Cara Mengatasi Layar Android yang Berubah Warna (Ungu)


Tips Android - Pernah mengalami layar hp android warna berubah ungu, kuning, biru, atau pelangi? nah Cara Mengatasi Layar Android yang Berubah Warna tersebut? Sebelumnya jangan panik dahulu. Hal ini terjadi biasanya pada ponsel-ponsel china seperti Oppo, mito, lenovo, andromax, xiaomi, polytron atau yang paling sering adalah tablet Advan. Layar berubah warna ungu, biru, kuning, dan lain sebagainya memang membuat kita sedikit panik karena pasti kita akan mengira harus ganti LCD yang bisa kita bayangkan harganya.

Layar Hp Android tiba-tiba berubah warna harus diketahui penyebabnya dahulu, apakah sebelumnya terjatuh atau ketika sedang digunakan untuk kerja berat seperti Game, online, atau sedang standby tiba-tiba berubah warna. Jika anda salah satu yang mengalami masalah layar berubah warna, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki layar berubah warna tersebut.

Cara Mengatasi Layar Android yang Berubah Warna


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layar sentuh berubah warna ungu, biru, atau kuning. Untuk mengatasinya tentunya kita harus mengetahui faktor penyebab yang memungkinkan terjadinya masalah ini, antara lain :

1. Socket LCD kotor
Perangkat martphone kita mampu ditampilkan pada LCD bergantung pada socket. Jika socket kendor atau terdapat kerak kotoran maka transfer gambar tidak akan sempurna. Ada baiknya coba bersihkan, caranya :
  • Matikan ponsel dan buka casing
  • Buka penutup casing depan dengan menggunakan obeng kecil(Obeng HP)
  • Angkat LCD dan socketnya, lepas perlahan
  • Bersihkan plat kuningan socket pada LCD dan pada dudukannya dengan menggunakan contact Cleaner
  • Jika terlihat kerak kotoran yang menempel, bisa bersihkan menggunakan sikat gigi dan gosok perlahan
  • Setelah dirasa bersih, tunggu beberapa saat hingga cairan kering
  • Pasang kembali dan pastikan socket terpasang dengan sempurna
2. Sistem Software/ada Malware
Kemungkinan kedua, adanya virus atau malware pada hp android anda yang menyebabkan terjadinya perubahan warna pada LCD. Satu-satunya cara untuk mengetahui masalah ini dan mengatasinya, lakukan reset factory. Jika dilakukan reset factory kemudian layar kembali normal berarti ada sebelumnya sistem software yang terdeteksi virus. Untuk melakukan reset factory anda bisa mencari caranya sesuai dengan merk ponsel anda. Biasanya terdapat pada pengaturan>>Reset/Backup>>Factory Reset atau 'Kembali ke Pengaturan Awal'

3. LCD Rusak
Nah, setelah dua cara diatas masih belum bisa menyelesaikan masalah, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware yaitu LCD yang memang sudah perlu diganti. Lakukan penggantian sesuai dengan merk ponsel dan spesifikasi layar yang sesuai. Harga LCD bergantung pada merk ponsel, tipe ponsel, dan juga lebar ukuran layar. Untuk lebih jelasnya anda bisa berkonsultasi dengan teknisi handphone terdekat atau menghubungi Service Center smartphone sesuai dengan merk ponsel anda. 

4. IC MTK Rusak
Ini yang paling parah, ketika sudah mengganti LCD baru namun tetap muncul warna ungu atau kuning, berarti bukan LCD maupun jalur display melainkan kerusakan terjadi pada IC MTK. IC MTK bertugas menggerakkan kinerja system sehingga kemungkinan besar kerusakan terjadi pada bagian tersebut. Untuk penggantian IC MTK ada baiknya dilakukan oleh yang lebih ahli seperti teknisi smartphone maupun layanan service center terdekat.

Jika layar sentuh anda bercak hitam, anda bisa mencoba mengatasinya, baca Cara mengatasi Layar bercak Hitam
Jika kerusakannya mucnul blank putih, anda bisa membaca Cara mengatasi Layar sentuh Blank Putih

Demikian cara mengatasi layar android berubah warna ungu yang bisa dibagikan. Perlakukan dalam penggunaan smartphone yang benar dapat memperpanjang umur keawetan unit smartphone. Penggunaan sesuai buku panduan pengguna sangat disarankan utnuk dibaca tetapi kadang sangat sedikit yang mau membaca buku panduan yang diberikan dalam dusbox ketika pertama membeli. Semoga yang sudah dibagikan bisa menjadi referensi bermanfaat bagi anda. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.