pelangi bisa dibilang sangat berbeda kasusnya dengan Mengatasi layar android bergaris yang pernah kita ulas. Kali ini mungkin lebih mendalam. Apakah perlu dibawa ke tukang service? Sebelum itu kita harus mengetahui penyebab pastinya karena hal ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor.

Cara Mengatasi LCD Layar Sentuh Android Muncul Garis Pelangi


Cara Mengatasi LCD Layar Sentuh Android Muncul Garis Pelangi

Untuk mengatasi layar sentuh berwarna pelangi sebagian, kita harus mengetahui dahulu penyebab yang menjadi faktor timbulnya garis warna tersebut, diantaranya :

Layar Sentuh Muncul Pelangi di Tengah dan Bulat

Menghilangkan Efek Pelangi Tempered Glass

Jika anda mengalami masalah ini, dan layar anda masih baik-baik saja, artinya muncul efek pelangi di layar, itu biasanya terjadi bukan di dalam layar melainkan hanya bekas pengembunan di dalam palisan luar LCD atau biasanya muncul jika anda menggunakan Tempered Glass.

Untuk menghilangkan pelangi efek dari Tempered Glass, solusinya cukup buka casing kemudian buka lapisan pelindung layar. Jika ini muncul di layar pelindung bawaan, berarti anda harus membuka lem pelindungnya. Hilangkan lem peindung dengan menggunakan minyak kayu putih. Bersihkan perlahan menggunakan kain, jangan gunakan benda tajam agar tidak terjadi baret. Bersihkan bagian layar yang terdapat pelangi dengan menggunakan tissue basah. Setelah bersih, pasang kembali dengan bantuan perekatnya menggunakan double tape.

Layar Sentuh Muncul Garis Pelangi Panjang dan Sebagian

Cara Mengatasi LCD Layar Sentuh Android Muncul Garis Pelangi

Jika masalah yang anda alami seperti di gambar, atau msialnya tak sampai sebagian tetapi model garisnya sama, kemungkinan besar adalah pada papan LCD. Bisa akibat Kabel yang kendor, atau flexible sudah rusak, bsia juga dair dalam layar LCD yang perlu diganti. namun sebelum memutuskan untuk membeli LCD, ada baiknya ktia lakukan pengecekan kemungkinan yang menjadi akibat masalah ini.

Satu-satunya cara memastikan masalahnya dengan membuka dan memeriksanya sendiri, caranya:
  1. Buka casing smartphone atau tablet anda
  2. Setelah semua terbuka, gunakan obeng kecil untuk membuka baut casing dalam. Buka semua baut hingga casing layar terlepas.
  3. Angkat LCD perlahan dan cek posisi soket yang menghubungkan layar dengan papan utama.
  4. Copot socket, dan semprot menggunakan contact cleaner kemudian pasang kembali
  5. Pastikan socket sudah pada posisi yang benar dan tidak kendor
  6. Periksa juga kabel penghubung yang berbentuk plat tipis seperti plastik. Pastikan tidak ada bekas tertindih atau terjepit untuk memastikan bahwa kabel tidak putus.
  7. Setelah itu pasang kembali cover dan nyalakan.
Jika masih belum menghasilkan perubahan, kemungkinan besar memang harus ganti LCD baru. Anda bisa berkonsultasi dengan teknisi handphone untuk masalah penggantian.

Jika hal ini belum menyelesaikan masalah, cobalah lakukan perputaran layar atau rotasi. Apakah pelangi berubah tempat? Jika sebelumnya muncul garis berwarna pelangi secara vertikal tetapi ketika kita rotasi layar dan garis tersebut mengikuti kemungkinan masalahnya ada di software. Jika garis pelangi tersebut tetap pada posisi di layar dan dirotasi tdiak mengikuti, cobalah untuk mengeklik bagian yang terdapat garis tersebut. Misalnya memencet nomor telepon yang ada di garis tersebut, jika berfungsi tombolnya, memang kemungkinan masalah adalah hardware atau seperti cara-cara di atas, tetapi jika tidak berfungsi, software juga mungkin menjadi penyebabnya.

Apakah software juga bisa menyebabkan hal ini? Jawabannya bisa. Jika anda memiliki history sebelumn terjadi masalah ini anda melakukan install aplikasi pihak ketiga, mungkin bsia jadi aplikasi tersebut yang menyebabkan hal ini. Cobalah lakukan Unninstall palikasi tersebut. Tetapi jika tidak ada  penyebab apapun sebelumnya dan muncul masalah ini secara tiba-tiba kemungkinan memang harus ganti LCD baru.

Jika layar anda berubah warna ungu atau kuning, anda bisa mencoba penangannnya pada Cara Mengatasi Layar Sentuh Berwarna Ungu. Anda juga bisa mencoba Cara Mengatasi Layar Muncul Bercak Hitam di Android

Demikian cara mengatasi layar sentuh berwarna pelangi dan beberapa solusi yang mungkin bisa anda coba sesuai dengan masalah yang anda alami. Penggunaan smartphone yang tepat dapat membantu menjaga performa tetap awet sesuai dengan life time yang ditentukan oleh produsen. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.